Wednesday, December 25, 2019

Apa itu Bookmark

Apa yang Dimaksud Bookmark
Apa yang Dimaksud Bookmark

Ladangtekno,-Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata Bookmark kan???, kata bookmark biasanya kita dengan berhubungan dengan browser kan.

Ketika kita melakukan browsing, dan menemukan sebuah halaman web yang isinya bagus dan menanyakan bagaimana cara menyimpan halaman web tersebut, maka akan disuruh bookmark aja 
dulu

Tapi kalian pernah memikirkan gak sih, bookmark itu apa???

Kalau diterjemahkan langsung dari bahasa inggris melalui google translate, bookmark ini memiliki arti "Penunjuk Halaman Buku", artinya kalau dijabarkan secara lebih jelas bookmark ini akan memberikan tanda pada sebuah halaman buku tertentu, misalnya ada hal yang kita perlukan dalam halaman tersebut atau memang halaman tersebut menarik.


Sedangkan dalam kondisi di halaman website, bookmark itu memiliki pengertian

Sebuah penanda yang digunakan untuk menandai halaman website, baik itu karena halaman tersebut menarik atau karena ada hal penting dalam halaman website tersebut, sehingga akan dikunjungi lagi di kemudian hari

Fitur bookmark ini di sebuah browser memiliki bentuk seperti sebuah list daftar pustaka atau kalau di buku bisa dikaitkan dengan daftar isi. sebenarnya tidak ada bedanya antara pengertian secara konvensional maupun digital karena sama-sama akan digunakan sebagai penunjuk halaman baik website maupun halaman buku.

Jadi kata bookmark ini bukan hanya boleh digunakan di dalam browser saja, tetapi juga dalam hal lain seperti catatan dan buku bacaan tadi yang sudah disebutkan diatas.


Kita juga sering mendengar yang namanya social bookmarking kan. Social bookmarking ini juga sama artinya untuk menandai halaman web yang dianggap penting atau berguna. artinya dalam melakukan bookmarking ini kita tidak mengambil isi dari sebuah halaman tersebut (file tidak di download atau pada buku kertasnya tidak di robek dari buku/dicopy) tetapi hanya mengambil penunjuk ke halaman tersebut (kalau di halaman website berupa link kalau di buku bisa berupa label)

Sekarang sudah tau kan apa yang dimaksud dengan bookmark, nah mungkin sekarang segitu aja dlu postingan dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua, terimakasih sudah berkunjung, abis dari sini silahkan mampir ke artikel lainnya hehe :)


EmoticonEmoticon