Friday, October 28, 2016

Makalah Human Usability Principle

usability
Usability

Halo, selamat pagi agan dan sista di blogger haha... nah setelah kemarin saya posting mengenai artikel Hubungan IMK dengan Disiplin Ilmu Lain nah kali ini saya akan membagikan sebuah materi mengenai usability atau daya guna. nah tanpa basi- basi yang terlalu panjang langsung saja bika spoiler artikel dibawah ini haha,,, siapa tau artikelnya bagus kan bisa membantu seandainya kalo ada tugas yang sama haha.... :v


Artikelnya:

TUGAS IMK
HUMAN USABILITY PRINCIPLE











KATA PENGANTAR


Om Swastyastu

Puja dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmatnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tulisan ini. 

Tulisan ini telah saya susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

            Terlepas dari semua itu, saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka saya menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar saya dapat memperbaiki makalah ini.
Akhir kata saya berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inspirasi bagi pembaca.
Om Santih Santih Santih Om

                                                                                                                                                                                                                                                            Sukawati,12 Februari 2015


Penulis


DAFTAR ISI

  1. Kata Pengantar…………………………………………………………....... ……... i
  2. Daftar Isi         .…………………………………………………………….............. ii
  3. BAB I: Pendahuluan
3.1.   Latar Belakang………………………………………………………… ……... 1
3.2.   Rumusan Masalah……………………………………………………... ……... 1
3.3.   Tujuan Penulisan...……………………………………………………………. 1
  1. BAB II: Pembahasan
4.1.   Usability………..………………………………………………........................2
4.2.   Prinsip – Prinsip Usabilitty……………............................................................. 2
  1. BAB III: Penutup
5.1.   Kesimpulan…………………………………………………………................. 9
  1. Daftar Pustaka……………………………………………………………… ………10


BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Interaksi manusia computer adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia dan computer. Hal ini meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna pengguna computer agar dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna. Interaksi manusia computer pada dasarnya merupakan suatu interaksi timbale balik antara manusia dengan computer agar bisa mempermudah manusia dalam menggunakan computer. Timbal baliknya berupa output dari computer tersebut, hal ini dapat terjadi karena pengguna memasukan perintah pada sistem input computer tersebut.
Sehingga hal ini akan menghasilkan interaksi yang  baik, karena interkasi secara masksimal diamana kedua belah pihak saling memberikan respon. Maka untuk mencapai hubungan timbal balik yang baik dalam interkasi manusia dengan computer maka dalam ilmu IMK dibahasa mengenai karakteristik – karakteristik yang dimilki oleh pengguna dan juga computer baik secara fisik maupun sifat yang disebut dengan usability.

Rumusan Masalah
1.      Apa itu usability?
2.      Apa saja prinsip  - prinsip dalam usability?

Tujuan
1.      Mengetahui apa itu usability.
2.      Mengetahui apa saja prinsip - prinsip dalam usability.



BAB II
PEMBAHASAN

Usability
Usability dalam interaksi manusia dan computer merupakan bagian penting yang harus dipenuhi dalam sebuah perancang system. Pengembang harus memahami prinsip – prinsip usability sebe,um mengimplementasikannya pada sebuah system. Menurut Jacob Neilsen usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan pengunaan selama proses perancangan.
Usability sendiri berasal dari kata usable yang berarti digunakan dengan baik. Usability lebih tepat dikategorikan sebagai sebuah paradigm dari sebuah aplikasi baik dari segi perangkat lunak atau software maupaun perangkat keras atau hardware, yang akan menggambarakan tingkat kenyamanan dari sisi pengguna atau user. Menurut ISO (International Standart Organization) definisi dari usability adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dengan yang satu set tertentu pengguna dapat mencapai satu set tugas tertentu di lingkungan tertentu. Usability adalah suatu istilah yang digunakan untuk menandakan bahwa orang dapat mempekerjakan suatu alat tertentu dengan mudah untuk mencapai sebuah tujuan, jadi usability merupakan sebuah masalah tentang penggunaan system secara baik dan optimal yang bias dilakukan oleh pengguna, sehingga semuah sumber daya pada sistem dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pengguna. Usability juga diandaikan sebagai bentuk tingkat kenyamanan yang didapat dari segi tingkat sisi pengguna, bukan dari sisi pengembang aplikasi. Oleh karena itu usability tidak hanya mencakup antarmuka pengguna saja tapi juga mencakup hal yang lebnih luas karena untuk menciptakan tingkat kenyamanan yang tinggi dari sisi pengguna perlu memperhatikan banyak aspek yang ada, ini dikarenakan pengguna memiliki karakteristik yang berbeda beda dari setiap individunya.

Prinsip – Prinsip Usability
1.      Human Abilties
  1. Baik
v  Kapasitas Long Term Memory (LTM) tidak terbatas
v  Durasi LTM tidak terbatas dan komplek
v  Kemampuan memahami tinggi
v  Mekanisme konsentrasi baik
v  Pengertian pol pikir baik
  1. Buruk
v  Kapasitas Short Term Memory (STM) terbatas
v  Durasi STM terbatas
v  Akses yang  tidak dapat diandalkan pada STM
v  Proses yang cenderung salah
v  Proses yang lambat

2.      Human Capabilities
Dalam human capabilities ini hal – hal yang harus diketahui adalah
  1. Penginderaan/panca indera
v  Mata: mata manusia merupakan hal yang kompleks dengan batasa fisik dan presepsi dan menjadi sumber utama informasi
v  Telinga: 
v  Peraba: dengan indra peraba kita dapat memperoleh informasi mengenai lingkungan disekitar kita, seperti mengetahui seperti apa tekstur suatu benda.

3.      Memori
  1. Memori buffer
Memori sensor bekerja sebagai buffer yang menampung masukan yang diterima dari panca indra manusia, memori ini memiliki kapasitas yang terbatas, dan informasi yang masuk melalui indra tidak semua dapat diproses.
  1. Memori jangka pendek
Memori jangka pendek merupakan tempat menyimpan informasi yang dibutuhkan dlam waktu yang sangat singkat, memori ini dapat diakses dengan sanagt cepat namun berkurang secara cepat pula. Metode yang digunakan untuk mengukur kapasitas, yaitu berdasarkan: panjang suatu deret yang dapat diingat secara terurut dan kemampuan mengingat kembali item – item secara acak.
  1. Intermediate
Memori yang digunakan untuk menyimpan ke memori jangka panjang.
  1. Memori jangka panjang
Merupakan penyimpanan utama untuk informasi factual, pengetahuan berdasarkan eksperimen atau pengalaman, aturan – aturan, prosedur, tingkahlaku dan yang lainnya. Kapasitasnya lebih besar dan waktu akses yang lebih lambat serta proses hilangnya informasi lebih lama

4.      Proses Informasi
v  Perseptual:
·         Menangani sensor dari luar
·         Sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dair indra manusia
·         Diproses untuk diteruskan ke otak
v  Sistem Motor: mengontrol aksi /respon
v  Koginitf: memproses hubungan keduanya

5.      Observasi
  1. Pengguna fokus pada penyelesaian pekerjaan yang dilakukan , dan tidak mempelajari cara efektif untuk menggunakan sistem
  2. Orang sering memilih strategi suboptimal untuk masalah prioritas rendah
  3. Orang mempelajari strategi yang lebih baik dengan praktek

6.      Penyelesaian Masalah
Penalaran merupakan proses pengambilan kesimpulan mengenai sesuatu atau hal baru dengan pengetahuan yang dimiliki olehmanusia. Jika penalaran untuk menarik kesimpulan atau informasi baru dari hal yang sudah diketahui, maka penyelesaian masalah merupakan proses menemukan solusi suatu tugas dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki. Penyelesaian masalah pada manusia dikarakteristikkan oleh kemampuan mengadaptasikan informasi dengan situasi yang baru. Terdapat beberapa pandangan mengenai cara manusia menyelesaikan masalah. Gestalt memandang bahwa proses pemecahan masalah melibatkan penggunaan pengetahuan dan proses mental. Teori problem space melihat bahwa pikiran manusia adalah proses informasi yang terbatas. Wawasan.

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
            Usability dikategorikan sebagai sebuah paradigm dari sebuah aplikasi baik dari segi perangkat lunak atau software maupaun perangkat keras atau hardware, yang akan menggambarakan tingkat kenyamanan dari sisi pengguna atau user. Menurut ISO (International Standart Organization) definisi dari usability adalah efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dengan yang satu set tertentu pengguna dapat mencapai satu set tugas tertentu di lingkungan tertentu. Usability memiliki 6 prinsip yaitu
1.      Human Ability
2.      Human Capabilities
3.      Memori
4.      Proses
5.      Observations, dan
6.      Problem Solving


DAFTAR PUSTAKA
_______________________https://yandilianymarjimi.wordpress.com/2015/03/21/prinsip-prinsip-usability/
_______________________http://qibalzz.blogspot.co.id/2013/04/prinsip-usability.html
_______________________http://www.usabilitybok.org/principles-for-usable-design
_______________________https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/
_______________________http://noviyanti0112.blogspot.co.id/2015/04/usability-principles-imk.html
_______________________http://okaampas.blogspot.co.id/2013/07/prinsip-usability-dalam-imk-dan.html



download disini juga bisa

Ok sekian dulu ya postingan saya kali ini semoga bermanfaat, tungguin yang artikel - artikel saya yang lainnya siapa tau ada yang bermanfaat... tetap kunjungi Ladangtekno ya,,, :)

Tags:
ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon