KEGIATAN MANAJEMEN - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

KEGIATAN MANAJEMEN

 

 

Di materi sebelumnya kita sudah membahas mengenai  Konsep Dasar Sistem Informasi. Pada pembahasan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan materi dari buku Analisis dan Desain Sistem Informasi dari Jogiyanti.


Materi yang akan dibahas kali ini adalah Kegiatan Manajemen.





KEGIATAN MANAJEMEN



Kegiatan manajemen terdiri dari 3 tingkatan yaitu tingkat atas, menengah dan bawah yang memerlukan informasi yang berbeda pada tiap tingkatan. 

 

Kegiatan manajemen untuk masaing-masing tingkatan dapat dikategorikan sebagai berikut.


1)    Perencanaan Strategi (Strategic Planning)

Perencanaan strategi merupakan kegiatan manajemen tingkat atas. Frederick H. Wu mendefinisikan perencanaan strategi sebagai berikut:

Perencanaan Strategi adalah proses evaluasi lingkungan luar organisasi, penetapan tujuan (goal) organisasi dan penentuan strategi-strategi. 

Perencanaan strategi meliputi hal-hal sebagai berikut.

  • Proses evaluasi lingkungan luar organisasi: Lingkungan luar organisasi yang berubah-ubah harus dapat dimanfaatkan oleh manajemen tingkat atas agar tidak merugikan organisasi.
  • Penetapan tujuan: Tujuan adalah apa yang ingin dicapai oleh organisasi dalam jangka panjang.
  • Penentuan strategi: Manajemen tingkat atas menentukan tindakan-tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan-tujuannya.


Baca Juga



2)    Pengendalian Manajemen

Pengendalian manajemen adalah proses untuk meyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan dengan efektif dan efisien. 

 

Pengendalian manajemen merupakan tingkatan taktik, yang terdiri dari komunikasi informal seperti memo, pertemuan-pertemuan, berdiskusi serta komunikasi formal seperti pemrograman, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, serta pelaporan dan analisis.



3)    Pengendalian Operasi

Pengendalian operasi adalah proses untuk meyakinkan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. 

 

Pengendalian operasi merupakan proses penerapan program yang telah ditetapkan di pengendalian manajemen yang menjeurus ke hal-hal yang bersifat operasional.


 

Sekian dulu pembahasan mengenai Kegiatan Manajemen, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon