Tuesday, January 22, 2019

Bahasa Indonesia: Hubungan Bahasa Indonesia dengan Karakter Bangsa

bahasa indonesia
(sumber_gambar: tribunnews.com)


HUBUNGAN BAHASA INDONESIA DENGAN KARAKTER BANGSA

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia, dan bahasa persatuan bangsa. Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari ragam bahasa Melayu, dasar yang dipakai adalah bahasa melayu Riau. Bahsa Indonesia sendiri Bukanlah merupakan bahasa Ibu bagi kebanyakan penduduk Indonesia, karena di Indonesia terdapat 748 bahasa daerah yang merupakan bahasa Ibu.

Karakter menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia karakter adalah tabiat, sifat – sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan satu orang dengan yang lain. Jadi karakter dapat diartikan sebagai sifat khusus yang dimiliki oleh pribadi seseorang yang membedakan orang tersebut dengan yang lainnya, sedangkan karakter bangsa yang dimaksud adalah hal khusus atau sifat khusus yang dimiliki oleh bangsa tersebut yang dapat membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lainnya di dunia. Seperti yang diungkapkan, Widjono( 2001:16) bahwa salah satu fungsi Bahasa adalah sebagai alat untuk membangun karakter. Karakter berkaitan dengan sikap cerdas, lamban, bodoh, malas atau rajin.  Bahsa dan karakter mempunyai dapat dibilang mempunyai hubungan yang erat. Bahasa dapat dibilang sebagai wujud dari kebudayaan manusia yang turut membentuk karakter masyarakat, secara tidak langsung Bahasa tersebut akan membentuk karakter karena Bahasa memiliki struktur – struktur yang harus diataati baik itu lisan maupun tulisan, adapaun dengan adanya struktur tersebut akan membentuk kedisiplinan karena secara tidak langsung kita mengikuti sebuah aturan.

Bahsa Indonesia sebagai pembentuk karakter bangsa memang tidak bisa dihilangkan dari sejarah bangsa Indonesia, dimana para pemuda dari seluruh nusantara berkumpul untuk menyamakan visi dan menyatukan diri dalam sebuah sumpah yang dikenal dengan nama Sumpah Pemuda, salah satu dari sumpah pemuda itu berisikan tentang bahasa nasional yaitu menjunjung tinggi Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai pembentuk karakter bangsa memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari- hari, diamana kita sebagai bangsa Indonesia dalam beruntinitas sehari- hari pasti akan menggunakan bahasa Indonesia dari sinilah karakter bangsa itu mulai dibentuk dimana bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan di Indonesia dan menjadi salah satu ciri khas dari bangsa Indonesia, maka dari itu bahasa Indonesia ini akan memberikan ciri khas pada bangsa Indonesia, selain itu penuturan kata bahasa Indonesia juga memberikan ciri khas bagi bangsa itu sendiri, seperti bagai mana cara  seorang individu dalam suatu bangsa tersebut utnuk mengungkapkan sesuatu melalui pemilihan kata – kata yang akan membuat individu lain mengetahui bagaimana karakter dan kepribadian orang tersebut, jika dihubungkan dengan hal yang lebih luas maka dapat diartikan kumpulan individu tersebut akan memperlihatkan karakter bangsa

Namum belakangan ini tidak dipungkiri, banyak kalangan masyarakat yang cenderung malu untuk rendah diri menggunakan Bahasa Indonesia, seperti yang kita lihat banyak para remaja yang kadang meplesetkan perkataan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris ataupun lebih menggukan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari – hari, mereka menganggap bahwa Bahasa asing itu lebih keren dan intelektual, sehingga membuat ciri khas bangsa ini menjadi berubah dan cenderung mengaptasi karakter bangsa barat. Sebagai warga Negara Indonesia sudah sepantasnya kita untuk menggunakan dan menghargai Bahasa Indonesia tersebut, sehingga kita akan dapat memperlihatkan bagaimana karakter bangsa kita.


Sumber:

id.wikipedia.org

gentaandalas.com

mynameisbunny


Tags:
#bahasaindonesia
#hubunganbahasaindonesia
#karakterbangsa
#bahasaindonesiadankarakterbangsa

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon