MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 

 

MESSAGE ORIENTED MIDDLEWARE (MOM)

 

 

Pengertian MOM

Menurut Gold-Bernstein, Beth; Ruh, William A (2005). MOM (Pesan berorientasi middleware) adalah suatu software atau hardware yang berfungsi sebagai pendukung sistem. 


MOM adalah teknologi yang memungkinkan untuk eventdriven modern yang biasanya didasari pada komunikasi publikasi/berlangganan.


Message-oriented middleware merupakan sebuah infrastruktur perangkat linak yang berada diantara arsitektur client server dan mendukung singkronisasi asynchronous antara perangkat lunak pada klien dan server. 

 

MOM merupakan API (Aplication Programming Interfaces) yang dapat diterapkan diberbagai macam platform dan jaringan yang mendukung penggunaan MOM. 

 

MOM dapat meningkatkan fleksibilitas dari sebuah arsitektur dengan menjadikan perangkat lunak dapat bertukar informasi dengan perangkat lunak lainnya tanpa harus mengetahui platform dari perangkat tersebut. 

 

Pesan tersebut dapat berupa data, permintaan action atau keduanya. Pada umunya, sistem MOM menyediakan antrian pesan jika terjadi proses dalam jumlah banyak, jadi jika tujuan dari proses sedang sibuk maka pesan tersebut akan disimpan secara temporary sampai proses tersebut dieksekusi. MOM pada umunya bersifat asynchronous dan peer-to-peer. 



Kategori MOM

Message Oriented Middleware memiliki 2 kategori dalam pengimplementasiannya yaitu Point to Point dan Publikasi/Berlangganan
a.    Point to Point
Point to Point biasa dikenal sebagai model antrian. Pada model antrian ini pengirim dan penerima tidak akan bergantung satu sama lain, karena setiap pesan yang dikirim oleh pengirim penerimanya hanyalah satu. Setelah pesan diakui telah diterima oleh penerima maka pesan tersebut akan dihapus pada antrian pesan yang dikirimkan sebelumnya.


Gambar 2.1 Pesan Point to Poin
Gambar 2.1 Pesan Point to Poin


b.    Publikasi/Berlangganan
Pada kategori MOM jenis ini, pengirim akan mengirimkan pesan ke satu atau lebih penerima pesan. 

 

Penerima pesan yang telah berlangganan di topik akan menerima pesan dari pengirim, karena pengirim kan menerbitkan pesan ke topik lalu penerima pesan akan mendapatkan pesan tersebut. 

 

Penerima yang berlangganan di topik akan hadir sampai pesan yang dikirimkan sampai ke semua penerima atau pelanggan atau sampai pesan terakhir.


Gambar 2.2 Pesan publikasi/berlangganan
Gambar 2.2 Pesan publikasi/berlangganan



Arsitektur MOM

Arsitektur dari MOM dijelaskan menjadi tiga bagian yaitu middleware, Sistem Berbasis MOM, dan Kombinasi RPC dan Sistem MOM
a.    Middleware
Gambar 3.1 Middleware menunjakan bahwa middleware berada diantara lapisan aplikasi dan lapisan platform

 

Gambar 3.1Middleware
Gambar 3.1Middleware

 

Aplikasi yang terdistribusi pada nodes jaringan berbeda menggunakan interface untuk saling berkomunikasi tanpa harus mempedulikan rincian lingkungan operasi yang memiliki host aplikasi berbeda atau dengan layanan yang menghubungkan mereka ke aplikasi ini. 

 

Sebagai tambahan, dengan menggunakan administrasi interface. Sistem virtual dari aplikasi yang saling berhubungan dapat dibuat dengan handal dan aman. 

 

Middleware dapat dikelomppokan kedalam beberapa ketgori sebagai berikut:

  1. Remote Porcedure Call atau Middleware yang berbasis RPC, yang memungkinkan suatu prosedur dalam aplikasi yang dapat memanggil prosedur dalam aplikasi remote seolah seolah merupakan panggilan local. Middleware menerapkan mekanisme penghubungan yang menempatkan prosedur jarak jauh dan membuat menjadi transapran
  2. Object Request Broker atau Middleware berbasis ORB yaitu yang memungkinkan objek aplikasi untuk didistribusikan dan dibagikan pada jaringan yang berbeda
  3. Message Oriented Middleware atau MOM berbasis middleware yang memungkinkan aplikasi terdistribusi untuk dapat saling berkomunikasi dan bertukar data dengan cara mengirim dan menerima pesan
     

Semua model diatas memungkinkan untuk satu komponen perangkatlunak untuk mempengaruhi komponen yang lain melaui sebuah jaringan.

 

b.     Sistem Berbasis MOM
Sistem berbasis MOM memungkinkan komunikasi melalui pertukaran pesan asynchronous, seperti yang diperlihatkan pada gambar 3.2


Gambar 3.2 Sistem Berbasiskan MOM
Gambar 3.2 Sistem Berbasiskan MOM

 

MOM membuat pengguna yang menggunakan provider mesangging untuk menengahi operasi messaging. Komponen dari sistem MOM adalah klien, pesan, dan penyedia MOM termasuk API dan alat – alat administrasi. 

 

Penyedia MOM menggunakan arsitektur yang berbeda untuk mengarahkan dan mengirim pesan, yaitu bisa dengan menggunakan server terpusat atau mendistribusikan pengalaman dan pengiriman untuk setiap klien atau dengan menggunakan pendekantan keduanya. 

 

Salah datu keunggulan dari pengunaan pesan yang menengahi antara penyedia pesan klien adalah dengan menambahkan antarmuka administrated kita bisa memonito dan meningkatkan kinerjanya.


c.    Kombinasi RPC dan Sistem MOM
Gambar 3.3 menunjukan cara sistem MOM untuk dapat memungkinkan komunikasi dilakukan antar dua sistem pesan yang sinkron. 

 

Sisi kiri dari gambar 3.3 menunjukan aplikasi yang mendistribusikan klien, server, dan komponen menyimpan data pada node jaringan yang berbeda. 

 

Sisi kanan Gambar 3.3 menunjukan sistem yang menjadi sub dari sistem yang berpartisipasi, sistem di Gambar 3,3 sisi kanan akan direplikasi sebanyak yang akan diimplementasikan.

 

Gambar 3.3 kombinasi RPC dan Sistem MOM
Gambar 3.3 kombinasi RPC dan Sistem MOM

 

Sistem MOM mejadikan klien sebagai sistem perangkat lunak yang heterogen yang hanya dapat beroperasi dengan cara pesan asynchronous.



Implementasi MOM Pada Social Messenger

Social messenger merupakan sebuah teknologi komunikasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi tanpa batasan waktu dan jarak. 

 

Pertumbungan teknologi yang kian cepat membuat banyak jenis social messenger baru bermunculan. Social messenger yang dibahas yakni Yahoo Messenger.

 

Gambar 4.1 Overview MOM Pada Social Messenger
Gambar 4.1 Overview MOM Pada Social Messenger

 

 

System overview pada gambar di atas menggambarkan proses aliran data yang terjadi pada sebuah social messenger (Yahoo Messenger). 

 

Sistem tersebut diawali dengan pengaturan proses yang dilakukan oleh admin dengan mengaktivasi akun yahoo sebagai media komunikasi.

 

Gambar 4.2 Arsitektur Sistem Pada Social Messenger
Gambar 4.2 Arsitektur Sistem Pada Social Messenger


 

Sistem pada jurnal ini adalah model dinamis MOM karena mudah beradaptasi dalam proses bisnis yang terjadi. 

 

Hanya menciptakan kata kunci untuk setiap cabang, sangat mudah untuk melaksanakan integrasi data manipulasi data dan informasi yang dicari. kekuatan penggunaan (PL SQL dan dinamis SQL) membuat model MOM ini menjadi fleksibel dan sederhana pengimplementasinya pada setiap sistem tanpa mempengaruhi lain proses pada sistem sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

Pustaka:

  1. Gold-Bernstein, Beth; Ruh, William A (2005), Enterprise integration: the essential guide to integration solutions, Addison Wesley, ISBN 0-321-22390-X
  2. Sun Microsystems, Open Message Queue Overview, http://mq.java.net/overview.html, last accessed march 8, 2017
  3. Oracle, Message – Oiriented Middleware (MOM), https://docs.oracle.com/cd/E19340-01/820-6424/aeraq/index.html, last acsessed march 8, 2017
  4. Google Scholar, TECHNOLOGY AREA https://oa.mo.gov/sites/ default/files/ TAMessageOrientedMiddleware06220 5.pdf. last acsessed march 8, 2017
  5. Nyoman Sarasuartha Mahajaya. E-Journal. Design of Message-Oriented Middleware Based on Social Messenger .http://ijcset.net/docs/Volumes/volume2issue4/ijcset2012020423.pdf. 2012. Last accesed march 8.


 


komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon