Saturday, July 13, 2019

SEJARAH GOOGLE DARI DULU SAMPAI SEKARANG


google
Google

SEJARAH PERUSAHAAN GOOGLE DARI DULU SAMPAI SEKARANG

Hai sobat ladangtekno,

Google merupakan nama yang sungguh sungguh sungguh sangat tidak asing bagi sebagian besar orang di gunia ini, yaps apapun yang ingin kita cari coba tanyakan Google, yap sebenarnya bisnis Google tidak hanya pada layanan search engin tapi juga pada layanan lain seperti OS Android dan Chrome OS, Browser Google Chrome, Video Streaming Youtube dan masih banyak lagi lainnya.

Google memerlukan perjalanan yang sangat panjang untuk mencapai keadaan seperti sekarang ini, lalu bagaimanakah perjalanan Google dari sebuah perusahaan kecil menjadi perusahaan raksasa seperti sekarang ini, berikut adalah kisah sukses Google dalam menjalankan bisnisnya.

Google berawal dari sebauh mesin pencarian BackRub yang dibuat oleh oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996 saat mereka masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Stanford Univesity. Nama BackRub berasal dari sebuah algoritma yang bisa memberikan peringkat kepada sebuah halaman berdasarkan seberapa banyak backlink yang dimiliki oleh halaman tersebur, jadi semakin banyak backlink yang ada makan halaman tersebut akan semakin tinggi peringkatnya.

Sergey Brin
Sergey Brin

Larry Page
Larry Page


BackRub dikerjakan di server Standford University selama kurang lebih satu tahun. Pada tahun 1997 Larry Page dan Sergey Brin mengubah nama BackRub menjadi Googol yaitu sebuah istilah dalam matematika untuk angka 1 yang diikuti dengan 100 angkat 0 dibelakangnya, nama ini digunakan sebagai penjelasan misi Google yang ingin menjadi gudang informasi yang tidak terbatas di Internet. Namu pada saat mencari pendanaan, ivestor salah menuliskan nama Googol pada CEK sehingga nama Googol yang seharusnya menjadi nama mesin pencari tersebut ditulis Google di dalam CEK hal itu akhirnya membuat Sergey Brin dan Lary Page harus menggunakan nama Google sebagi nama mesin pencari yang mereka ciptakan. Nama domain Google.com akhirnya mulai didaftarkan pada tanggal 15 September 1997

Tahun 1998 Larry Page meluncurkan sebuah buletin yang diberi nama Google Friends Newsletter atau yang lebih dikenal dengan nama Google +. Google + saaa ini sudah ditutup tertanggal mulai dari 2 April 2019. Pada bulan agustus di tahun 1998. Google sempat di demonstrasikan di hadapan Andy Bechtolsheim di kediaman salah satu seorang dosen di Stanford, dan akrhinya Google berhasil mendapat pendanaan sebesar USD 100.000 dari Andy Bechtolsheim. Google secara resmi berdiri pada 4 September 1998. Kantor pertama Google memang sangat sederhana yaitu sebuah Garasi di Menlo Park, California dan pada tahun 1999 Google berpindah ke Palo Alto dengan mebawa 9 orang karyawan di perusahaan tersebut.

Sergery Brin dan Larry Page sebenarnya ingin fokus untuk melanjutkan kuliah Ph. D mereka di standford dan pernah berupaya untuk menjual perusahaan tersebut ke beberapa perusahaan, namun selalu mendapatkan penolakan sampai Yahoo juga pernah memberikan penolakan terhadap penawaran perusahaan tersebut.

Salah satu pendapatan terbesar Goolge berasal dari layanan AdWords. Google menciptakan layanan tersebut dengan menggunakan metode pay per click dan memanfaatkan pendapatan dari pihak ketiga yang memasang iklan di layanan pencaharian mereka.

Tahun 2002 Google kembali mencoba menjalin komunikasi dengan Yahoo!, namun kembali, Google menadapatkan penolakan dari Yahoo!, karena pada saat ituYahoo! memang sudah merupakan perusahaan yang besar namun Google dianggap oleh Yahoo! sebagai sebuah saingan dan saat ini Yahoo! sudah kehilangan masa jayanya dan sudah dikalahkan oleh pesaing yang pernah mereka tolak yaitu Google.

Tahun 2003 Google meluncurkan layanan periklanan yang diberi nama Google AdSense setelah mengakuisisi Pyra Labs, Google juga merilis Google Grants pada tahun 2003 yang merukana layanan sejenis AdWords nirlaba

Tahun 2004 Google meluncurkan Gmail yang merupakan layanan e-mail kemudian pada tahun yang sama Google mengakuisisi Picasa. Google meluncurkan Google.org pada bulan desember 2004 dengan misi membawa teknologi sebagai salah satu pendorong perubahan dunia. Pada tahun ini juga Google mulai melantai di bursa saham.

Tahun 2005 Google mulai merilis aplikasi yang mendukung penggunaan pada layanan mobile seperti Google Maps.

Tahun 2006 Google merilis Google Calendar dan Google Finance, serta mengakusisi sebuah layanan video streaming yang saat ini sangat terkenal yaitu Youtube

Tahun 2007 Google merilis Google Street View  dan mengakuisi Android.

Tahun 2008 Google merilis Google Chrome yaitu aplikasi browser yang saat ini paling banyak digunakan

Tahun 2009 Goole merilis Google Voice

Tahun 2011 sampai dengan tahun 2012 Google merilis Google+ dan Google Drive

Tahun 2012 bulan Mei Google mengakuisisi Motorola Mobility, pada tahun ini pula Google memasang infrastruktur Fiber Optik untuk mendukung layanan Google Optik.

Tahun 2015 Google mengumumkan pembentukan perusahaan baru bernama Alphabet, perusahaan Aphabet ini akan menjadi perusahaan induk yang dulunya berada dibawah Google, seperti Youtube dan termasuk Google juga saat ini berada dibawah Alphabet, hal ini untuk memisahkan bisnis-bisnis yang miliki agar tidak tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya. Setelah proses restrukturisasi tersebut Larry Page menjabat sebagai CEO Alphabet sedangkan Sergey Brin menjabat sebagai president Google dan Erict Schmidt sebagai Executive Chairman sedangkan posisi CEO Google dijabat oleh Sundar Pichai

Erict Schmidt
Erict Schmidt
Sundar Pichai
Sundar Pichai
Perjalanan yang memang sangat panjang sekali untuk sebuah perusahaan yang sekarang ini menjadi salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi. silahkan comement dibawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

LINK TERKAIT

Tags:
Ladangtekno
google
sejarah google


EmoticonEmoticon