Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya

Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
sumber: pixabay.com


Backlink Checker Gratis Bing Webmaster Tools merupakah salah satu fitur yang disediakan oleh Bing Webmaster Tools untuk melakukan pengecekan backlink di website yang kalian inginkan.


Apa itu Bing Webmaster Tools

Mungkin beberapa dari kalian masih pada bingung dengan Bing Web Master Tools itu apa?, nah Mintek jelasin singkat aja ya, jadi Bing Webmaster Tools ini adalah aplikasi atau website yang menyediakan layanan analytics dan webmaster untuk website.


Kalau kalian menggunakan Google pasting sudah tidak asing dengan yang namanya Google Search Console atau yang dulu sering disebut dengan Google Webmaster bukan?


Nah Bing Webmaster Tools ini merupakan alat yang sama dengan Google Search Console dan fungsinya pun mirib. Hanya saja bing ini fokusnya menganalisis website di search engine Bing. tentu kalian sudah tau dong Bing itu punya perusahaan mana?, yaps benar Microsoft.



Ok, kembali lagi ke topik awal, kita akan membahas mengenai backlink checker yang ada di Bing Webmaster.


Fitur ini menurut saya sangat berguna sekali. apalagi ketika kita ingin mencari backlink namun tidak menemukan dimana kita harus menanam backlink. Dengan menggunakan fitur backlink scanner milik Bing Webmaster ini kita bisa mendapatkan saran backlink yang bisa kita gunakan untuk menanam link website kita.


Biasanya fitur seperti ini berbayar di beberapa penyedia layanan webmaster, kalaupun ada yang gratis itupun sangat sedikit sekali fitur yang bisa digunakan, sedangkan di Bing Webmaster fitur ini bisa kalian gunakan secara gratis. walaupun memang tidak akan selengkap di layanan yang berbayar namun disini list yang kalian bisa dapatkan cukup banyak.



Ok sekarang langsung saja kita akan menuju ke tutorialnya.


Login dan Submit Website ke Bing Webmaster Tools

Slahkan login dulu ke websitenya bing.com/webmasters, kalian bsia login dengan menggunakan akun Microsoft, Facebook atau Google.

login - Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
Login

Jika kalian sudah menggunakan Search Console sebelumnya lebih baik login mengginakan akun Google saja, karena kalian bisa mengimport setingan di Search Console ke Bing Webmaster. Jadi tidak perlu repot lagi untuk submit ulang web kalian.


Namun jika ingin dengan cara manual kalian juga bisa meggunakan akun Microsoft atau Facebook, nanti kalian akan langsung dipandu untuk submit dan verifikasi website kalian.

 

 

Backlink Checker Gratis dari Bing

Sekarang kita langsung menuju ke pembahasan utama yaitu menggunkan menu backlink checker gratis dari Bing Webmaster Tools. Silahkan masuk ke halaman dashboard Bing Webmaste.


Pada sidebar silahkan pilih SEO lalu pilih Backlink

Siderbar - Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
Siderbar

Di backlink silahkan pili similiar site. Tampilannya akan seperti dibawah ini.

Similiar Sites- Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
Similiar

Silahkan klik add site to compare untuk menambahkan site baru yang akan kalian cari referensi backlinknya. misalnya kita coba saja dengan menggunakan website terkenal sepertik tekno kompas. Silahkan masukan linknya pada kolom yang disediakan dan tekan enter atau klik add.

add new site - Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
add new site

Maka kalian akan mendapatkan backlink yang berasal dari domain tekno.kompas.com seperti dibawah ini. tentunya tidak semua backlink bisa kalian pakai karena ada yang terkunci, nah kalian bisa mencoba-coba untuk mencari backlink mana yang bisa kalian gunakan.

Referensi Backlink - Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
Referensi Backlink

Untuk melihat report atau laporan backlink yang lebih detail silahkan klik view detail report. nah kalian bisa melihat lebih  detail link mana saja yang dijadikan backlink oleh kompas teknno.

Detail Referensi Backlink - Backlink Checker Gratis dari Bing - Begini Cara Menggunakannya
Detail Referensi Backlink


Dengan begini kalian bisa langsung melihat link artikel tempat kompas tekno menanam backlink atau bisa saja backlink ini memang karena ada orang yang mengambil referensi dari kompas tekno untuk membuat konten mereka.



Nah, itulah fitur backlink checker yang bisa kalain gunakan untuk mengetahui backlink pesaing web kalian atau untuk mencari referensi backlink baru.


Selain fitur diatas, ada juga fitur lainnya yang bisa kalian gunakan di Bing Webmaster. Berikut ini adalah beberapa fitur lainnya yang bisa kalina gunakan di Bing Webmaster.


URL Submission

Seperti biasa fitur ini dapat digunakan untuk mengirim URL ke bing webmaster aga bisa dimasukan kedalam proiritas indexing, jadi dengan menggunakan fitur ini maka artikela atau web kalian akan menjadi lebih mudah di index oleh bing webmaster


Disavow Link

Fitur ini bisa diakses melalui Siderbar SEO - Backlink kemudian pilih disavow link.

 

Fitur ini digunakan untuk melakukan deindex link, tujuan dari melakukan edindex link adalah menghilangkan link yang kurang sehat diwebsite kita atau di backlink yang mengarah ke website kita.

 

Karena link dari web yang kurang sehat akan mempengaruhi performa dari website sehingga dapat menurunkan peringkat website di search engine.

 

Keyword Research

Ini adalah fitur berikutnya yang cukup berguna bagi para blogger karena riset kata kunci atau keyword itu penting sekali untuk mencegah kita membuat artikel dengan keyword yang tidak ada pengunjungnya.

 

Kalian bisa mengakses fitur ini lewat Sidebar SEO - Keyword Research

 

SEO Reports

kalian bisa menggunkan fitur ini untuk melihat kondisi dari website kalian. Misalnya ketika ada error atau sesuatu yang salah dari SEO website kalian maka akan ditampilkan dihalaman ini.

 

Kalian bisa mengetahui apa yang salah dan linknya dimana sehingga ini akan sangat membantu untuk memperbaiki permasalahannya. Kalian dapat mengakses fitur ini Lewat Sidebar SEO - SEO Reports

 

Site Scan

Fitur ini sebenarnya sama saja dengan SEO Reports, hanya saja kalian bisa melakukan scanning sesuai dengan kebutuhan kalian. jadi tidak harus menscan keseluruhan halaman website


Misalnya ingin menscan halaman atau artikel khusus, kalian bisa menscan artikel itu saja tanpa harus menscan keseluruhan artikel yang ada, jadi tidak akan lama menunggu untuk mendapatkan hasilanya.



Sebenarnya masih ada banyak fitur lainnya yang bisa kalian gunakan di Bing Webmaster, Tapi menurut saya yang diatas ada beberapa fitur yang patut kalian coba apalagi jika kalian bekerja sebagai webmaster atau bloger.


Mungkin segitu aja artikel saya kali ini mengenai Backlink Checker Gratis dari Bing, semoga bisa bermanfaat buat kalian dan gunakan dengan bijak ya tutorialnya.


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno untuk mendapatkan informasi dan tutorial mengenai dunia teknologi

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon