Cara Mengecek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytcs 4 (Google Analytics Versi Baru)

Cara Mengecek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytcs 4 (Google Analytics Versi Baru)

 

Google analytics merupakan sebuah aplikasi yang dimiliki oleh Google yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data dari sebuah platform (web, desktop dan mobile), data ini kemudian akan diolah sehingga dapat memberikan berbagai informasi mengenai perkembangan bisnis yang kita jalankan.

 

Saat ini google analytics sudah menerapkan versi terbaru mereka atau yang disebut dengan nama Google Analytics 4. Sebenarnya fungsi utama dari keduanya masih sama saja hanya saja ada beberapa perbedaan di cara install dan google analytics 4 juga memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

 

Sesuai dengan judul diatas kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana Cara Mengecek ID Pelacakan Google Analytcs 4. Caranya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan yang versi lama. Jika kalian masih menggunakan versi lama kalian bisa cek ID Pelacakannya dengan cara Cek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytics.


Pengguna lama google analytics memang tidak diwajibkan untuk saat ini upgrade ke google analytics 4 sedangkan untuk pengguna baru yang barusaja mendaftar ke google analytics akan secara otomatis mendapatkan google analytics veris 4.


Oke. Tanpa berlama-lama lagi sekarang kita langsung saja menuju ke tutorialnya.

 

 

 

Cara Mengecek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytcs 4

 

  • Masuk ke Google Analytics atau bisa melalui link https://analytics.google.com/
  • Di dashboard Google Analytics pada bagian sidebar kiri masuk ke Admin, Kemudian pilih pada bagian Properti pilih Aliran Data/Data Flow
Dashboard Google Analytics 4
Dashboard Google Analytics 4


  • Dibagian Aliran Data silahkan pilih/klik pada aliran data yang sudah pernah kalian buat

Aliran Data
Aliran Data
 

  • Di Detail Aliran data kalian akan menemukan ID Pengukuran. Nah itulah ID Pelacakannya. Sekarang ID Pelacakannya Menggunakan kode G bedan dengan sebelumnya yang biasanya menggunakan kode UA
ID Pelacakan
ID Pelacakan


Sayangnya memang saat ini masih banyak situs yang belum mendukung penggunaan google analytics 4. Termasuk juga Blogger ternyata belum bisa mendukung.

 

Jika kalian ingin menggunakan Google Analytics versi 4 ini di situs yang belum mendukung semisalnya blogger kalian bisa menggunakan tag yang disediakan oleh Google yang disebut dengan gtag.js.

 

Jika masih bingung atau penasaran bagaimana cara menghubungkan Google Analytics 4 dengan blog. Kalian bisa cek tutorialnya di Cara Menghubungkan Blogger dengan Google Analytics 4


Kalau kalian masih menggunakan Google Analytics lama kalian bisa cari tahu cara menghubungkannya dengan tutorial Cara Menghubungkan Google Analytics dengan Blogger

 



Itulah tutorial Cara Mengecek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytcs 4. Semoga dapat membantu. Jangan lupa terus kunjungi ladangtekno agar tidak ketinggalan informasi dan tutorial mengenai dunia teknologi.

 

Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon