Cara Cek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytics

Cara Cek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytics


 

Id pelacakan atau tracking id merupakan serangkaian karakter yang digunakan oleh robot google analytics untuk melacak properti yang terdaftar ke google analytics. properti tersebut berupa sebuah blog.


Blog tersebut bukan hanya berasal dari blogger, tetapi juga bisa berasal dari blog Wordpress maupun dibuat dengan menggunakan framework.


Perhatikan, penempatan id ini sangat penting dan harus tepat karena jika sampai salah maka google analytics tidak akan bisa mendapatkan informasi dari web kita, jadi harus disiapkan dengan sebaik mungkin. 

 

Kesalahan penempatan ini dapat membuat google analytics tidak bisa melakukan analisis terhadap web kita sehingga kita tidak akan bisa mendapatkan informasi apapun mengenai web kita di google analytics.


Kalau kalian ingin mengetahui cara mendaftarkan blog ke google analytics. Kalian bisa menggunakan tutorial Cara Menghubung Google Analytics dengan Blog


Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana caranya mengecek atau mengetahui  id pelacakan web kita di google analytics. 

 

Tanpa basa basi lagi yuk kita langsung menuju ke tutorialnya.




Cara Cek Id Pelacakan Google Analytics

  • Silahkan masuk ke akun google analytics kalian dengan menggunakan akun yang sebelumnya sudah pernah membuat properti di google analytics atau bisa akses link https://analytics.google.com
  • Di dashboard google analytics silahkan masuk ke bagian admin. Di bagian properti kalian sudah bisa melihat id pelacakan google analytics yang pernah kalian buat

Halman Admin
Halman Admin

  • Jika kalian ingin melihat lebih lengkapnya silahkan masuk kehalaman setelan proeprti. Dibagian paling atas kalian akan bisa mendapatkan Id pelacakan google analyticsnya.
Setelan Properti
Setelan Properti


  • Selesai


Kode analytics tersebut bisa kalian copy dan kalian gunakan untuk kebutuhakan kalian. Misalnya untuk menghubungkan blog kalian ke adsense atau mendaftarkan blog kalian ke google news.


Sekian dulu artikel saya kali ini mengenai Cara Cek ID Pelacakan/Tracking ID Google Analytics. semoga bermanfaat. Jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai tutorial dan dunia teknologi.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon