7+ Rekomendasi Short URL/Shortlink Gratis Terbaik untuk Memperpendek Link Kamu | Ladangtekno

short url



Short URL Gratis Terbaik


Udah pernah gak kalian pengen share sebuah artikel atau kalian punya artikel trus pengen membagikannya dengan temen kalian tapi ternyata urlnya panjang sekali.


Sebenarnya walau sepanjang apapun itu URL yang kalian bagikan sebenarnya dapat berfungsi dengan baik, tapi kadangkala URL yang panjang ini sangat mengganggu karena memakan banyak tempat. Selain itu URL yang panjang juga membuat URL itu sangat sulit untuk diingat dan disimpan karena sangat panjang sekali.





Short URL atau Shortlink


Nah, saat ini ada aplikasi yang sering dikatakan sebagai Short URL atau URL Shortener atau Shortlink  yang dapat digunakan untuk membuat URL kalian menjadi lebih pendek dan simple sehingga semakin mudah untuk dibagikan dan bisa mempercantik tampilan.


Shortlink ini ada juga yang bisa dicostum sesuai dengan keinginan lho misalnya kalian punya artikel tentang "masakan padang", 

 

Nah kalian ingin membagikan link kalian ternyata link kalian terlalu panjang misalnya "https://www.namadomain.com/kuliner/indonesia/sumatra/padang/masakan-padang.html" dengan url sepanjang itu orang akan terasa terlalu mengganggu ketika akan dibagikan apalagi dibagikan di media sosial seperti Ig dan Fb.


Url kalain dapat kalain kustom menjadi misalnya "bit.ly/masakan-padang". Namun fitur kustom ini biasanya kebanyakan berbayar pada URL shortener, tetapi tidak ada salahnya jika memang dibutuhkan untuk mengeluarkan uang sehingga URL kalian menjadi mudah diingat.


Sedangkan untuk versi gratisnya biasanya mendapat URL yang acak misalnya "bit.ly/AzxCBy" bukan "bit.ly/masakan-padang" seperti yang sudah disebutkan diatas tadi.


Dengan versi gratis ini saja sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhkan personal sehingga link kalian menjadi lebih simple dan mudah untuk ditempatkan di berbagai media.

 

 

 

 

Keuntungan Penggunaan Shortlink

 

Menggunakan shortlink akan membuat URL kalian menjadi lebih pendek sehingga lebih mudah dan simple untuk digunakan. 

 

Ketika kita membagikan link yang sudah di shortlink juga akan lebih mudah karena tidak panjang jadi meminimalkan kesalahan ketika menyalin link yang akan dibagikan


Selain untuk memperpendek link, shortlink ini biasanya juga ada dashboardnya jika kalian sudah menjadi member. 

 

Bitly salah satu yang menyediakan dashboard ketika kalian sudah menjadi member. di dashboard ini kalain bisa melihat berapa jumlah link kalian yang sudah di klik dan dimana link itu diklik, jadi bisa menjadi penambah data untuk analisa kinerja.

 

 

 

 

Kerugian Penggunaan Shortlink

 

Salah satu kekurangan dari shortlink ini adalah ketika menggunakan shortlink yang kurang dikenal, sebagian besar orang awam menjadi sedikit ragu untuk mengklik link yang dibagikan karena dikiran scam atau spam dan yang lainnya.


Ada juga kemungkinan url dari penyedia shortlink rusak sehingga dapat membuat pengunjung gagal untuk masuk ke link tujuan sehingga menjadi kerugian bagi pemilik link tujuan.





Short URL Gratis Terbaik

  1. Bitly
  2. Tinyurl
  3. Rebrandly
  4. Tiny.CC
  5. BL.INK
  6. T2M
  7. Polr
  8. Yourls 
  9. Shorturl.at

 

 

 

Bitly


Bitly


Bitly merupakan salah satu situs shortlink yang paling terkenal untuk saat ini. Bagi para blogger maupun orang yang sering bergelut dengan dunia internet pasti sudah tidak asing lagi dengan nama bitly ini.


Kalian bisa menggunakan fitur-fitur bit.ly secara gratis dengan hanya mendaftarkan akun saja. Selain itu kalian juga bisa mendapatkan fitur kustom shortlink namun terbatas hanya 50 link saja setiap bulan.

 

Namun juga kalian ingin mendapatkan lebih banyak kustom link kalian bisa menggunakan layanan berbayar dari Bitly


kalian bisa mengakses layanan Bitly di halaman bitly.com




Tinyurl

 

Tinyurl

Tinyurl juga tidak kalah populer dengan Bitly. Tinyurl sudah ada sejak tahun 2020 dan juga ini sepenuhnya sampai saat ini tersedia secara gratis. 

 

Bahkan kalian bisa menggunakan kustom urlnya secara gratis, namun tidak disebutkan berapa jumlah yang diberikan secara gratis tersebut, mungkin saja bisa diakses sepenuhnya secara gratis.


Tapi memang dari segi fitur Tinyurl ini sangat minim sekali, seperti tidak adanya dashboard untuk memantau link yang diakses pengguna

 

Namun link yang anda shortkan di Tinyurl ini bisa kalian gunakan selamanya atau hidup selamanya jadi tidak perlu pusing kalau tiba-tibanya link yang sudah kalian shortkan itu mati atau tidak bisa diakses


Kalian bisa mengakses situs Tinyurl di tinyurl.com




Rebrandly

 

Rebrandly

 

Situs ini mempunyai layanan yang baik dalam kustomasi URL yang bisa sesuai dengan nama web atau brand kalian, ini artinya sesuai dengan namanya rebrand, kalian dapat membuat nama domain sendiri yang nantinya akan digunakan untuk mambuat shortlink yang akan kalian buat


Seperti Bitly, Rebrandly memiliki banyak fitur seperti membuat kode QR, analitik, pembatas link aktif atau pengaturan tanggal kadaluarsa dari shortlink dan berbagai fitur lainnya. 

 

Namun untuk mendapatkan berbagai fitur seperti kustom domain, kustom url dan lainnya kalian harus berlangganan secara premium, sedangkan fitur shortlink standar bisa kalian akses secara gratis


Kalian bisa mengakses Rebrandly di alamt rebrandly.com




Tiny.cc


Tiny.cc

Tiny.cc merupakan situs shortlink berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk memperpendek link website kalian. 

 

Tiny.cc juga menyediakan fitur kustom URL yang tentunya dengan biaya atau berlangganan. Fitur shortlink standarnya dapat kalian gunakan secara gratis seperti shortlink lainnya yang sudah disebutkan diatas


Shortlink ini juga sama seperti shortlink lainnya yaitu menyediakan fitur lainnya seperti analitik untuk memantau performa link yang kalian sudah pendekan, dan fitur analitik lainnya.


Kalian bisa mengakse Tiny.cc dari halaman tiny.cc




BL.INK


BL.INK

BL.INK merupakan salah satu penyedia shortlink yang memberikan banyak fitur-fiturnya secara gratis. 

 

Tampilannya juga sudah modern seperti webisite-website kekinian. Fitur analitik dair blink ini juga cukup lengkap seperti memberikan informasi mengenai demografi dari user yang mengklik link yang kalian sudah shortkan menggunakan BL.INK. 

 

Untuk menggunakan layanan gratis dari BL.INK kalian harus mendaftar terlebih dahulu di situs BL.INK.


Walaupun banyak fitur gratisnya, namun ada batasan klik untuk seitap link yang kalian buat. Link yang kalian shortkan dengan menggunakan layanan gratis hanya dapat diklik sebanyak 1000 kali saja maksimal, jadi jika kalian sudah memiliki atau mengharapkan pengunjung lebih dari 1000 kalian harus mengupgrade layanannya ke premium\


BL.INK juga memiliki fitur smart link, yaitu fitur yang memungkinkan kalian untuk membuat shortlink berdasarkan pencarial populer pada saat kalain membuat shortlink, sehingga kalian bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan lebih banyak klik.


Kalian dapat mengakses situs BL.INK di bl.ink




T2M

 

T2M

 

T2M memiliki fitur-fitur seperti yang lengkap seperti situs shortlink modern lainnya. seperti analitik yang bisa kalian gunakan untuk melihat kualitas dan kinerja link yang kalian miliki.


T2M juga menyediakan fitur kustom URL namun tentunya dengan langganan premium. Fitur yang menarik yang ada di T2M salah satunya adalah integrasi dengan media sosial diamana kalian bisa langsung membagikan link yang telah kalian shortkan ke media sosial


Kalian bisa mengakses T2M di link t2mio.com


UPDATE:

Sayang sekali T2M menghentiukan layanan gratis mereka dikarenakan banyaknya yang menggunakan layanan shortlink mereka untuk melakukan spam atau aktivitas kejahatan lainnya,.

 

Jadi kalau kalian ingin tetap menggunakan layana T2M harus berlangganan atau menggunakan layanan Premium seharga $5 yang berdasarkan keterangannya hanya dibayarkan sekali saja untuk mengakses layanan dasar dari T2M

t2m update





Polr

 

Polr

Polr ini merupakah shorlink yang dibuat menggunakan project open source. secara penggunaan untuk pemula atau orang awam dan penggunakan casual memang kurang cocok karena kalian membutuhkan pemahaman mengenai kode pogram, selain itu kalian juga harus memiliki hosting sendiri.


Namun bagi kalian yang ingin memiliki shortlink sendiri, Polr bisa menjadi pilihan kalian untuk membuatnya. kalian bisa mengakses projek Polr melalui link polrproject.org




Yourls

 

Yourls

 

Sama seperti Polr, Yourls merupakan shortlink opensource project yang memungkinkan kalian untuk membuat shortlink sendiri dengan menggunakan domain milik kalian. 

 

Bagi kalian yang suka eksperimen atau ingin membuat shortlink sendiri tentu ini dapat menjadi pilihan namun jika kalian pengguna yang hanya ingin langsung menggunakan shortlinknya, Yourls tidak cocok untuk kalian


Kalian juga harus menggunakan hosting sendiri untuk menggunakan shortlink ini. kalian bisa mengakses Yourls melalui yourls.org




Shorturl.at

 

Shorturl.at

Yang terakhir adalah Shorturl.at. Kalian bisa menggunakan fitur shortlink dasar secara gratis di Shorturl.at tanpa perlu melakukan regristrasi. 

 

namun jika kalian menginginkan fitur lebih, kalian juga bisa menggunakan layanan premium yang disediakan oleh Shorturl.at

 

Beberapa fitur premium yang disediakan oleh Shorturl.at adalah ekstensi browser, pembuatan QR Code, API, dan analitik. Kalian bisa mengakses Shorturl.at di link shorturl.at





Nah, kalian bisa menentukan sendiri pilihan kalian untuk menggunakan shortlink yang mana saja sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kalian. 

 

Selain itu jika kalian ingin membuat shortlink sendiri kalian juga bisa menggunakan Yourls dan Polr, sehingga kalian bisa membuat shortlink sesuai dengan domain utama kalian.