Wednesday, September 23, 2020

Motion Picture Expert Group (MPEG) | Pengertian dan Sejarah

mpeg

Bagi kalian yang sudah sering menjajal dunian motion graphics pasti sudah tidak asing lagi dengan singkatan MPEG, tapi kalian tau gak sih MPEG itu apa?, Apa kepanjangannya?, Apa saja Jenis-jenisnya?

Nah sekarang mari kita bahas satu-satu ya, mengenai MPEG

MPEG (Motion Picture Expert Group) adalah nama sebuah organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar pengkodean citra bergerak. 

Pertemuan pertama untuk menciptakan standar MPEG terjadi pada bulan Mei tahun 1998 di Ottawa, Kanada. 

Namun kini MPEG pada sebagai berkas memiliki nama singkatan yang berbeda yaitu Moving Picture Expert Group. ya singkatannya masih mirib lah ya hehe.

Beberapa standar yang dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3. Encoding MPEG-2 digunakan pada video CD, sementara MPEG-3 menjadi populer dengan tampilnya lapisan audio (audio layer) MPEG-3, yang dikenal dengan MP3.

MPEG berkembang menjadi beberapa kategori:
  • MPEG-1 (Tahun 1991), standar pengompresan suara dan gambar dengan standard encode Video CD dengan resolusi maksimal hanya 352 x 288 pixel, termasuk juga sebagai lapisan audio 3(audio layer 3) MP3 format kompresi untuk suara (audio).
  • MPEG-2 (Tahun 1994), standar untuk penyiaran suara dan gambar over-the-air televisi digital ATSC, DVB dan ISDB, satelit televisi digital Dish Network, sinyal digital cable television dan juga DVD
  • MPEG-3, standar untuk High-definition television HDTV
  • MPEG-4 (Tahun 1998), pengembangan dari MPEG-1 untuk mendukung objek suara/gambar televisi tiga dimensi (3D) dengan menggunakan codec video yang disebut H.264 yang dipandang lebih efisien.
  • MPEG-7, standar suatu sistem formal untuk menggambarkan isi dari suatu multimedia.
  • MPEG-21, standar MPEG untuk generasi masa depan (rangka multimedia)


Ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon