Cara Menghubungkan Blogger/Blogspot dengan Google Anlytics 4 (Google Analytics Baru)

 

Cara Menghubungkan Blogger/Blogspot dengan Google Anlytics 4 (Google Analytics Baru)

 

Sebelumnya saya sudah pernah membuat tutorial bagaimana cara untuk menghubungkan Google Analytics dengan Bloger.


Namun tutorial tersebut masih menggunakan Google analytics versi lama. Sekarang Google analytics sudah mengeluarkan versi baru yaitu Google Analytics versi 4.


Setelah saya periksa ternyata ada perbedaan cara untuk melakukan pendaftaran di google analytics dengan google analytics 4.


Nah, karena itu saya kali ini kembali membuat tutorial baru mengenai Cara Menghubungkan Blogger dengan Google Anlytics namun dengan menggunakan tampilan Analytics terbaru alias analytics 4




 Cara Menghubungkan Blogger dengan Google Anlytics 4

 

PEMBUATAN AKUN

1.    pertama-tama silahkan login dahulu ke google analytics dengan akun google yang kalian miliki, di search engine bisa dicari dengan keyword google analytics atau bisa melalui link ini: https://analytics.google.com/analytics/web
 
2.    selanjutnya silahkan silahkan masuk ke setting admin dan pilih buat akun baru atau create new account seperti gambar dibawah ini
membuat akun baru
membuat akun baru
 
3.    anda akan dialihkan ke halaman yang berisikan form pendaftaran, dibagian atas silahkan pilih menu situs atau website/web, kemudian silahkan isikan data anda di form yang sudah disediakan dengan data yang sesuai dengan blog anda seperti gambar dibawah ini.

4.    Nama akun bebas sesuai dengan keinginan kalian. Bisa gunakan nama blog kalian. untuk setelah berbagi data akun bisa dibiarkan saja atau bisa diganti sesuai dengan kebutuhkan kalian. Silahkan klik berikutnya.
Nama Akun
Nama Akun

5.    Pada bagian detail propertikita akan mengisi beberapa form. Nama properti bisa kalian isikan sesuai dengan kebutuhan kalian misalnya properti untuk mengukur pengunjung dari daerah tertentu atau bisa menggunakan nama blog kalian. Zona waktu sesuikan dengan daerah kalian. Mata uang isikan sesuai dengan mata uang yang kalian gunakan. klik berikutnya
Detail Properti
Detail Properti

6.    Dibagian ini kalian akan mengisikan mengenai informasi dari website yang akan kalian daftarkan ke google analytics. Kategori Industri bisa diisikan sesuai dengan konten dari website kalian. Ukuran bisnis sesuaikan dengan berapa orang yang kalian ajak untuk mengelola bisnis kalian. Bagaimana cara menggunakan google analytics bisa isikan dengan data apa saja yang kalian ingin peroleh dari google analytics. Jika sudah klik buat.
Informasi Bisnis
Informasi Bisnis
 
 7.    Akan ada popup persetujuan licensi yang muncul seperti gambar dibawah ini. Negara isikan sesuai dengan tempat kalian berada. Centang licensinya (Kalian bisa membaca isi lisensinya dahulu) dan klik saya setuju. Akun kalian akan dibuat.
Persetujuan lisensi
Persetujuan lisensi

 
 
 
Selanjutnya kita akan masuk ke pengaturan properti.
 
 
 
 
 

PENGATURAN PROPERTI

Setelah melakukan pembuatan akun sekarang kita akan menuju ke proses pengaturan properti. Sebelumnya pada pada pembahas Pembuatan Akun pada Poin 5 kita sudah melakukan proses pembuatan properti juga. Jadi sekarang kita akan melakukan pengaturan dan menghubungkan properti kita blog.

1.    Kita akan diarahkan ke bagian properti, yaitu tepatnya dibagian aliran data. Tampilannya seperti dibawah ini. Pada bagian ini kalian bisa memilih paltform yang akan dihubungkan dengan analytics. karena saya menggunakan blog makan platform yang dipilih adalah Web.
Aliran Data
Aliran Data

 
2.    Kalian akan ditampilkan form. URL silahkan isikan URL dari web yang kalian ingin tautkan. Nama Aliran Data isikan sesuai dengan keinginan kalian atua bisa gunakan nama blog kalian. Klik Buat Aliran Data.
Menyiapkan Aliran Data
Menyiapkan Aliran Data

 
3.     Kalian akan diarahkan ke bagian detail aliran data
detail aliran data
detail aliran data


4.    Scrol kebawah dan cari Petunjuk Pemberian Tag. Silahkan pada bagian tambahkan tag di halaman yang baru klik pada bagian Tag Situs Global (gtag.js). kalian akan diberikan kode javascripts. silahkan copy kode tersebut dan pasang di halaman web kalian
Petunjuk Pemberian Tag
Petunjuk Pemberian Tag
 
 
 5.    Masuk ke dashboard blogger. Klik Tema - Klik Tanda Panah kebawah di tombol Sesuaikan
Dashboard Blogger
Dashboard Blogger
 
Akan muncul Dropdown. Silahkan klik edit HTML
Edit HTML
Edit HTML


 6.    Silahkan pasang kode yang tadi kalian ambil diantara tag <head> dan </head> atau tag diantara tag &lt;head&gt; dan &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; sesuai dengan yang ada di blog kalian. Silahkan simpat template kalian

Pemasangan gtag.js
Pemasangan gtag.js
 
 
 
ATAU
 
kalian juga bisa memasangnya dengan cara langsung menggunakan ID pengukuran. Namun sayangnya blogger belum belum mendukung penggunaan cara ini jadi kalian bisa menggunakan cara diatas saja.

  
 
7.    Selesai. Sekarang Blogger kalian sudah terhubung dengan Google analytics. ada banyak hal yang dapat kalian lakukan di analytics silahkan ekplor analyticsnya secara lebih mendalam.   

 

 

Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon