Inilah 100 Domain .COM Tertua Didunia

Inilah 100 Domain .COM Tertua Didunia

 

 

Domain Name System atau DNS adalah adalah sebuah sistem penamaan domain yang diberikan secara global agar dapat dengan mudah mengakses sebuah website tanpa harus mengingat alamat IP dari website tersebut.


Selain ini nama domain juga bisa menjadi identitas bagi sebuah perusahaan misalnya google.com kalian pasti akan langsung bisa mencerna bahwa domain tersebut dimiliki oleh perusahaan Google. Atau microsoft.com bahkan apple.com?, kalian juga pasti bisa langsung mencerna domain tersebut adalah milih perusahaan Microsoft dan Apple bukan?


Dengan pesatnya perkembangan internet saat ini domain menjadi hal sangat penting untuk dimiliki baik itu hanya untuk portofolio pribadi saja atau untuk usaha kalian. Domain dapat membantu mendatangkan pengunjung karena bisa diakses secara global cukup dengan menggunakan internet.

 

Selain itu domain juga menjadi penghubung antara kalian dan konsumen. Misalnya konsumen kalian mengalam masalah dengan produk yang kalian jual, mereka bisa mengakses bantuan dari website kalian dan tentunya dengan adanya domain mereka akan lebih mudah mengakses webstie kalian dibanding dengan menggunakan alamat ip yang tentunya susah untuk diingat.


Nama domain haruslah unik dan tidak boleh sama antara satu dengan yang lainnya di setiap ekstensi domain. Ada banyak jenis ekstensi domain di dunia ini misalnya .com yang umum ditemui digunakan untuk webisite kategori umum atau komersil, ada .gov yang digunakan pemerintahan, .edu digunakan untuk pendidikan dan masih banyak lagi yang lainnya.


Nah, sekarang saya akan membahas mengenai 100 domain .COM tertua didunia. penasaran?, yuk langsung dibawah ini




Domain .COM Tertua Didunia


1    SYMBOLICS.COM

Nama domain .com pertama dan tertua didunia adalah Symbolics.com. Symbolics.com miliki oleh sekelompok investor yang berasal dari dallas Texas. Website mereka menyediakan informasi unik mengenai bisnis dan iternet. Domain ini didaftarkan sejak 15 Maret 1985


2    BBN.COM

Bbn.com merupakan domain berikutnya yang mendapat predikat domain tertua didunia. Domain ini dimiliki oleh Raytheon Intelegence & Space yang bergerak di bidang riset dan teknologi. 

 

Sampai saat ini domain bbn.com masih aktif namun jika kalian mengakses domian tersebut kalian akan diarahkan ke raytheonintelligenceandspace.com yang merupakan website dan domai baru dari Raytheon Intelegence & Space 

 

Domain ini sudah didaftarkan sejak 24 April 1985


3    THINK.COM

Website dengan domai think.com beroperasi di bawah Oracle Think Quest yang merupakan sebuah layanan pendidikan dasar. Berdasarkan beberapa informasi domain ini sudah didaftarkan sejak 24 Mei 1985. 

 

Namun saya mengalami kesusahan untuk mengakses website ini. Sedangkan ketika coba saya cek ke salah satu penyedia jasa pendaftaran DNS domainnya sudah ada yang memiliki dan kemungkinan jadi parked domain

 

4    MCC.COM

Domain mcc.com sudah terdaftar aktif dari tanggal 11 Juli 1985. Domain ini awalnya digunakan untuk website yang menyediakan informasi layanan karir dan pendidikan. Namun saat ini domain mcc.com sudah tidak ada yang menggunakan. Walaupun begitu domain ini sekarang didaftarkan sebagai parked domain


5    DEC.COM

Domain berikutnya adalah dec.com yang terdaftar sejak 30 September 1985, pada saat in domain ini dimiliki oleh Digital Equipment Corporation yang merupakan salah satu anak perusahaan Hewlett Pacard. Sekarang domian ini masih bisa diakses hanya saja sudah berganti kepemilikan. Jika diakses domain ini sekarang akan mengarah ke halaman milik Paul Kocher


6    NORTHOP.COM

Domain ini sudah didaftarkan sejak 7 November 1985. Domain ini sekarang sudah tidak bisa diakses lagi kontennya alias not found 404 namun domainnya masih aktif. Kemungkinan sudah tidak digunakan oleh penggunanya dan tidak menjadi parked domain.


7    XEROX.COM

Domain ini telah didaftarkan sejak 9 Januari 1986. Xerox sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manajemen dokumen dan menjadi salah satu perusahaan besar yang memproduksi mensin fotokopi, digital printing. Tentu kalian sudah tidak asing bukan dengan nama Xerox ini


8    SRI.COM

Sri.com merupakan domain yang sudah didaftarkan sejak 18 Januari 1986. Domain sri.com mengarah kesebuah situs yang bergerak dibidang R&D independen nirlaba yang dibentuk di Stanford Research Institute di Menlo Park, California, Amerika Serikat

 

9    HP.COM

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan domain ini karena domain ini dimiliki oleh salah stu pemain besar dibidang perangkat komputer yaitu HP. Domain ini sudah didaftarkan sejak 3 Maret 1986. 

 

10    BELLCORE.COM

Domain ini sudah terdaftar sejak 5 Maret 1986. Domain ini dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bergerak dibidang telekomonukasi.


Domain lain dari posisi 11 sampai 100

Ranking   Terdaftar Sejak        Nama Domain
11              19 Maret 1986            IBM.COM
12              19 Maret 1986            SUN.COM
13              25 Maret 1986            INTEL.COM
14              25 Maret 1986            TI.COM
15              25 April 1986             ATT.COM
16              08 Mei 1986               GMR.COM
17              08 Mei 1986               TEK.COM
18              10 Juli 1986                FMC.COM
19              10 Juli 1986                UB.COM
20              05 Agustus 1986         BELL-ATL.COM
21              05 Agustus 1986         GE.COM
22              05 Agustus 1986         GREBYN.COM
23              05 Agustus 1986         ISC.COM
24              05 Agustus 1986         NSC.COM
25              05 Agustus 1986         STARGATE.COM
26              02 September 1986     BOEING.COM
27              18 September 1986     ITCORP.COM
28              29 September 1986     SIEMENS.COM
29              18 Oktober 1986         PYRAMID.COM
30              27 Oktober 1986         ALPHACDC.COM
31              27 Oktober 1986         BDM.COM
32              27 Oktober 1986         FLUKE.COM
33              27 Oktober 1986         INMET.COM
34              27 Oktober 1986         KESMAI.COM
35              27 Oktober 1986         MENTOR.COM
36              27 Oktober 1986         NEC.COM
37              27 Oktober 1986         RAY.COM
38              27 Oktober 1986         ROSEMOUNT.COM
39              27 Oktober 1986         VORTEX.COM
40              05 November 1986     ALCOA.COM
41              05 November 1986     GTE.COM
42              17 November 1986     ADOBE.COM
43              17 November 1986     AMD.COM
44              17 November 1986     DAS.COM
45              17 November 1986     DATA-IO.COM
46              17 November 1986     OCTOPUS.COM
47              17 November 1986     PORTAL.COM
48              17 November 1986     TELTONE.COM
49              11 Desember 1986      3COM.COM
50              11 Desember 1986      AMDAHL.COM
51              11 Desember 1986      CCUR.COM
52              11 Desember 1986      CI.COM
53              11 Desember 1986      CONVERGENT.COM
54              11 Desember 1986      DG.COM
55              11 Desember 1986      PEREGRINE.COM
56              11 Desember 1986      QUAD.COM
57              11 Desember 1986      SQ.COM
58              11 Desember 1986      TANDY.COM
59              11 Desember 1986      TTI.COM
60              11 Desember 1986      UNISYS.COM
61              19 Januari 1987          GI.COM
62              19 Januari 1987          CTS.COM
63              19 Januari 1987          SPDCC.COM
64              19 Februari 1987        APPLE.COM
65              04 Maret 1987            NMA.COM
66              04 Maret 1987            PRIME.COM
67              04 April 1987             PHILIPS.COM
68              23 April 1987             DATACUBE.COM
69              23 April 1987             KAI.COM
70              23 April 1987             TIC.COM
71              23 April 1987             VINE.COM
72              30 April 1987             NCR.COM
73              14 Mei 1987               CISCO.COM
74              14 Mei 1987               RDL.COM
75              20 Mei 1987               SLB.COM
76              27 Mei 1987               PARCPLACE.COM
77              27 Mei 1987               UTC.COM
78              26-Jun-1987               IDE.COM
79              09 Juli 1987               TRW.COM
80              13 Juli 1987               UNIPRESS.COM
81              27 Juli 1987               DUPONT.COM
82              27 Juli 1987               LOCKHEED.COM
83              28 Juli 1987               ROSETTA.COM
84              18 Agustus 1987        TOAD.COM
85              31 Agustus 1987        QUICK.COM
86              03 September 1987    ALLIED.COM
87              03 September 1987    DSC.COM
88              03 September 1987    SCO.COM
89              22 September 1987    GENE.COM
90              22 September 1987    KCCS.COM
91              22 September 1987    SPECTRA.COM
92              22 September 1987    WLK.COM
93              30 September 1987    MENTAT.COM
94              14 Oktober 1987        WYSE.COM
95              02 November 1987    CFG.COM
96              09 November 1987    MARBLE.COM
97              16 November 1987    CAYMAN.COM
98              16 November 1987    ENTITY.COM
99              24 November 1987    KSR.COM
100            30 November 1987    NYNEXST.COM

 

 

 


Ladangtekno

 

Tags:

Domain .com

domain com

domain tertua didunia

Cara Mengetahui Macbook Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Cara Mengetahui Macbook Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

 

 

 

Cara Mengetahui Macbook Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

 

Selama ini mungkin kita seringkali berpikir jika komputer besutan Apple alias Macbook akan benar aman dari virus. Tapi cobalah pikirkan hal itu kembali

 

Setiap sistem pasti memiliki kelemahan dan sistem yang banyak penggunanya pasti menjadi incaran bagi orang yang menginginkan keuntungan dengan menyebarkan virus tak terkecuali Macbook.

 

Macbook yang saat ini menjadi salah satu komputer yang banyak digunakan membuatnya tidak akan lepas dari incaran orang-orang yang ingin membobol sistem keamanan Macbook.

 

Sejauh ini memang Macbook bisa dibilang memiliki pertahanan yang kuat jika dibanding dengan pesaingnya, namun demi keamanan tidak ada salahanya kalian menambahkan perlindungan tambahan seperti Antivirus ke Macbook kalian.

 

Sesuai dengan judul dari artikel ini, kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana Cara Mengetahui Macbook Terkena Virus.




Tanda Ketika Macbook Memiliki Masalah

Komputer yang mengalami masalah biasanya akan memberikan pemberitahuan atau tanda-tanda atau peringatan. Ada banyak perigatan biasanya yang dapat diberikan. 

 

Beberapa diantaranya yang dapat diketahui dengan mudah adalah sebagai berikut

  • Komputer berjalan lebih lambat dari biasanya. Ini bisa menjadi salah satu tanda paling umum jika komputer Macbook terinfeksi virus karena virus biaanya akan menggunakan sumberdaya yang ada di Macbook sehingga Macbook akan mengalami gangguan performa.
  • Ada perubahan tidak diketahui pada browser. Misalnya halaman awal/home page dari browser tiba-tiba mengarah kesebuah website yang tidak dikeathui. Selain itu adanya toolbar atau add-ons yang terinstall di browser Safari juga bisa menjadi salah satu tanda jika komputer kita sedang mengalami sebuah masalah
  • Ada iklan yang tiba-tiba muncul ketika menggunakan Macbook, hal ini bisa jadi Macbook kalian terkena Adware sehingga ada iklan yang seharusnya tidak muncul tiba-tiba bisa muncul di Macbook kalian.
  • Muncul peringatan keamanan. Ini tentu sudah jelas. Ketika Macbook memberika sebuah peringatan keamanan maka hampir dipastikan Macbook kalian sedang tidak baik-baik saja. Jadi coba ikuti instruksi yang diberikan oleh peringatan tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi
  • Tidak bisa membuka file atau setting dari sistem.
  • Adanya file-file aneh di Macbook kalian
  • Ruang penyimpanan SSD/HDD berkurang secara tidak wajar

 

 

Cara Mengatasi:

Jika kalian sudah yakin kalau Macbook yang kalian gunakna terinfeksi virus, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menanganinya dan bisa memperbaiki permasalahan yang ada.


Pertama

Kalau kalian sudah memiliki/menginstall antivirus di Macbook kalian bisa melakukan scanning/memindai secara keseluruhan Macbook untuk menemui permasalah yang ada.

 

Pastikan kalian sudah menggunakan antivirus versi terbaru. Jika ditemukan virus dari hasil scanning tadi, ikutilah langsung yang diberikan oleh antivirus untuk menghapus virus atau ancaman yang ada di Macbook kalian

 

Kedua

Jika Macbook kalian tidak memiliki antivirus kalian bisa menggunakan cara berikut.

 

Silahkan restart dulu Macbook kalian. Kemudian buka folder aplikasi di Maacbook kalian. Cobalah cari file yang tidak diketahui atau aneh. Jika ada yang kalian temukan silahkan hapus file tersebut dari Macbook kalian (ingat pastikan memang file tersebut bukan bagian dari aplikasi kalian dan memang file tersebut merupakan file yang tidak ada kaitannya dengan Macbook kalian sebelumnya)

 

Selain itu kalian juga harus memerikasa folder download yang ada di Macbook kalian, apakah ada file yang mencurigakan atau tidak. Jika ada silahkan hapus file tersebut

 

Ketiga

Coba periksa item login di Macbook kalian, caranya silahkan pergi ke System Preferences - Users&Groups dan pilih Login Items. Hilangkan centang pada item atau bagian yang kalian anggap berbahaya.


Keempat

Buka Browser Safari kalian dan masuk ke preferences dari menu bar, Pilihan tab 'General atau Umum' dan check daftar dari Home Page atau halaman muka browser Safari kalian.

 

Jika ditemukan web yang mencurigakan atau yang kalian tidak ketahui atau tidak pernah kalian tambahkan sebelumnya bisa kalian hilangkan.

 

Selain itu kalian juga bisa memeriksa extension yang terinstal pada Safari caranya masuk ke Preferences dan pilih Extensions. Silahkan perhatikan extension yang terinstall disana jika ada yang tidak pernah kalian install tapi ada disana kalian bisa menghapusnya.

 

 Terakhir

Jika kalian masih mengalami masalah yang sama atau masih ada masalah di Macbook kalian, Kalian bisa menghubungi layanan dukungan dari Apple/Apple Support. Beberapa perbaikan bisa dilakukan dari jarak jauh atau online namun jika perbaikannya komplekas kemungkinan kalian harus datang ke tokonya langsung

 

 

Ladangtekno

Perkembangan Enterprise Resource Planning (ERP)

Perkembangan Enterprise Resource Planning
MRP II



Enterprise Resource Planning atau yang disingkat ERP adalah sistem informasi yang diperuntukan bagi perusahaan untuk menangani peran mengintegrasikan dan mengoptimalisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi pada perusahaan.


ERP berkembang dari Manufacturing Resource Planning (MRP II) yang merupakan evolusi dari Material Requirements Planning (MRP). 

 

Sistem ERP sering disebut Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan atau masyarakat tidak terlibat dalam sistem ini. Hingga saat ini perkembangan ERP telah sampai pada era Extended ERP/ERP II.




PERKEMBANGAN ERP

 
ERP berkembang dari era awal yang bernama MRP, Close Loop MRP, MRP II, Planning MRP II, ERP dan Extended ERP.

A.    MRP

Tahun 1960-an merupakan konsep awal dari ERP dengan adanya MRP, dengan konsep perencanaan kebutuhan material. 

 

Sistem ini meliputi perencanaan dan penjadwalan kebutuhan material perusahaan seperti produk apa yang akan dibuat, apa yang diperlukan untuk membuat produk, kapan material tersebut diperlukan, dan berapa banyak material tersebut diperlukan. 

 

MRP didasarkan pada permintaan dependen yaitu permintaan yang disebabkan oleh permintaan terhadap item level yang lebih tinggi. 

 

Misalnya permintaan akan mesin otomotif, roda merupakan permintaan dependen yang tergantung pada permintaan otomobil. 

 

Keunggulan Material Requirement Planning (MRP) antara lain adalah sebagai berikut

  • Memberikan kemampuan untuk menciptakan harga yang lebih kompetitif,
  • Mengurangi harga jual,
  • mengurangi persediaan,
  • Layanan yang lebih baik kepada pelanggan,
  • respon yang lebih baik terhadap tuntutan pasar,
  • kemampuan mengubah skedul master
  • mengurangi biaya set-up, dan waktu nganggur (idle time)

 

Sedangkan kelemahan yang menyangkut kegagalan MRP mencapai tujuan yang disebabkan oleh:

  • kurangnya komitmen dari manajemen puncak dalam pengimplementasian MRP,
  • MRP dipandang sebagai sesuatu yang terpisah dari sistim lainnya, lebih dipandang sebagai sistim yang berdiri sendiri dalam menjalankan operasi perusahaan daripada sebagai suatu sistim yang terkait dengan sistim lain dalam perusahaan.
  • membutuhkan akurasi operasi,

 

 

 

B.    Close Loop MRP

Tahun 1970-an merupakan close loop MRP yaitu menjadi tahap selanjutnya dari MRP dan merupakan sederetan fungsi yang tidak hanya terbatas pada MRP terkait dengan perencanaan kapasitas, perencanaan dan eksekusi, terdiri atas alat bantu penyesuaian masalah prioritas dan adanya rencana yang dapat diubah atau di ganti jika diperlukan. 


Close Loop MRP dapat mengembalikan produk sebagai bagian dari rantai suplai. 

 

Proses Loop produk dapat dating dari saluran eceran pelanggan atau berasal dari fasilitas produksi yang dalam bentuk manufaktur oleh produk- produk yang gagal memenuhi pengendalian mutu. 

 

 

 

C.    MRP II

Tahun 1980-an MRP berkembang menjadi MRP II (Manufacturing Resource Planning), yang memperkenalkan konsep mengenai penyatuan kebutuhan material (MRP) dan kebutuhan sumber daya untuk proses produksi, dengan menambahkan 3 elemen yaitu: 

  • perencanaan penjualan dan operasi, 
  • antarmuka keuangan dan 
  • simulasi analisis dari kebutuhan yang diperlukan.

 

MRP II
MRP II

 

 

Model bisnis dari MRP II dapat dibagi menjadi Perencanaan Manajemen Puncak, perencanaan Manajemen Operasi, dan Pelaksanaan Manajemen Operasi.

1.    Perencanaan Manajemen Puncak
Perencanaan manajemen puncak terdiri dari peencanaan bisnis, perencanaan penjualan, dan perencanaan produksi.

a)    Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis meliputi misi, arah, nilai, tujuan utama secara umum, dan keharusan dalam bisnis perusahaan.


b)    Perencanaan Penjualan
Perencanaan penjualan mengenai apa dan berapa hasil produksi yang akan dijual oleh perusahaan dalam satuan waktu tertentu,biasanya dalam rentang satu tahun. 

Perencanaan ini dilakukan untuk setiap jenis barang dan keseluruhan produk, yang dicantumkan dalam nilai uang dan dalam satuan barang. Perencanaan penjualan biasanya didasarkan pada permintaan pasar.

 

c)    Prencanaan Produksi
Perencanaan Produksi, yang merupakan perencanaan untukmemproduksi atau menghasilkan produk yang sesuai dengan perencanaan penjualan



2.    Perencanaan Manajemen Operasi
Perencanaan manajemen operasi adalah perencanaan untuk mengembangkan secara terinci kebutuhan material dan kapasitas.

a)    Jadwal Produksi Induk
Jadwal Produksi Induk atau Master Production Schedule (MPS) menggambarkan urutan pembuatan produk yang akan dihasilkan. 


MPS dibuat setiap minggu dan berisi rincian setiap jenis barang yang akan diproduksi, jadwal pemesanan pelanggan dan potensi kebutuhan pelanggan.


b)    Perencanaan Material
Perencanaan material adalah daftar kebutuhan material dari jadwal produksi induk yang dibuat, baik marterial tersebut sedang dipesan maupun sudah terdedia di perusahaan. 


c)    Perencanaan Kapasitas
Proses Perencanaan Kebutuhan Kapasitas atau Capacity Requirement Planning (CRP) hampir sama dengan proses perencanaan material. 

 

Apabila perencanaan material mencantumkan kebutuhan terinci mengenai material, maka CRP mencantumkan kebutuhan mengenai kapasitas. 

 

Pembuatan CRP dilakukan berdasarkan data seperti MRP, pesanan yang sedang berjalan,waktu pembuatan, dan waktu penyiapan.

 

 

3.    Eksekusi Manajemen Operasi
Tahap eksekusi dalam MRP II biasanya terdiri dari pembelian barang dari pemasok luar dan pelaksanaan produksi yang dilakukan di dalam pabrik. 

a)    Pengawasan Pembelian
Pengawasan pembelian dilakukan untuk mengawasi jumlah pembelian, waktu pembelian dan waktu penerimaan barang agar sesuai dengan waktu yang ditentukan


b)    Pengawasan Ruangan
Pengawasan Ruangan berarti pengawasan atas kelancaran kapasitas setiap  produksi atau pusat pembuatan barang dan proses produksi. 

 

Proses produksi menyangkut efisiensi dalam waktu antrean, waktu pembuatan, pengawasan mutu, serta waktu pemindahan barang jadi.

 

c)    Pengukuran Kerja
Pengukuran kinerja adalah sesuatu yang sangat penting dalam proses manajemen. Tanpa pengukuran kinerja yang bersifat kuantitatif, sulit untuk mengetahui diketahui secara obyektif dan pertanggung jawaban mengenai keberhasilan suatu perencanaan. 

 

Karena kinerja harus dapat diukur, maka disamping ukuran kualitatif juga dibutuhkan ukuran kuantitatif. 

 

Ukuran kinerja biasanya perlu dikembangkan untuk dua hal yaitu ukuran efisiensi dan ukuran efektivitas.
 

 

 

C.    ERP

Tahun 1990-an perkembangan ERP mulai pesat, awal dari perkembangan ERP dipelopori oleh 5 karyawan IBM di Mannheim Jerman yang menciptakan SAP yang berfungsi untuk menyatukan solusi bisnis. 

 

Merupakan perluasan dari MRP II yaitu perluasan pada beberapa proses bisnis diantaranya integrasi keuangan, rantai pasokdan meliputi lintas batas fungsi organisasi dan juga perusahaan dengan dilakukan secara mudah.

 

Bertujuan agar perusahaan dapat beroperasi dengan baik pada kondisi yang cepat berubah dan lebih kompetitif. MRP II mirip seperti Close Loop MRP hanya saja ada penambahan dengan tiga elemen yaitu:

  • Perencanaan penjualan dan operasi, yang digunakanuntuk menyeimbangkan antara permintaan danpersediaan.
  • Antarmuka keuangan, kemampuan menterjemahkanrencana operasional (dalam bentuk pieces, kg, gallon, dansatuan lainya) menjadi satuan biaya.
  • Simulasi, kemampuan melakukan analisis untukmendapatkan jawaban yang mungkin diterapkan dalamsatuan unit maupun uang.Perkembangan ERP

 

Penggunaan ERP dalam sebuah perushaan menekankan pada penggunaan teknologi didalamnya, khususnya penggunaan teknologi informasi. 

 

Alasan dari penggunaan ERP adalah dapat dilakukannya integrasi khususnya integrasi perencanaan dalam ERP meliputi informasi keuangan, informasi pesanan pelanggan, standarisasi dan percepatan proses manufaktur, mengurangi persediaan, dan standarisasi informasi karyawan.


Keuntungan yang diperoleh dari penggunaan sistem ERP dalam sebuah perusahaan adalah

  • Integrasi dalam sebuah sistem ERP dapa membuat proses pengambilan keputusan dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.
  • ERP memungkinkan melakukan integrasi secara global. Halangan yang tadinya berupa perbedaan valuta, perbedaan bahasa, dan perbedaan budaya, dapat dijembatani secara otomatis, sehingga data dapat diintegrasikan.
  • ERP tidak hanya memadukan data dan orang, tetapi juga menghilangkankebutuhan pemutakhiran dan pembetulan banyak sistem komputer yang terpisah.
  • ERP memungkinkan manajemen mengelola operasi, tidak hanya sekedar memonitor saja. 

 

 

 

D.    Extended ERP

Tahun 2000-an ERP berevolusi menjadi Extended ERP (ERPII). Ruang lingkup Extended ERP lebih luas dan lebih komplek dari ERP. 

 

Pada dasarnya ERP adalah penambahan module keuangan pada MRPII, sehingga lebih memudahkan bagi para pengambil keputusan menentukan keputusan-keputusannya, Melingkupi perluasan yang menjebatani pemasok sampai dengan konsumen dan difokuskan pada konsumen dan integrasi dengan supplier


Ladangtekno

Paket Internet Murah Kartu 3 (Tri) Mei 2021 Lengakap Dengan Cara Daftar

Paket Internet Murah Kartu 3 (Tri) Mei 2021 Lengakap Dengan Cara Daftar



Tri merupakah salah satu provider terbesar yang ada di Indonesia dengan penggunanya yang masuk ke jajaran terbanyak.


Tri memang dikenal menjadi provider yang sering menyediakan paket murah. Memang belakangan ini setalah terjadi perluasan dan penguatan jaringan beberapa paket murah Tri sempat menghilang.


Tentunya hal tersebut membuat pengguna Tri merasa kecewa kareng biasanya menggunakan kartu Tri untuk mencari paketnya yang murah dan tahan laman.


Jangan Bersedih hati dulu dong.


Kali ini Tri sudah kombek tampaknya nih. Sebagai salah satu pengguna kartu Tri saya juga merasakan bahagia karena hadirnya kembali paket murah. Walaupun paket sakti seperti 2GB 1500 tidak ada lagi, tetapi dengan hadirnya paket murah ini bisa mengurangi beban biaya dalam membeli paket bulanan.


Pasti sudah  penasaran banget nih ya paket murah baru yang ada di kartu Tri untuk bulan mei ini?, yuk, akan saya ulas sekarang. Jangan sampai kelewatan ya kalian...




Paket Internet Murah Kartu 3 (Tri) Mei 2021


Untuk mengakses paket murah kali ini kalian bisa menggunakan kode dial sakti dari Tri yaitu


*111*1#

 

Taraaa... akan muncul beberapa paket yang mempunya harga yang murah dibandingkan dengan paket normal. Ada beberapa pilihan yang dapat kalian ambil sesuai dengan kebutuhan kalian.


Berikut adalah daftar paket murahnya.


paket murah
paket murah

Oke, mari kita bahas 1 persatu paketnya.


1GB 1HR 1.5RB

Paket ini tergolong paket harian. Dengan harga hanya 1500 rupiah kalian sudah bisa mendapatkan kuota sebanyak 1GB yang dapat digunakan selama 24 Jam dan masa aktifnya selama 1 hari. Ini cocok buat kalian yang sedang membutuhkan kuota harian

 

2GB 3HR 3RB

Paket ini memberikan kalian Kuota sebesar 2GB hanya dengan harga 3000 rupiah dan dapat digunakan selama 3 hari. Sama speerti sebelumnya paket ini dapat digunakan penuh selama 24 Jam tidak ada pembagian kuota

 

5GB 5HR 4RB

Dengan paket ini kalian akan memperoleh kuota sebesar 5GB yang dapat kalian gunakan selama 5 Hari dan kuotanya full 24 jam tanpa ada pembagian. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 4000 rupiah untuk mendaftar paket ini

 

HOTSALE

Berisikan promo menarik lainnya dari tri. Tapi menurut saya kurang menarik sih dibanding promo yang ada di list ini.

 

20GB 7HR 5RB

Buat kalian yang suka dengan kuota besar ini menjadi pilihan terbaik tentunya. Dengan hanya 5000 rupiah kalian bisa mendapatkan kuota sebesar 20GB dan berlaku selama 7 hari. Sayangnya kuotanya ada pembagian waktu jadi tidak bisa penuh digunakan selama 24 Jam.

 

Permbagaiannya adalah sebagai berikut 6GB bisa digunakan penuh 24 Jam dan 14GB lainnya bisa digunakan dari jam 01.00 dinihari sampai dengan 09.00 pagi. Menurut saya kuota ini cocok buat kalian yang juga suka begadang dan harganya masih dibilang murah jika dibandingkan dengan paket lain dari provider sebelah

 

4GB 30HR 7RB

Buat kalian yang tidak terlalu perlu kuota yang banyak dan butuh masa aktif yang panjang paket ini bisa menjadi pilihan kalian. Dengan hanya mengeluarkan uang sebesar 7000 rupiah kalian sudah mendapatkan kuota sebesar 4GB yang bisa digunakan full 24 Jam dan tentunya masa aktif yang panjang yaitu mencapai 30 hari

 

10GB 30HR 16RB

Kalau yang ini mungkin untuk pengguna yang menengah yang sering konek wifi tapi masih sering menggunakan paket data diponselnya.

 

Pakt ini memberikan Kuota sebesar 10 GB yang dapat kalian gunakan FULL 24 Jam dan masa aktifnya juga 30 Hari. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang 16000 rupiah untuk mendapatkan paket ini.

 

25GB 20HR 25RB

Ini cocok buat kalian yang butuh kuota besar dan masa aktif panjang. Paket ini akan memerikan kalian kuota sebesar 25GB yang bisa digunakan FULL 24 Jam tanpa dibagi-bagi.


Masa aktif paket ini adalah 30 hari. Kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 25000 rupiah untuk mendapatkan paket ini. Murah bukan?




Nah itulah beberapa paket murah yang saat ini sedang dikeluarkan oleh TRI.


Ayo buruan cek jangan sampai kalian kehabisan karena saya juga tidak tahu sampai kapan Tri akan menjual paket ini.




Ladangtekno

 

Tags:

paket murah

paket murah 3

paket murah tri

paket murah kartu 3

paket murah kartu tri

Era Bitcon Dan Etherium Akan Berakhir?

 

Era Bitcon Dan Etherium Akan Berakhir?

 

Pertanyaan ini mungkin akan ada di benak banyak orang. Demand Bitcoin dan Etherium begitu tinggi sehingga sampai saat ini mereka memiliki nilai yang tinggi bah sudah naik sampai ribuan kali lipat dibanding nilai awal sejak diperjual belikan.


Cryptocurrency dipercaya akan menjadi uang dimasa depan dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi. Crypto memungkinkan seseorang melakukan transaksi tanpa ada lagi batasan negara sehingga akan mempercepat dan mempermudah proses transaksi.


Selain itu hal ini juga akan membuat biaya yang dikeluarkan dalam proses transaksi menjadi semakin rendah karena transaksi dapat terjadi secara langsung dengan mata uang yang sama (ibaratnya kita langsung belanja kewarung)


Crypto saat ini memang menggunakan salah satu teknologi yang paling aman yaitu Blockchain. Dimana dengan menggunakna Blockhain ini semua orang yang menggunakan suatu jenis crypto untuk melakukan transaksi akan menyimpan setiap transaksi yang ada disana. Jadi sifatnya terdesentralisasi atau tidak ada yang menjadi pusat di dalam blockchain, semuanya sama.


Lalu apakah pernah terjadi pencurian di crypto?


Tentu saja pernah. Namun, yang mengalami pencurian tersebut adalah penyedia jasa penyimpanan crypto atau yang disebut dengan dompet crypto. Jadi pencurian ini bukan karena terjadinya kegagalan disistem cryptonya namun terjadi didompetnya.


Untuk menjawab rasa penasaran saya lebih dalam, saya akhirnya mencoba mencari jawaban mengenai bagaimana masa depan sebuah crypto tersebut.


Saya menemukan sebuah tulisan dari Jared A. Brock di Meduim. Diartikelnya di memberikan judul Bitcoin and Ethereum Are Dead (And Their Honest Investors Know It).

 

Judul yang bisa dikatakan cukup menentang keadaan saat ini dimana crypto sedang naik-naiknya dan apalagi Bitcoin dan Etherium merupakan dua Crypto yang saat ini memiliki nilai yang paling tinggi dibanding dengan cyrpto lainnya.


Walaupun dia menulis artikel tersebut dengan judul yang sedemikian rupa. Didalam artikelnya dia malah  menyebutkan kalau dia merupakan salah satu pengggemar Crypto. Cukup menarik bukan?


Lanjutannya dia memberikan beberapa alasan mengapa Bitcoin dan Etherium tidak akan menjadi mata uang global dalam beberapa dekade kedepan. Berikut adalah isisnya


1.    It’s already old technology (Ini Merupakan Teknologi yang Sudah Tua)

"Ketika baru keluar Bitcoin merupakan sesuatu yang menakjubkan. Seperti Ford Model T atau Lampu pijar karya edison"

 

Dalam poin ini dia tidak menyebutkan secara gamblang kenapa Bitcoin bisa dikatakan sebagai teknologi yang sudah tua. Menurut saya ini sama saja seperti dengan bahasa pemrograman, kedepannya akan terus dikembangkan.

 

Contoh saja bahasa C yang sudah ada sejak lama sekali dan sampai sekarang masih eksis. Teknologi Blockchain juga sudah muncul sangat lama sekali dan mulai booming setelah kemunculan Bitcoin.

 

Memang suatu teknologi pasti akan ada penurunan namun ia bisa jadi menjadi pondasi dari teknologi baru yang akan muncul dimasa depan. Jadi bagi saya sepertinya Crypo dan Blockchain belum merupakan sebuah teknologi yang usang sampai ada suatu teknologi yang benar-benar bisa menggantikannya. 

 

Sampai saat ini juga belum ada kemunculan penggantinya entah bagaimana jika dimasa mendatang karena teknologi berkembang begitu pesatnya saat ini.


2    People are realizing crypto isn’t a hedge against inflation (Orang-orang menyadari Crypto bukan pelindung dari inflasi)

Kutipan yang saya dapatkan dari poin ini "Ketika kita mencari keuntungan dari Coin maka membutuhkan orang lain yang kehilangan uangnya ketikan mencari uang lewat Coin"

 

Sebenarnya ini tidak jauh berbeda dengan apa yang terjadi di dunia trading lainnya. Ketika kita mendapatkan untung maka ada orang lain yang akan kehilangan uangnya. Kalau tidak begitu darimana kita akan mendapatkan uang?, tentu saja tidak ada cara lain selain mendapatkannya dari orang lain.


Sudah menjadi hukumnya memang ketika terjadi demand/permintaan yang tinggi maka harga akan menjadi lebih tinggi begitupun sebaliknya. Hanya saja ini akan menjadi tempat siapa yang akan keluar dan masuk dalam waktu yang tepat sehingga bisa mendapatkan keuntungan dari trading.


3    It’s expensive

Ya, saya juga sependapat dengan hal ini. Harga Bitcoin memang saat ini sudah sangat tinggi sekali. Namun saya tidak melihat adanya penurunan demand.


Selama demand masih ada maka ia akan terus naik.


Tapi kita tetap harus waspada karena tidak tahu kapan demant tersebut akan mulai turun.



4    The bigs will do what they always do (Penguasa akan melkaukan apa yang mereka biasa lakukan)

"The top 4% of hodlers own 95% of all Bitcoin."


Saya tidak mengetahui persisnya bagaimana. tapi disana diarahkan ke sebuah artikel di laman https://insights.glassnode.com/bitcoin-supply-distribution/ yang menunjukan distribusi dari bitcoin.


Mari kita lihat beberapa tragedi kebelakang. Memang ada orang yang bisa menggerakan harga Crypto yang paling ramai dibicarakan tentu saja dalah Elon Musk.


Dengan twitnya saja di twitter dia bisa membuat harga sebuah mata uang Crypto menjadi naik dan turun bah termasuk Bitcoin yang juga bisa mengalami pergerakan karena ulahnya. Ia memang memiliki daya tarik yang sangat kuat sekali sehingga bisa menggerakan harga sebuah mata uang yang nilainya bahkan 1 coin hampir setara 1 milliar rupiah.


5    It’s horrible for the environment (Buruk untuk lingkungan)

"Bitcoin is a brutal energy hog, generating 22+ million metric tons of carbon dioxide emissions per year — the equivalent of 6.7 million cars"

 

Memang sangat sulit untuk membantah hal ini karena demand yang semakin tinggi makan kegiatan menambang bitcoin akan terus meningkat.

 

Namun seperti yang kita ketahui beberapa penambang sudah mulai menggunakan energi terbarukan selain itu mereka juga sudah mulai membangun cara agar kegiatan Mining bisa menjadi lebih hemat energi.

 

 

6    Governments will increase regulation and taxation (Peningkatan Regulasi dan Pajak yang mulai diterapkan pemerintah)

Sebelum terkenal Crypto tidak memiliki aturan yang begitu sulit bahkan pajaknya pun tidak jelas. 

 

Namun sekarang karena saking Hypenya dan semakin banyak yang menggunakan, maka perputaran uang disana menjadi semakin masif dan tentunya akan menarik pemerintah untuk mulai mengenakan aturan-aturan yang mengikat pengguna crypto

 

Kedepannya mungkin aturan-aturan di crypto akan menjadi semakin komplek.

 

7    Altcoins will continue to eat market share (Altcoins akan terus meningkat dipasaran)

"BTC was 1.0. 

ETH was 2.0. 

ADA (proof-of-stake) and NXS (quantum resistance) are 3.0. Others will follow." 

 

Seperti yang sudah disebutkan teknologi secara masif akan terus berkembang.  Kita tidak bisa mengetahui apa yang sedang dilakukan pengembang masing-masing crypto apakah mereka hanya diam saja atau dengan melakukan pengembangan lebih kedepannya.

 

Sampai saat ini juga pengembangan Bitcoin masih misterius orangnya. Jadi tidak diketahui apa yang sedang dilakukan.

 

Namun tentunya mereka pasti akan berusaha sebaik mungkin untuk menjaga apa yang sudah mereka kembangkan tetap menjadi yang terbaik.

 

8    More countries will ban BTC and ETH

Bitcoin dan Etherium memang menjadi ancaman bagi perbankan konvensional karena ia dapat melakukan transaksi melewati batas negara. Artinya dalam transaksi tersebut tidak ada fee administrasi tidak ada fee untuk pertkuran mata uang dan fee lainnya yang harus dibayar ketika terjadi transaksi antar negara.

 

Hal ini tentu mengancam keadaan ekonomi karena bisa berakibat pendapatan negara menjadi menurun dari kegiataan pembelanjaan luar negeri.

 

Namun tentunya tidak semua pemerintah akan melakukan pelarangan terhadap BTC karena masih banyak negara juga yang mengijinkannya.

 

Banyak negara juga sekarang sedang berlomba untuk mulai membuat aturan yang lebih jelas mengenai crypto. Selain itu anonimitas crypto juga menjadi sesuatu yang ditakutkan karena bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

 

 

Nah itulah  tulisan Jared A. Brock yang dibahas kali ini. menurut saya dalam waktu dekat Bitcoin dan Etherium tidak akan kehilangan pesonanya karena masih memiliki penggemar yang begitu banyak.


Namun jika ada pesaing yang lebih menarik dan lebih menawarkan keunggulan, tentunya bukan tidak mungkin dua jenis crypto ini akan mulai ditinggalkan.

 

 

Ladangtekno

Studi Kasus Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining

Studi Kasus Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining



 Studi Kasus Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining

 

Sebelumnya saya sudah membahas mengenai sistem pakar. Mulai dari pengertian hingga komponen yang menyusun sistem pakar.


Kali ini saya akan membahas mengenai sebuah studi kasus sistem pakar dengan menggunakan metode foward chaining


sebelum  kita masuk ke studikasusnya tentu kita harus mengetahui dulu apa itu foward chaining


Dasar Teori Metode Forward Chaining

Terdapat dua metode yang dapat digunakan oleh mesin iferensi untuk mencari kesimpulan dari permasalahan yang dicari, yaitu forward chaining dan barcward chaining, dalam studi kasus ini metode yang digunakan adalah metode forward chaining. 


Forward chaining merupakan metode pencarian yang memulai proses pencarian dari sekumpulan data atau fakta, dari fakta-fakta tersebut dicari suatu kesimpulan yang menjadi solusi dari permasalahan yang dihadapi. 

 

Mesin inferensi mencari kaidah-kaidah dalam basis pengetahuan yang premisnya sesuai dengan fakta-fakta tersebut, kemudian dari aturan-aturan tersebut diperoleh suatu kesimpulan. 


Forward chaining memulai proses pencarian dengan data sehingga strategi ini disebut juga data-driven. 

 

Jadi metode forward chaining ini memulai pencarian kesimpulan dari fakta atau data yang lebih spesifik.




Studi kasus

Sekarang kita akan masuk ke pembahasan studi kasusnya


Studi kasus yang diambil yaitu mengenai cara mendeteksi kesalahan atau kerusakan yang terjadi pada komputer dengan menggunakan gejala – gejala yang muncul sebagai acuan untuk mencapai atau memperoleh kesimpulan.


Sekarang kita akna definisikan dulu gejala yang ada pada sebuah komputer. Gejala disimbolkan dengan kode G.


GEJALA 

  1. G1    Tidak ada gambar tertampil di monitor
  2. G2    Terdapat garis horisontal/vertikal di tengah monitor
  3. G3    Tidak ada tampilan awal bios
  4. G4    Muncul pesan eror pada bios
  5. G5    Alarm bios berbunyi
  6. G6    Terdengar suara aneh pada HDD
  7. G7    Sering terjadi hang/crash saat menjalankan aplikasi
  8. G8    Selalu scandisk ketika booting
  9. G9    Muncul pesan eror saat menjalankan game atau aplikasi grafis
  10. G10    Device informasi tidak terdekteksi dalam device manajer, meski driver telah terinstal
  11. G11    Tiba-tiba OS melakukan restart otomatis
  12. G12    Keluar blue screen pada OS Windows
  13. G13    Suara tetap tidak keluar meskipun driver dan setting device telah dilakukan sesuai petunjuk
  14. G14    Muncul pesan eror saat menjalankan aplikasi audio
  15. G15    Muncul pesan error saat pertama OS di Load dari HDD
  16. G16    Tidak ada tanda - tanda dari sebagian/seluruh perangkat bekerje (semua kipas pendingin tidak berputas)
  17. G17    Sering tiba - tiba mati tanpa sebab
  18. G18    Muncul pesan pada windows, bahwa Windows kekurangan virtual memory
  19. G19    Aplikasi berjalan dengan lambat, respon yang lambat terhadap input-an
  20. G20    kinerja grafis sangat berat (biasanya dalam game dan manipulasi gambar)
  21. G21    Device tidak terdeteksi dalam bios
  22. G22    Informasi deteksi yang salah dalam bios
  23. G23    Hanya sebagian perangkat yang berkerja
  24. G24    Sebagian/seluruh karakter inputan mati
  25. G25    Pointer mouse tidak merespon gerakan mouse

 

Selanjutnya definisikan kerusakan yang terjadi pada komputer.


KERUSAKAN

  1. K1    Monitor rusak
  2. K2    Memori Rusak
  3. K3    HDD Rusak
  4. K4    VGA Rusak
  5. K5    Sound Card Rusak
  6. K6    OS Bermasalah
  7. K7    Aplikasi Rusak
  8. K8    PSU Rusak
  9. K9    Prosesor Rusak
  10. K10    Memory Kurang
  11. K11    Memory VGA Kurang
  12. K12    Clock Prosesor Kurang Tinggi
  13. K13    Kabel IDE Rusak
  14. K14    Kurang Daya Pada PSU
  15. K15    Perangkat USB Rusak
  16. K16    Keyboard Rusak
  17. K17    Mouse Rusak

 

Jika kerusakan dan gejala sudah didefinisikan. Sekarang kita akan membuat kesimpulan dari gejala-gejala yang timbul. kesimpulannya menjadi seperti dibawah ini


kesimpulan
Gambar 1 Kesimpulan


Kode K menunjukan Kerusakan yang terjadi, Kode G menunjukan gejala – gejala yang timbul sehingga dapat ditarik kesimpulan pada kerusakan. Misalnya komputer disimpulkan mengalami kerusakan kerusakan K2 karena menimbulkan gejala G3, G4, G5, G11 dan G12. 

 

Aturan yang dapat dibuat berdasarkan kesimpulan dari Gambar 1 adalah sebagai berikut

1.    Aturan 1
Aturan pertama yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Tidak ada gambar tertampil di monitor
AND Terdapat garis horisontal/vertikal di tengah monitor
THEN Monitor Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah tidak ada gambar yang tampil di monitor dan terdapat garis hosrisontal/vertikal di tengah monitor maka diperoleh kesimpulan monitor rusak.

2.    Aturan 2
Aturan kedua yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Tidak ada tampilan awal bios AND Muncul pesan eror pada bios
AND Alarm bios berbunyi AND Tiba-tiba OS melakukan restart otomatis AND Keluarnya blue screen pada OS Windows
THEN Memori Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Tidak ada tampilan awal bios AND Muncul pesan eror pada bios, Alarm bios berbunyi AND Tiba-tiba OS melakukan restart otomatis, Keluarnya blue screen pada OS Windows maka diperoleh kesimpulan Memori Rusak.

3.    Aturan 3
Aturan ketiga yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.
 

IF Terdengar suara aneh pada HDD
AND Sering terjadi hang/crash saat menjalankan aplikasi
AND Selalu scandisk ketika booting
AND Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
AND Device tidak terdeteksi dalambios
AND Informasi deteksi yang salah dalam bios
THEN HDD Rusak

 

Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Terdengar suara aneh pada HDD, Sering terjadi hang/crash saat menjalankan aplikasi, Selalu scandisk ketika booting, Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install, Device tidak terdeteksi dalam bios, Informasi deteksi yang salah dalam bios maka diperoleh kesimpulan HDD Rusak.

4.    Aturan 4
Aturan keempatyang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.
IF Tidak ada gambar tertampil di monitor
AND Tidak ada tampilan awal bios
AND Alarm bios berbunyi
AND Muncul pesan eror saat menjalankan game atau aplikasi grafis
AND Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
AND Keluarnya blue screen pada OS Windows
AND Suara tetap tidak keluar meskipun driver dan setting device telah dilakukan sesuai petunjuk
THEN VGA Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Tidak ada gambar tertampil di monitor, Tidak ada tampilan awal bios, Alarm bios berbunyi, Muncul pesan eror saat menjalankan game atau aplikasi grafis, Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install, Keluarnya blue screen pada OS Windows dan Suara tetap tidak keluar meskipun driver dan setting device telah dilakukan sesuai petunjuk maka diperoleh kesimpulan VGA Rusak.

5.    Aturan 5
Aturan kelima yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
AND Suara tetap tidak keluar meskipun driver dan setting device telah dilakukan sesuai petunjuk   
AND Muncul pesan eror saat menjalankan aplikasi audio
THEN Sound Card Rusak


Keterangan:
    Jika Gejala yang muncul adalah Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install, Suara tetap tidak keluar meskipun driver dan setting device telah dilakukan sesuai petunjuk dan Muncul pesan eror saat menjalankan aplikasi audio maka kesimpulan yang dapat diambil adalah Sound Card Rusak.

6.    Aturan 6
Aturan keenam yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Tiba-tiba OS melakukan restart otomatis
AND Keluarnya blue screen pada OS Windows
AND Muncul pesan eror saat pertama OS di load dari HDD
THEN OS Bermasalah 

 

Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Tiba-tiba OS melakukan restart otomatis, Keluarnya blue screen pada OS Windows dan Muncul pesan eror saat pertama OS di load dari HDD maka dapat diambil kesimpulan OS Bermasalah.

7.    Aturan 7
Aturan ketujuh yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Sering terjadi hang/crash saat menjalankan aplikasi
AND Keluarnya blue screen pada OS Windows
THEN Aplikasi Rusak


Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Sering terjadi hang/crash saat menjalankan aplikasi dan Keluarnya blue screen pada OS Windows maka dapat diambil kesimpulan Aplikasi Rusak.

8.    Aturan 8

Aturan kedelapan yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Tidak ada tanda-tanda dari sebagian/seluruh perangkat bekerja (semua kipas pendingin tidak berputar)
AND Sering tiba-tiba mati tanpa sebab
THEN PSU Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Tidak ada tanda-tanda dari sebagian/seluruh perangkat bekerja (semua kipas pendingin tidak berputar) dan Sering tiba – tiba mati tanpa sebab maka dapat diambil kesimpulan PSU rusak.

9.    Aturan 9
Aturan kesembilanyang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Tidak ada gambar tertampil di monitor
AND Tidak ada tampilan awal bios
AND Muncul pesan eror pada bios
AND Alarm bios berbunyi
THEN Prosesor Rusak


Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Tidak ada gambar tertampil di monitor, Tidak ada tampilan awal bios, Muncul pesan eror pada bios dan Alarm bios berbunyi maka dapat diambil kesimpulan Prosesor Rusak.

10.    Aturan 10
Aturan kesepuluh yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Muncul pesan pada windows, bahwa windows kekurangan virtual memori
AND Aplikasi berjalan dengan lambat, respon yang lambat terhadap input-an
THEN Memory Kurang

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Muncul pesan pada windows, bahwa windows kekurangan virtual memori dan Aplikasi berjalan dengan lambat, respon yang lambat terhadap input-an maka dapat diambil kesimpulan Memory Kurang

11.    Aturan 11
Aturan kesebelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Muncul pesan eror saat menjalankan game atau aplikasi grafis
AND Kinerja grafis terasa sangat berat (biasanya dalam game dan manipulasi gambar)
THEN Memory VGA Kurang

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Muncul pesan eror saat menjalankan game atau aplikasi grafis dan Kinerja grafis terasa sangat berat (biasanya dalam game dan manipulasi gambar) maka dapat diambil kesimpulan Memory VGA Kurang.


12.    Aturan 12
Aturan keduabelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Aplikasi berjalan lambat, respon yang lambat terhadap inputan
THEN Clock Prosesor Kurang Tinggi

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Aplikasi berjalan lambat, respon yang lambat terhadap inputan maka dapat diambil kesimpulan Clock Prosesor Kurang Tinggi.

13.    Aturan 13
Aturan ketigabelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Device tidak terdeteksi dalam bios
THEN Kabel IDE Rusak


Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Device tidak terdeteksi dalam bios maka dapat diambil kesimpulan Kabel IDE Rusak

14.    Aturan 14
Aturan keempatbelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Alarm bios berbunyi
AND Hanya sebagian perangkat yang bekerja
THEN Kurang Daya Pada PSU
Keterangan:


Jika Gejala yang muncul adalah Alarm bios berbunyi dan Hanya sebagian perangkat yang bekerja maka dapat diambil kesimpulan Kurang daya pada PSU.

15.    Aturan 15
Aturan kelimabelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
THEN Perangkat USB Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install maka dapat diambil kesimpulan Perangkat USB Rusak

16.    Aturan 16
Aturan keenambelas yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
AND Sebagian/seluruh karakter inputan mati
THEN Keyboard Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install dan Sebagian/seluruh karakter inputan mati maka dapat diambil kesimpulan keyboard rusak

17.    Aturan 17
Aturan terakhir yang dapat dibuat sesuai dengan tabel kesimpulan pada Gambar 1 adalah sebagai berikut.


IF Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install
AND Pointer mouse tidak merespon gerakan mouse
THEN Mouse Rusak

 
Keterangan:
Jika Gejala yang muncul adalah Device driver informasi tidak terdeteksi dalam device manager, meski driver telah di install dan Pointer mouse tidak merespon gerakan mouse maka dapat diambil kesimpulan.


Tampilan pohon keputusannya menjadi seperti diabawah ini

pohon keputusan
Gambar 2 Pohon Keputusan

 

Gambar 2 merupakan tampilan dari pohon keputusan yang digunakan untuk membuat sistem pakar pohon keputusan tersebut menjelaskan aluran keputusan yang dapat diambil ketika terdapat input jawaban dari pengguna. 

 

Jawaban tersebut berupa ya dan tidak. Jawaban bernilai true atau ya akan mengarah ke posisi kana sedangkan jawaban yang bernilai false atau tidak akan mengarah ke sisi kiri. 

 

Lambang G pada pohon kepututusan menunjukan gejala yang akan ditanyakan pada pemakai sistem pakar sedang kan lambang K menunjukan kesimpulan yang dapat diambil ketika pengguna melakukan input-an gejala ke sistem pakar. 

 

Contoh dari pencarian sebuah penyelesaian dari pohon keputusan diatas adalah sebagai berikut

  • Pertanyaan G5 akan ditampilkan pertama kali, ketika pengguna memilih jawaban ya maka akan mengarah ke pertanyaan G3.
  • Pertanyaan G3 jika dijawab ya oleh pengguna akan berlanjut ke pertanyaa G1b, G1b dan G1a merupakan pertanyaan yang sama hanya saja karena dapat menimbulkan lebih dari satu kemungkinan jawaban maka dibuat G1 menjadi G1a dan G1b.
  • Pertanyaan G1b ditampilkan dan menjawab ya maka akan ditampilkan jawaban yang merupakan kesimpulan yang diperoleh dari pertanyaan G5, G3, dan G1b yaitu K9

 

 

Nah sekian pembahasan mengenai studi kasus yang ada di Sistem pakar dengan metode Metode Forward Chaining.

Sistem Pakar | Pengertian - Keuntungan - Keunggulan - Kekurangan - Komponen

 

Sistem Pakar | Pengertian - Keuntungan - Keunggulan - Kekurangan - Komponen

 

Hai Sobat Ladangtekno,

 

Kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Pakar. Ada beberapa yang saya akan bahas kali ini mulai dari Pengertian Sistem Pakar, Keuntungan dan Keunggulan Menggunakan Sistem Pakar, Kekurangan dari Sistem Pakar dan Komponen yang terdapat didalam Sistem Pakar

 

 

Sistem Pakar

Pengertian - Keuntungan - Keunggulan - Kekurangan - Komponen



Pengertian Sistem Pakar

Menurut Juanda (2006:16) sistem pakar menirukan perilaku seorang pakar dalam menangani suatu persoalan. 

 

Pada suatu kasus seorang pasien mendatangi dokter untuk memeriksa badannya yang mengalami gangguan kesehatan, maka dokter atau pakar kesehatan akan memeriksa dan melakukan diagnosa. 

 

Bila dokter cukup sibuk dan pelaksana diagnosa digantikan oleh sebuah sistem pakar, maka sistem pakar diharapkan dapat membantu memahami dan menganalisa keadaan pasien dan menemukan penyakit yang diderita pasien itu. 

 

Sistem pakar diharapkan juga untuk menghasilkan dugaan atau hasil diagnosa yang sama dengan diagnosa yang dilakukan oleh seorang ahli. 

 

Beberapa ahli lain juga mengungkapkan pengertian mengenai sistem pakar antara lain adalah

  • Durkin: sistem pakar adalah suatu program komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan menyelesaikan masalah yang dilakukan seorang pakar.
  • Giarratano dan Riley: sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar.

 

Dapat disimpulkan sistem pakar adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk menggantikan seorang ahli dalam menyelesaikan suatu permasalahan dan mendapatkan jawaban yang sesusai atau menyamai penyelesaian masalah yang dilakukan oleh sang ahli atau pakar.



Keuntungan Menggunakan Sistem Pakar

Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan sistem pakar yang akan dibuat adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Solusi dengan lebih mudah.
  2. Pengguna dapat meningkatkan pengetahuan mengenai komputer melalui analisis yang diberukan oleh sistem pakar yang dibuat.
  3. Penyelesaian masalah dapat dimungkinkan tanpa bantuan teknisi atau pakar, sehingga dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.
  4. Dapat menjadi panduan untuk berbagi ilmu dengan orang lain, karena adanya sistem pakar ini
  5. Pengguna dapat mencari pemecahan solusi jika terjadi kerusakan pada komputer yang dimiliki kapan saja, karena pakar sudah disediakan didalam sistem



Keunggulan Sistem Pakar

Adapun keunggulan yang diperoleh dari penggunaan sistem pakar adalah sebagai berikut.

  1. Menjadikan pengetahuan dan nasihat lebih mudah didapat.
  2. Meningkatkan output dan produktivitas.
  3. Menyimpan kemampuan dan keahlian pakar.
  4. Meningkatkan reliabilitas.
  5. Memberikan respons yang cepat.

 

 

Kekurangan Sistem Pakar

Sedangkan kekurangan yang ditemui ketika menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan sistem pakar adalah sebagai berikut.

  1. Masalah dalam mendapatkan pengetahuan di mana pengetahuan tidak selalu bisa didapatkan dengan mudah karena kadangkala pakar dari masalah yang dibuat tidak ada, dan kadang pendekatan yang dimiliki oleh pakar berbeda-beda.
  2. Pembuatan suatu sistem pakar yang benar-benar berkualitas tinggi sangatlah sulit dan memerlukan biaya yang sangat besar untuk pengembangan dan pemeliharaanya.
  3. Sistem pakar tidaklah 100% menguntungkan, walaupun seorang tetap tidak sempurna atau tidak selalu benar. Oleh karena itu perlu diuji ulang secara teliti sebelum digunakan. Sehingga dalam hal ini peran manusian tetap merupakan faktor yang dominan.

 


Komponen Sistem Pakar

Sistem pakar terdiri dari beberapa komponen untuk dapat membuat sistem tersebut menjadi sistem yang utuh, komponen tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Basis pengetahuan, yaitu pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, dan menyelesaikan masalah.
  2. Subsistem penambahan pengetahuan. Merupakan tempat untuk memasukkan pengetahuan, mengkontruksi atau memperluas pengetahuan dalam basis pengetahuan. Pengetahuan itu bisa berasal dari buku, ahli, basisdata, penelitian, dan gambar.
  3. Motor inferensi (inference engine). Yaitu program yang berisi metodologi yang digunakan untuk melakukan penalaran terhadap informasi-informasi basis pengetahuan dan blackboard, serta digunakan untuk memformulasikan konklusi. Ada tiga elemen utama dalam motor inferensi antara lain yaitu, Interpreter: mengeksekusi item – item agenda yang terpilih menggunakan aturan dalam basis pengetahuan, Sceduler: mengontrol agenda, dan Consistency Enforce: memlihara konsistensi dalam mempresentasikan solusi yang bersifat darurat.
  4. Blackboard. Merupakan area dalam memori yang digunakan untuk merekam kejadian yang sedang berlangsung termasuk keputusan sementara.
  5. Subsistem penjelas. Digunakan untuk melacak respond dan member memperjelas tentang kelakukan sistem pakar secara interaktif.



Nah, itulah pembahasan mengenai sistem pakar, semoga bermanfaat. jangan lupa terus kunjungi ladangtkeno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi

MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 

 

MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 

 

Pengertian MOM

Menurut Gold-Bernstein, Beth; Ruh, William A (2005). MOM (Pesan berorientasi middleware) adalah suatu software atau hardware yang berfungsi sebagai pendukung sistem. 


MOM adalah teknologi yang memungkinkan untuk eventdriven modern yang biasanya didasari pada komunikasi publikasi/berlangganan.


Message-oriented middleware merupakan sebuah infrastruktur perangkat linak yang berada diantara arsitektur client server dan mendukung singkronisasi asynchronous antara perangkat lunak pada klien dan server. 

 

MOM merupakan API (Aplication Programming Interfaces) yang dapat diterapkan diberbagai macam platform dan jaringan yang mendukung penggunaan MOM. 

 

MOM dapat meningkatkan fleksibilitas dari sebuah arsitektur dengan menjadikan perangkat lunak dapat bertukar informasi dengan perangkat lunak lainnya tanpa harus mengetahui platform dari perangkat tersebut. 

 

Pesan tersebut dapat berupa data, permintaan action atau keduanya. Pada umunya, sistem MOM menyediakan antrian pesan jika terjadi proses dalam jumlah banyak, jadi jika tujuan dari proses sedang sibuk maka pesan tersebut akan disimpan secara temporary sampai proses tersebut dieksekusi. MOM pada umunya bersifat asynchronous dan peer-to-peer. 



Kategori MOM

Message Oriented Middleware memiliki 2 kategori dalam pengimplementasiannya yaitu Point to Point dan Publikasi/Berlangganan
a.    Point to Point
Point to Point biasa dikenal sebagai model antrian. Pada model antrian ini pengirim dan penerima tidak akan bergantung satu sama lain, karena setiap pesan yang dikirim oleh pengirim penerimanya hanyalah satu. Setelah pesan diakui telah diterima oleh penerima maka pesan tersebut akan dihapus pada antrian pesan yang dikirimkan sebelumnya.


Gambar 2.1 Pesan Point to Poin
Gambar 2.1 Pesan Point to Poin


b.    Publikasi/Berlangganan
Pada kategori MOM jenis ini, pengirim akan mengirimkan pesan ke satu atau lebih penerima pesan. 

 

Penerima pesan yang telah berlangganan di topik akan menerima pesan dari pengirim, karena pengirim kan menerbitkan pesan ke topik lalu penerima pesan akan mendapatkan pesan tersebut. 

 

Penerima yang berlangganan di topik akan hadir sampai pesan yang dikirimkan sampai ke semua penerima atau pelanggan atau sampai pesan terakhir.


Gambar 2.2 Pesan publikasi/berlangganan
Gambar 2.2 Pesan publikasi/berlangganan



Arsitektur MOM

Arsitektur dari MOM dijelaskan menjadi tiga bagian yaitu middleware, Sistem Berbasis MOM, dan Kombinasi RPC dan Sistem MOM
a.    Middleware
Gambar 3.1 Middleware menunjakan bahwa middleware berada diantara lapisan aplikasi dan lapisan platform

 

Gambar 3.1Middleware
Gambar 3.1Middleware

 

Aplikasi yang terdistribusi pada nodes jaringan berbeda menggunakan interface untuk saling berkomunikasi tanpa harus mempedulikan rincian lingkungan operasi yang memiliki host aplikasi berbeda atau dengan layanan yang menghubungkan mereka ke aplikasi ini. 

 

Sebagai tambahan, dengan menggunakan administrasi interface. Sistem virtual dari aplikasi yang saling berhubungan dapat dibuat dengan handal dan aman. 

 

Middleware dapat dikelomppokan kedalam beberapa ketgori sebagai berikut:

  1. Remote Porcedure Call atau Middleware yang berbasis RPC, yang memungkinkan suatu prosedur dalam aplikasi yang dapat memanggil prosedur dalam aplikasi remote seolah seolah merupakan panggilan local. Middleware menerapkan mekanisme penghubungan yang menempatkan prosedur jarak jauh dan membuat menjadi transapran
  2. Object Request Broker atau Middleware berbasis ORB yaitu yang memungkinkan objek aplikasi untuk didistribusikan dan dibagikan pada jaringan yang berbeda
  3. Message Oriented Middleware atau MOM berbasis middleware yang memungkinkan aplikasi terdistribusi untuk dapat saling berkomunikasi dan bertukar data dengan cara mengirim dan menerima pesan
     

Semua model diatas memungkinkan untuk satu komponen perangkatlunak untuk mempengaruhi komponen yang lain melaui sebuah jaringan.

 

b.     Sistem Berbasis MOM
Sistem berbasis MOM memungkinkan komunikasi melalui pertukaran pesan asynchronous, seperti yang diperlihatkan pada gambar 3.2


Gambar 3.2 Sistem Berbasiskan MOM
Gambar 3.2 Sistem Berbasiskan MOM

 

MOM membuat pengguna yang menggunakan provider mesangging untuk menengahi operasi messaging. Komponen dari sistem MOM adalah klien, pesan, dan penyedia MOM termasuk API dan alat – alat administrasi. 

 

Penyedia MOM menggunakan arsitektur yang berbeda untuk mengarahkan dan mengirim pesan, yaitu bisa dengan menggunakan server terpusat atau mendistribusikan pengalaman dan pengiriman untuk setiap klien atau dengan menggunakan pendekantan keduanya. 

 

Salah datu keunggulan dari pengunaan pesan yang menengahi antara penyedia pesan klien adalah dengan menambahkan antarmuka administrated kita bisa memonito dan meningkatkan kinerjanya.


c.    Kombinasi RPC dan Sistem MOM
Gambar 3.3 menunjukan cara sistem MOM untuk dapat memungkinkan komunikasi dilakukan antar dua sistem pesan yang sinkron. 

 

Sisi kiri dari gambar 3.3 menunjukan aplikasi yang mendistribusikan klien, server, dan komponen menyimpan data pada node jaringan yang berbeda. 

 

Sisi kanan Gambar 3.3 menunjukan sistem yang menjadi sub dari sistem yang berpartisipasi, sistem di Gambar 3,3 sisi kanan akan direplikasi sebanyak yang akan diimplementasikan.

 

Gambar 3.3 kombinasi RPC dan Sistem MOM
Gambar 3.3 kombinasi RPC dan Sistem MOM

 

Sistem MOM mejadikan klien sebagai sistem perangkat lunak yang heterogen yang hanya dapat beroperasi dengan cara pesan asynchronous.



Implementasi MOM Pada Social Messenger

Social messenger merupakan sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi tanpa batasan waktu dan jarak. 

 

Pertumbungan teknologi yang kian cepat membuat banyak jenis social messenger baru bermunculan. Social messenger yang dibahas yakni Yahoo Messenger.

 

Gambar 4.1 Overview MOM Pada Social Messenger
Gambar 4.1 Overview MOM Pada Social Messenger

 

 

System overview pada gambar di atas menggambarkan proses aliran data yang terjadi pada sebuah social messenger (Yahoo Messenger). 

 

Sistem tersebut diawali dengan pengaturan proses yang dilakukan oleh admin dengan mengaktivasi akun yahoo sebagai media komunikasi.

 

Gambar 4.2 Arsitektur Sistem Pada Social Messenger
Gambar 4.2 Arsitektur Sistem Pada Social Messenger


 

Sistem pada jurnal ini adalah model dinamis MOM karena mudah beradaptasi dalam proses bisnis yang terjadi. 

 

Hanya menciptakan kata kunci untuk setiap cabang, sangat mudah untuk melaksanakan integrasi data manipulasi data dan informasi yang dicari. kekuatan penggunaan (PL SQL dan dinamis SQL) membuat model MOM ini menjadi fleksibel dan sederhana pengimplementasinya pada setiap sistem tanpa mempengaruhi lain proses pada sistem sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

Pustaka:

  1. Gold-Bernstein, Beth; Ruh, William A (2005), Enterprise integration: the essential guide to integration solutions, Addison Wesley, ISBN 0-321-22390-X
  2. Sun Microsystems, Open Message Queue Overview, http://mq.java.net/overview.html, last accessed march 8, 2017
  3. Oracle, Message – Oiriented Middleware (MOM), https://docs.oracle.com/cd/E19340-01/820-6424/aeraq/index.html, last acsessed march 8, 2017
  4. Google Scholar, TECHNOLOGY AREA https://oa.mo.gov/sites/ default/files/ TAMessageOrientedMiddleware06220 5.pdf. last acsessed march 8, 2017
  5. Nyoman Sarasuartha Mahajaya. E-Journal. Design of Message-Oriented Middleware Based on Social Messenger .http://ijcset.net/docs/Volumes/volume2issue4/ijcset2012020423.pdf. 2012. Last accesed march 8.