Use case, Overview, dan Data flow diagram | Rekayasa Perangkat Lunak

rekayasa perangkat lunak




Use case, Overview, dan Data flow diagram




Use Case Diagram

 

Use case diagram merupakan suatu model yang menggunakan actor dan use case atau fungsi – fungsi yang tersedia dalam sistem penggunanya. 


Use case membuat pengguna dapat mengetahui gambaran dari kegunaan aplikasi yang akan dibuat. Use case diagram terdiri dari beberapa bagian yaitu

  • Actor menjelaskan seseorang atau sistem yang berinteraksi dengan sistem. Sebuah actor mungkin hanya memberi informasi inputan kepada sistem, hanya menerima informasi dari sistesm atau dapat memberi dan menerima informasi dari sistem.
  • Use case merupakan gambaran fungsional dari suatu sistem, sehinggan antara konsumen dan pengguna sistem paham dan mengerti mengenai keguaan sistem yang akan dibangun.

 

Baca Juga: Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak




Overview Diagram

 

Overview Diagram adalah diagram yang memvisualisasikan kerjasama antara activity diagram dengan sequence diagram. 


Overview Diagram dapat dianggap sebagai activity diagram dimana semua aktivitas diganti dengan sedikit sequence diagram, atau bisa juga dianggap sebagai sequence diagram yang dirincikan dengan notasi activity diagram yang digunakan untuk menunjukkan aliran pengawasan. Komponen – komponen dalam overview diagram adalah sebagai berikut

  1. Decision yaitu menunjukan titik syarat dari diagram yang berupa pilihan.  Jika kondisi benar maka akan ada suatu proses yang dijalankan begitu juga sebaliknya
  2. Initial yaitu mendefinisikan awal aliran ketika sebuah kegiatan
  3. Final yaitu penyelessaian sebuah kegiatan yang berisikan hasil yang akan ditampilkan setelah proses selesai.
  4. Activity yaitu menunjukan aktivitas yang sedang berlangsung
  5. Flow Control yaitu penghubung dua node dalam sebuah diagram activity.

 

Baca Juga: Model Proses Perangkat Lunak

 



Data Flow Diagram

 

Data Flow Diagram adalah suatu diagram yang menggunakan notasi-notasi untuk menggambarkan arus dari data pada suatu sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem secara logika, tersruktur dan jelas. Notasi yang terdapat dalam DFD adalah sebagai berikut:
1.    Function Berfungsi untuk merepresentasikan respon akan data yang masuk atau suatu kondisi tertentu.
2.    File/Database (Data store) yang Berfungsi untuk menyimpan data.
3.    Input/Output yaitu Suatu objek yang berinteraksi dengan sistem.
4.    Flow untuk Menunjukkan alur hubungan antar objek.




Contoh Studi Kasus:


Berikut adalah contoh penerapan ketiga diagram diatas dengan studi kasus Front office sebuah hotel studi kasus yang diberikan adalah sebagai beriku:

 

Buatlah use case diagram dan overview diagram dan DFD level 0 (context diagram) untuk sistem FO Hotel dimana pekerjaan sistem yang dilakukan sebagai berikut.

  1. Memberikan informasi ketersediaan kamar secara online. 
  2. Menjamin keamanan pelanggan dalam melakukan transaksi secara online. 
  3. Ketika membooking secara online, pelanggan minimal memberikan booking fee atau membayar secara lunas. Proses pembayaran dapat dilakukan secara online baik melalui kartu credit maupun paypal. 
  4. Sistem memberikan time limit terhadap pembayaran booking dan jika pembayaran melebihi time limit maka proses booking akan dibatalkan. 
  5. Pihak hotel mampu melakukan pengelolaan terhadap kamar-kamar dan meeting room secara online. 
  6. Pihak hotel mampu mengetahui pelanggan yang memesan dan juga mengetahui pembayaran pelanggan.

 

Use case Diagaram
Use case Diagaram

Gambar  Use case Diagaram merupakan tampilan dari use case sistem FO hotel, Dimana dalam gambar tesebut terdapat dua actor yang berperan dalam proses front office yaitu user atau pelanggan dan admin yang mengelola front office tersebut. 


Baca Juga: Manajemen Proses Perangkat Lunak




Overview Diagram
Overview Diagram
 

Gambar Overview Diagram merupakan tampilan dari overview diagram sistem front office hotel. Entitas – entitas yang ada dalam sistem tersebut berinteraksi dengan sistem fornt office, dimana entitas dapat meminta data ke sistem. 

 

Sistem akan meminta data ke data store selanjutnya data stroe akan mengirimkan data yang diminta ke sistem untuk ditapilkan ke pengguna sistem

 

Baca Juga: Software Design Data Structure dan User Interface


 

Data flow diagram Level 0
Data flow diagram Level 0

Gambar 3 merupakan data flow diagram level 0 dari sistem front office hotel. Diagaram tersebut memperlihattkan setiap entitas  dapat melakukan tugas atau proses yang diperuntukan. Entitas tersebut akan berhubung ke masing – masing proses yang dimana masing – masing proses tersebut dapat melakukan penyimpanan dan penampilan data melalui data store.