Monday, September 2, 2019

SEJARAH BERDIRINYA PERUSAHAAN ACER HINGA SAAT INI

logo acer

SEJARAH BERDIRINYA PERUSAHAAN ACER HINGA SAAT INI


Hai Sobat Ladangtekno
Sudah lama rasanya tidak menulis artikel mengenai sejarah sebuah perusahaan, nah sekarang saya akan kembali dengan artikel tentang sejarah perusahaan. sempat paling untuk menulis artikel yang seperti apa tapi sudah ditemukan sekarang saya akan menulis mengenai sejarah perussahaan laptop yang sudah lama sekali menemani saya dalam menjalankan Hidup yaitu Perusahaan Acer. Laptop ini sudah menemani perjalanan hidup saya sejak SMP dan sampai saat ini sudah kuliah laptop ini masih dapat digunakan dengan sangat baik sekali, bahkan performanya masih cukup lumayan untuk ukuran laptop yang sudah tua hehe...

Nah, bagi sobat yang tidak tau. Acer merupakan Sebuah perusahaan teknologi yang bergerak dibidang pembuatan PC, Monitor, Server dan HP dan lain sebagainya. Di Indonesia nama Acer sering diplesetkan menjadi Awas Cepat Rusak, entah darimana datangnya wkwkw. Akan Tetapi selama saya menggunakan Laptop ini, ternyata tidak seperti yang dibicarakan orang-orang yaitu awas cepat rusak, karena menurut saya daya tahan laptop ini sama saja dengan yang lainnya.

Acer pertamakali didirikan oleh Stan Shih di Taiwan tepatnya di kota Hsinchu pada tahun 1976 dengan modal awal sebasar USD 25000 (pada masa itu), Acer saat pertama kali berdiri hanya memiliki karyawan sebanyak 11 orang saja. Awalnya perusahaan ini menggunakan nama Multitech sebagai nama perusahaan. Pada saat itu perusahaan masih berfokus pada bidang penjualan teknologi Microprocessor. Microprocessor-I menjadi produk pertama yang dibuat Acer (Multitech) pada tahun 1979 dan dalam 3 tahun kemudian (1981) Acer (Multitech) berhasil membuat Microprocessor-II.

Tahun 1977 Acer yang masih bernama Multitech saat itu berhasil membuka cabang perusahaan mereka di luar Negeri yaitu di Amerika Serikat. Tahun 1984 Acer juga membuat kantor cabang di Negara Asia yaitu Jepang dan pada tahun 1985 Acer merambah pasa Eropa dengan membuka kantor cabang mereka di Jerman.

Tahun 1987, barulah perusahaan yang awalnya bernama Multitech berganti nama menjadi Acer seiring dengan globalisasi dan pengembangan bisnis dari Acer yang mulai merambah industri Personal Computer (PC). Kantor Pusat Acer berubah menjadi di Xinzhi, Taipei, Taiwan.

Pada Tahun 1995, Acer mengeluarkan PC multimedia mereka yang berada di bawah seri Acer Aspire. Tahun 1998 Acer menjadi sposor Asian Game ke-13 yaitu sebagai Official Partner dalam pelayanan IT di Asian Games dan pada ajang ini Acer memperkenalkan sistem manajemen untuk acara olahraga besar bertaraf internasional pertama di dunia  yang berbasiskan PC.
Acer juga melakukan akusisi pada beberapa perusahaan asing, misalnya pada tahun 1997 Acer melakukan akusisi terhadap perusahaan Texas Instrument Notebook.

Tahun 2002 acer mengeluarkan produk mereka yang berupa PC tablet 2 in 1 pertama di dunia yang disebut dengannama Acer  TravelMate. Kemudian Acer juga mengeluarkan notebook dengan bahan carbon-fiber pertama di dunia yang diberina nama Acer Ferrari 4000. pada tahun ini acer berhasil membukukan pendapatan sebesar USD 12.9 Milliar.

Tahun 2005 Acer menjadi penjula notebook dengan peringkat nomor 1 (satu) di Eropa, Timur Tengan dan Afrika

Tahun 2006 Acer menjadi Sponsor resmi dari klub balap formula 1 yaitu Ferrari di ajang balapan Formula 1

Tahun 2007 Acer diberikan Predikat dalam bidang Notebook terbaik ke-2 di dunia, Tahun 2009 Acer diberikan predikat dalam bidang PC terbaik ke-2 di dunia. Tahun 2007 Acer juga melakukan akuisisi pada perusahan Gateway.Inc dan Packard Bell. Selain itu Acer juga mengakuisisi merk dagang seperi eMachines.

Tahun 2009 Acer mengeluarkan notebook yang diberi nama Acer Aspire Timeline. Tahun 2010 Acer menjadi Official Pertner dalam acara Olimpiade musim dingin sebagai penyedia komputer. Olimpiade tersebut diadakan di Vancouver, Canada 
Tahun 2012, Acer membuat sebuah laptop yang menjadi ultrabook dengan desain tertipis di dunia pada saat itu. Laptop ini diberi nama Acer Aspire S5. Tahun 2012 Acer berhasil menjadi official partner dalam ajang Olimpiade 2012 yang diadakan di London.

Tahun 2013 layanan AcerCloud App mulai mendukung sistem operasi Windows iOS dan Android. Pada tahun ini pula, Acer bertansformasi menjadi peerusahaan yang mengusung  konsep Build Your Own Cloud (BYOC) yang akan membawa Acer menjadi perusahaan Perangkat Keras + Perangkat Lunak + Layanan

Tahun 2014 Acer terdaftar di index Dowjines dan Global MSCI. Pada tahun ini pulaAcer mendapatkan penghargaan Emas sebagai merk Asia yang paling dipercaya dalam kategori Consumer Electonic

Tahun 2015 Acer mendemonstrasikan Kabapilitas Perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan mereka dengan cara mengembangkan sistem tiket online. Acer juga memperkenalkan Seri Gaming Predator mereka yang baru yaitu Desktop, Notebook, Tablet  dan Monitor. Acer menjadi perusahan pertama yang mengeluarkan Laptop dengan OS Chrome dengan ukuran 15.6 inchi sehingga Acer memiliki seri yang lengkap untuk ukuran laptop mulai dari 11 sampai dengan 15 inchi. 
Tahun 2016 Acer meluncurkan program Being Ware  yang membantu untuk memenuhi kebutuhan orang-orang di era Cloud Computing ini dengan keunggulan acer dalam pengembangan perangkat keras, perangkat lunak dan layanan Cloud.

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

Tags:
Acer Laptop
Acer Notebook
Acer Indonesia
Sejarah perusahaan Acer
pt Acer Indonesia
Acer Harga
Acer Indonesia Store
acer berasal dari negara mana


EmoticonEmoticon