Friday, December 20, 2019

Tutorial Menyembunyikan Tanggal Postingan di Blog dan Search Engine

Menyembunyikan Tanggal Postingan di Blogger. Foto: Yudha
Menyembunyikan Tanggal Postingan di Blogger. Foto: Yudha

Tutorial Menyembunyikan Tanggal Postingan di Blog dan Search Engine


Ladangtekno,- Ada beberapa kategori jenis postingan yang ada di sebuah blog. kategori tersebut dapat dibagi-bagi menjadi beberapa bagian ada yang berdasarkan jenis artikelnya, ada yang berdasarkan jenis waktunya dapat dipakainya dan lainnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai tentang artikel yang berkaitan dengan waktu postingan, ada beberapa jenis artikel yang memang sangat diperlukan penampilan waktu posting artikel tersebut di search engine, misalnya artikel berita.

Berita merupakan bacaan yang update dan sangat jarang artikel berita dikunjungi berulang-ulang, biasanya orang hanya akan membaca berita untuk mendapatkan informasinya dan selesai, maka dari itu artikel berita memerlukan penampilan tanggal kapan artikel kalian diposting untuk memberikan tanda bahwa artikel sobat merupakan artikel terbaru.

Berbeda dengan blog yang memiliki artikel yang dapat dikunjungi berulang-ulang, misalnya blog yang artikelnya membahas mengenai tutorial.

Artikel tutorial ini memiliki kesempatan yang besar untuk dikunjungi berkali-kali bahkan jika sudah diposting bertahun-tahun lamanya, bahkan artikel seperti tutorial ini dapat di Bookmark linknya oleh seseorang karena dianggap berguna dan orang tersebut kemungkinan akan berkunjung secara berulang-ulang ke artikel kalian

Buruknya, ketika kalian menampilkan tanggal dalam artikel jenis ini (tutorial) maka artikel yang akan dikunjungi adalah artikel terbaru. Misalnya kalian posting mengenai cara upload gambar ke Blogger pada tahun 2015 dan ternyata sampai 2019 tutorial kalian masih dapat digunakan karena cara upload gambar ke Blogger, namun bagi pencari, tentu akan mencari artikel yang lebih baru, misal ada yang membuat artikel yang mirib dengan punya kalian yang di unggah pada tahun 2019.

Maka artikel yang diunggah pada tahun 2019 ini akan mendapatkan daya tarik yang lebih tinggi di search engine karena tutorialnya dianggap lebih baru dan lebih relevan di tahun 2019 padahal artikel yang kalian buat pada tahun 2015 masih relevan juga digunakan pada tahun 2019 karena cara upload gambar ke Blogger masih sama dari 2015 sampai 2019.

Maka dari itu beberapa jenis artikel memang perlu tanggal postingannya untuk disembunyikan, jadi sebelum kalian menyembunyikan tanggal postingan artikel kalian pastikan dulu jenis blog kalian dan artikel yang kalian tulis agar tidak menjadi boomerang untuk blog kalian nantinya.

Nah sekarang kita langsung masuk ke tutorial untuk menyembunyikan tanggal postingan di blog kalian, untuk kali ini kita menggunakan Blogger.

Tutorial Menyembunyikan Tanggal Postingan di Blogger

  • Silahakan Login/Masuk ke Akun Blogger kalian, Kemudian pilih menu Tata Letak
  • Di menu Tata Letak, silahkan pilih tulisan edit di Main Post/Postingan/Post Utama

Menyembunyikan tanggal posting artikel di blogger
  • Menyembunyikan tanggal posting artikel di blogger. Foto: Yudha

  • Kalian akan ditampilkan pop-up settingan dari Main Post/Postingan/Post Utama, silahkan hilangkan centang pada bagian waktu postingan, atau seperti gambar dibawah ini

Menyembunyikan tanggal posting artikel di blogger
  • Menyembunyikan tanggal posting artikel di blogger. Foto: Yudha


  • Jika sudah, Silahkan Scroll kebawah dan cari tombol simpan, silahkan simpan setting yang sudah dilakukan.
Biasanya, setting ini tidak akan langsung tampil di semua postingan, ada beberapa postingan yang mungkin akan memerlukan waktu ketika akan ditampilkan tanpa tanggal di search engine. silahkan tunggu saja prosessnya.

Sekian dari saya, terimakasih sudah membaca postingan di Ladangtekno, semoga bermanfaat.


Tutorial Blogger Lainnya


EmoticonEmoticon