KONSEP DASAR INFORMASI - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

Siklus Informasi

 

 

Sebelum dari buku Analisis dan Desain Sistem Informasi dari Jogiyanto kita sudah membahas mengenai Konsep Dasar Sistem.


Pada artikel kali ini kita akan memebahas mengenai Konsep Dasar dar Informasi.




KONSEP DASAR INFORMASI

 

Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal datum atau data-item. 

 

Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu. 

 

Di dalam dunia bisnis, kejadian-kejadian nyata yang sering terjadi adalah perubahan dari suatu nilai yang disebut dengan transaksi.


Siklus Informasi

Data merupakan bentuk yang masih mentah yang belum memiliki makna sehingga perlu diolah lebih lanjut melalui suatu model untuk menghasilkan informasi. 

 

Data membentuk suatu siklus yang digambarkan seperti gambar berikut.

Gambar 1 Siklus Informasi
Gambar 1 Siklus Informasi

Gambar 1 menggambarkan bahwa penerima menerima suatu informasi, kemudian membuat suatu keputusan dan melakukan tindakan, yang berarti menghasilkan suatu tindakan yang lain yang akan membuat sejumlah data kembali.



Kualitas Informasi

John Burch dan Gary Grudnitski menggambarkan kualitas dari suatu informasi (quality of information) dengan membentuk bangunan yang terdiri dari tiga hal, yaitu informasi harus akurat (accurate) yang berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan. 

 

Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya, tepat waktu (timeliness) artinya informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. 

 

Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi karena informasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan dan relevan (relevance) berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda.



Nilai Informasi

Nilai dari suatu informasi ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkanya. Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih penting dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. 

 

Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost-benefit.

 

 

Sekian dulu pembahasan mengenai Konsep Dasar Sistem, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon