Backlink : Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara mendapatkan

Backlink : Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara mendapatkan



Backlink, buat kalian yang menjadi seorang blogger, webmaster, atau SEO speacialist mungkin tidak asing dengan sebutan ini.


Pada kesempatan kali ini mintek akan membahas secara mendalam mengenai sesuatu yang disebut dengan backlink ini


Backlink merupakah salah satu hal penting dalam pengembangan sebuah blog. Dimata search engine seperti Google dan Bing, Backlink dapat menjadi pendukung agar blog kita bisa mendapatkan rangking yang baik.


Backlink bisa dikatakan sebagai sitasi, artinya semakin banyak backlink yang website kita dapatkan maka artinya semakin banyak pula orang yang percaya dengan blog kita.


Dengan begitu maka akan bisa membuat search engine memberikan perhatian lebih karena website kita dianggap menjadi lebih kredibel dibandingkan dengan pesaing yang memiliki lebih sedikit backlink.


Baca Juga: 500+ Backlink Gratis Web 2.0 Dofollow DA dan PA Tinggi




BACKLINK

Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara mendapatkan



Pengertian Backlink

Apakah kalian pernah berkunjung ke artikel dalam sebuah website dan disana menemukan sebuah link yang mengarah ke website lain atau outbound link?


Nah, inilah yang disebut sebagai backlink.


Jadi seperti yang sudah Mintek sebutkan di pembukaan, backlink tersebut mirib dengan sitasi ketika membuat sebuah karya ilmiah atau tulisan.


Kalau pengertian lebih tepatnya seperti ini:


Backlink merupakan link yang ada dalam sebuah website yang mengarah ke website lain. Biasanya backlink mengarah ke artikel website yang masih relevan dengan apa yang kita buat.



Baca Juga:  40000 Backlink Gratis, Ini Cara Mendapatkannya




Jenis-Jenis Backlink

 

Berdasarkan Indexing

Backlink bedasarkan jenis indexing-nya dapat dibagi menjadi dua yaitu dofollow dan nofollow.

Backlink Dofollow

Merupakan backlink yang memberikan akses pada search engine untuk melakukan indexing pada backlink. Backlink jenis ini juga sering disebut dengan backlink aktif

 

Backlink jenis ini merupakan yang paling dicari karena memberikan dampak yang paling besar pada website.


Mengapa?, karena backlink ini akan di Indexing oleh mesin pencari seperti Google dan bisa meningkatkan score SEO dari website kita. 

 

Pemasangan achor text pada backlink dofollow menggunakan kode seperti dibawah ini

<a href="https://www.ladangtekno.com/">text link</a>

 

 

Backlink Nofollow

Backlink berikutnya adalah jenis nofollow. Backlink ini tidak akan di index oleh mesin pencari namun masih didata sebagai sebuah backlink


Pengaruhnya terhadap website juga tidak terlalu banyak namun kalaupun backlink ini ada juga tidak apa karena masih memberikan score kepercayaan. 

 

Misalnya jika backlink dofollow berasal dari webstie besar, walaupun tidak di-index namun akan memberikan kepercayaan kalau artikel kita bagus.


Berikut adalah cara pemasangan acnhor text backlink nofollow

<a href="https://www.ladangtekno.com/" rel="nofollow">text link</a>

 

perbedaanya dengan backlink dofollow hanya pada penambahan atribut rel="nofollow".

 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia 

 

 

 

Berdasarkan Sumbernya

Guest Post Backlink

Backlink ini biasanya berasal dari aktitivas yang kita lakukan ketika menulis postingan dihalaman sebuah website dan menajdikan halaman website kita sendiri sebagai sumber artikelnya.


Sehingga dengan cara ini kita bisa menaruh link di website tersebut. Ini adalah salah satu backlink yang berkualitas karena kita sendiri yang menentukan artikel apa yang akan ditulis dan juga menentukan spesifikasi websitenya


Editorial Backlink

Backlink ini berasalah dari website yang menjadikan website kita sebagai acuan ketika mereka menulis artikel.


Ini sama seperti kita melakukan sitasi ketika menulis artikel ilmiah. backlink seperti ini kualitasnya tergantung orang yang membuat artikel.


Comment Backlink

Backlink ini berasal dari komentar pada sebuah postingan website yang disertakan dengan link. 

 

Harus berhati-hati ketika membuat backlink dari komentar karena bisa dianggap spam jika komentar dan link yang ditaruh tidak sesuai dengan isi dari artikel


Profile Backlink

Backlink yang kita dapatkan ketika membuat profile pada sebuah website yang mengijinkan untuk menaruh link. Biasanya bisa berasal dari media sosial, website sekolah, atau pembuatan akun tertentu lainnya





Manfaat Backlink


Menaikan Kredibilitas Website

Semakin banyak orang yang melakukan sitasi atau menggunakan website kita sebagai acuan dengan mencantumkan backlink maka Search Engine akan menganggap webstie kita memiliki kualitas yang bagus 

 

Backlink ini akan bisa membantu meningkatkan posisi website kita di search engine.


Meningkatkan Jangkauan Wesbite

Secara tidak langsung backlink bisa memberikan website lebih banyak trafict atau pengunjung.


Kok bisa?


Ya bisa, misalnya orang yang membaca artikel di website ada backlink ke website kita. Nah ketika orang tersebut ingin mencari informasi lebih lanjut dari artikel yang sedangkan dibaca maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengunjungi backlink yang tercantum di artikel tersebut


Menaikan Peringkat Website di SERP

Adanya banyak backlink dapat membuat website kita memiliki nilai yang lebih tinggi dimata search engine, dengan begitu maka tidak heran website kita akan bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dibandingkan website lain dengan keyword sejenis.


Indexing Search Engine Semakin Cepat

Karena situs kita sudah tersebar dari segi backlink, maka ketika membuat sebuah artikel baru maka website kita secara tidak langsung akan lebih mudah terindex.


Karena biasanya semakin banyak bagian dari website kita (artikel, halaman, dll) sudah terindex oleh search engine maka untuk pengindexan dikemudian hari akan menjadi lebih cepat karena website sudah dipercaya oleh robot mesin pencari


Meningkatkan Value Website

Backlink adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan skor SEO dari website. Misalnya DA dan PA.


DA dan PA ini biasanya sering digunakan sebagai acuan dalam content placement, lomba, ataupun kerjasama blog. 


Maka dari itu backlink bisa menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya tawar blog kita dalam hal content placement, lomba, ataupun kerjasama blog lainnya





Kerugian Backlink

Mungkin banyak yang belum tau kalau backlink itu juga memiliki kerugian jika kalian tidak dengan baik menggunakan atau cara mendapatkannya.

Spam

Yang pertama adalah spam. Spam merupakan aktivitas ketika kita melakukan kegiatan yang diluar batas wajar atau diluar konteks dari postingan.


Biasanya ada beberapa orang yang terlalu bernafsu untuk mencari backlink sehingga membabi buta memasang backlink atau bahkan memasang backlink di website/artikel yang tidak ada hubungannya dengan website kita.


Mencari backlink dengan cara ini bisa membuat spam score dari website kita meningkaat dan kemudian bisa membuat website kita mendapatkan penilaian buruk dari search engine.


Secara tidak langsung hal ini bisa membuat website kalian turun peringkat dari search engine bahkan bisa saja di blok dari search engine.


Dapat Disalahgunakan

Asal kalian tahu saja, semua orang dapat menggunakan domain orang lain untuk membuat backlink. Jadi bisa saja ada orang iseng yang menggunakan domain kita untuk membuat backlink ditempat yang tidak seharusnya.


Misalnya domain kita digunakan untuk membuat backlink secara spam di website dengan rating rendah. Secara tidak langsung maka website kita akan kena dampaknya.


Salah satunya adalah skor SEO website kita akan ikut turun apalagi kalau website kita masih kecil. Kalau website yang sudah besar memang tidak akan terlalu kena dampatknya.





Cara Mendapatkan Backlink

Nah, setelah meengetahui beberapa seluk beluk dari backlink. Sekarang Mintek mau ngasi informasi nih mengenai bagaimana mendapatkan backlink. oke yuk langsung cuss aja

Buat Artikel Menarik dan Berguna

Cara yang paling dasar untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat artikel yang berguna bagi orang lain.


Salah satu caranya adalah dengan melakukan riset keyword, misalnya dengan menggunakan Google Keyword Planner.


Namun selain berguna, artikel yang kita buat juga harus menarik untuk dibaca. Misalnya dengan memperhatikan cara penulisan agar tidak terlalu menoton maupun tidak terlau bertele-tele sehingga orang akan bisa membaca tulisan sampai selesai


Orang yang membaca tulisan kita ini bisa saja menggunakan tulisan kita untuk menunjang website maupun artikel yang akan mereka buat atau bisa saja link website kita di-share ke forum.


Maka dapatlah kalian backlink dengan cara organik. Jadi backlink organik ini kita tidak perlu susah-susah untuk membuat backlink sendiri karena pembaca yang suka dengan artikel kita buat akan secara langsung membagikan atau mencantumkan link kita.


Content Placement atau Guest Post

Cara selanjutnya nih dengan menggunakan content placement. Nah biasanya ada orang yang menawarkan untuk menulis artikel di blog mereka. ada yang biasanya berbayar ada yang bisa gratis jadi tergantung yang punya blog ya.


Jadi ketika menaruk artikel di blog orang maka kita bisa mencantumkan link blog kita sebagai referensi sehingga dapat menghasilkan backlink.


Ketika menggunakan content placement untuk mencari backlink, pastikan kalian mendapatkan tempat menaruh backlink yang sesuai isinya dengan website atau artikel kalian ya, sehingga search engine tidak akan menganggap spam


Media Sosial

Beberpaa media sosial memang sekarang sudah melarang menaruh backlink dalam website mereke. Misalnya instagram yang sekarang sudah tidak bisa menaruk link di postingan ataupun Facebook dan Twitter yang backlinknya sudah menjadi noffollow


Namun, kalian bisa mencoba dengan mencari media sosial baru atau yang baru muncul untuk menempatkan backlink. Cara ini memang sedikit memakan usaha namun biasanya media sosial memiliki rating yang cukup bagus di Mesin Pencari


Berkomentari di Website Orang lain atau Blogwalking

Ketika kalian sedang browsing, biasanya ada beberapa wesbite yang mengijinkan untuk menuliskan komentar dengan link, nah kalian bisa menggunakan hal ini untuk membuat backlink.


Tentunya dengan berkomentar sesuai dengan isi artikel dan link yang kalain cantumkan juga tidak keluar dari topik artikel. Selain itu jangan melakukan spam komentar juga karena tidak baik untuk blog kalian.


Forum Diskusi

Cara yang berikutnya bisa dengan ikut berkomentar di forum diskusi. Kalian bisa mencari forum-forum yang isinya sesuai dengan artikel di website kalian.


Ketika kalian menemukan pemabahsan yang sesuai kalian bisa melakukan komentar dan secara halus menanamkan link ke artikel di website kalian yang masih berkaitan dengan pemabahasan.


Yang pasti jangan melakukan spam link di forum karena kalian bisa aja kena banned.


Membuat Profile Account

Salah satu cara lain mendapatkan backlink adalah dengan membuat akun. Biasanya ada beberapa website yang mengijinkan akun yang dibuat menggunakan link didalamnya. Ini bisa menjadi salah satu sumber backlink yang disebut dengan profile backlink





Penutup

Dari pembahasan mintek diatas kalian tentunya sudah paham kan bahwa backlink itu sekarang masih penting dan masih sering digunakan untuk meningkatkan performa website.


Namun patut diperhatikan juga kalau dalam membuat backlink itu kalian harus berhati-hati karena backlink itu selain bisa meningkatkan SEO dari website kalian kalau sampai salah malah bisa menurunkan SEO dan rating website kalian di Search Engine.



Itulah pembahasan mintek mengenai "Backlink : Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara mendapatkan" semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian ya.


Jangan lupa klik tombol follow di blog Ladangtekno ya, Jangan lupa juga kunjungi akun sosial media ladangtekno lainnya di 

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon