Tuesday, September 22, 2020

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan Disiplin Ilmu lain

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan Disiplin Ilmu lain


Apa Itu Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi manusia dan komputer atau yang disingkat IMK adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini menjelaskan cara yang paling efisien dan mudah untuk merancang pesan elektronik. 

Sedangkan interaksi manusia komputer adalah proses, dialog dan kegitan yang dilakukan oleh manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer yang dimana keduanya dapat memberikan masukan atau umpan balik. 

Istilah interaksi manusia dan komputer melingkupi dua sisi, yitu mesin dan manusia. Istilah mesin lebih populer dengan sebutan komputer, berbagai jenis komputer yang kita kenal antara lain adalah mainframe, workstasion, dan komputer pribadi komputer pribadi biasanya ada dalam bentuk komputer meja atau laptop. 

selain jenis diatas komputer juga muncul dalam jenis terpadu seperti mesin cuci, kokpit pesawat terbang, pemanggang microwave dan yang lainnya. 

Dengan demikian teknik merancang antarmuka pada komputer dapat juga digunakan untuk merangcang antarmuka mesin terpadu seperti yang disebutkan diatas. 

Tetapi jika mengabaikan aspek interaksi namun jika mengabaikan aspek interaksi dan komputasi sebuah mesin , dan memperlakuakn perancangan mesin yang bersifat mekanis pasif, misalnya sabit, maka kita tidak akan dapat menganggap itu sebuah interaksi manusia dengan komputer. 

Dari sisi aspek manusia sebagai kelompok orang atau sebuah organisasi, maka antarmuka disini termasuk didalamnya diantarany sistem terdistribusi, komunikasi antarmanusia terbantu komputer, atau suatu pekerjaan yang secara kooperatif dikerjakan oleh sekelompok orang yang menggunakan sistem komputer.



Tujuan dari Interaksi Manusia dan Komputer

  • Menghasilkan sistem yang bermanfaat, memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user
  • Fungsionalitas, yaitu fungsi - fungsi yang ada dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan
  • Keamanan, sistem yang kita miliki tingkat pengamanan data yang efisien dan aman
  • Efektifitas dan efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.

Baca Juga:

Hubungan Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan Disiplin Ilmu lain


Ilmu Komputer

Ilmu komputer adalah ilmu yang membahas tentang perancangan aplikasi dan rekayasa antarmuka untuk dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. 

Keterkaitan IMK dengan ilmu komputer dalam bidang komputer dan teknologi saat ini dapat kita lihat dari sisi perangkat lunak. 

Bidang ilmu komputer ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem interaksi manusia dan komputer, sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, serta efektif dan efisien.

Psikologi

Adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara manusia menerima, mempresepsi , mempelajari, menalar, mengingat dan berfikir tentang sesuatu informasi. Jadi psikologi disini membahasa prilaku kognitif dari prlaku pengguna. Setiap pengguna pasti memiliki prilau yang berbeda - beda sehinggan perancang sisitem IMK juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaanya.

Antropologi 

Ilmu ini membahas tentang interaksi teknologi , kerja, dan organisasi, di sisi lain antropologi juga dapat memberikan pendangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing - masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang masing - masing

Sosiologi

Ilmu ini berkaitan dengan studi tentang pengaruh sistem manusia - komputer dalam struktur sosial. Misalnya adanya kekhawatiran tentang PHK oleh karyawan suatu pabrik karena adanya otomatisasi sistem.

Perancangan Grafis dan Tifografi

Dalam dunia komputer gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif  antara manusia dengan komputer, keahlian merancang grafik dan tifografi menjadi salah satu kunci penting untuk menunjang keberhasilan sistem manusia - komputer, karena antarmuka yang disusuna dapat menjadi lebuh luwes dan menarik

Teknik Elektronika

Berbicara tentang perangkat keras komputer, tidaklah dapat terlepas dari ilmu teknik elektronika dan segala aspeknya. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. 

Perangkat keras tersebut akan menjadi media yang digunakan untuk dapat berinteraksi dengan komputer, misalnya seperti layar monitor yang ada saat ini.

Ergonomik

Saat ini banyak sekali orang bekerja di depan terminal komputer dalam jangka waktu yang cukup lama, oleh karenanya pengguna perlu mempersiapkan alat -  alat yang mendukuang kenyamanannya untuk bekerja seperti meja kerja. 

Ergonomik berhubungan dengan berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Bentuk fisik menja dan kursi kerja, layar, papan ketik, posisi duduk, lampu, kebersihan, dan aspek lainnya dapat sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja.

Linguistik

Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa beberapa aspek seperti komputasu dan teori bahasa formal membentuk bidang khusu dalam ilmu komputer.

Pada saat menggunakan komputer kita akan merasa seolah - olah sedang berintekaksi dengan komputer, untuk dapat melakukan interaksi tersebut kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Sarana komunikasi ini biasanya berbentuk suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, dan bahasa menu.

Perancangan Industri

yaitu membahas tentang produk interaktif, dengan semakin berkembangnya teknologi maka akan semakin banyak produk produk keratif yang menunjang atau mendukung interaksi manusia dengan komputer, misalnya layar sentuh. 



Kesimpulan

Interaksi manusia dan komputer atau yang disingkat IMK adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. 

Sedangkan interaksi manusia komputer adalah proses, dialog dan kegitan yang dilakukan oleh manusia untuk dapat berinteraksi dengan komputer yang dimana keduanya dapat memberikan masukan atau umpan balik. IMK memiliki hubungan dengan disiplin ilmu lain yaitu
  1. Ilmu Komputer
  2. Psikologi
  3. Antropologi
  4. Sosiologi
  5. Perancangan Grafis dan Tifografi
  6. Teknik Elektronika
  7. Ergonomik
  8. Linguistik
  9. Perancangan Industri 

Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon