Saturday, August 31, 2019

Integrated Development Environment Adalah

ide dan jenis-jenisnya

Hai Sobat Ladangtekno
Integrated Development Environment atau yang sering disingkat IDE merupakan sebuah perangkat lunak yang menyediakan fasilitas untuk pengembangan perangkat lunak lainnya. Sebuah IDE biasanya terdiri dari kode editor, build automation yang dapat mempermudah dalam menulisakan kode dan debugger yang digunakan untuk mengeksekusi program.

IDE diciptakan untuk memudahkan programmer agar tidak kesulitan ketika mengembangkan aplikasi. Berbeda dengan text editor yang dimana kita harus menginstall beberapa plugin atau komponen secara mandiri untuk mendapatkan fungsi tambahan, sedangkan dengan IDE kita dapat langsung semua fitur tersebut tanpa harus melakukan instalasi secara mandiri.


IDE biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari text editor selain itu IDE cenderung akan lebih berat dijalan di sebuah komputer, apalagi komputer tersebut memiliki spesifikasi yang rendah. namun beberapa plugin yang ada di IDE biasanya dapat dimatikan sehingga dapat mengurangi beban kerja yang diberikan IDE kepada komputer sobat.

Ada beberapa IDE yang terkenal yang sering digunakan oleh pengembang untuk mengembangkan program komputernya, nah berikut adalah beberapa contoh dari IDE

Netbeans
Netbeans merupkaan IDE yang sudah terkenal, IDE ini biasanya digunakan untuk pengembangan program WEB dan Desktop, terutama yang terkenal dapat digunakan dalam pengembangan program Java.


Intelijs
IDE ini juga merukan salah satu IDE yang terbaik saat ini, IDE ini bisa digunakan untuk mengembangkan Androi, Web dan Desktop. IDE ini juga merupakan cikal bakal dari Android Studio, yaitu IDE resmi yang dikeluarkan Android.

Android Studio
Merupakan IDE yang dapat digunakan untuk mengembangkan Aplikasi Mobile Android. IDE ini mendukung bahasa Java dan Kotlin. IDE ini dikenal dengan fiturnya yang lengkap namun negatifnya IDE ini juga boros dalam penggunaan sumberdaya PC.


Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

2 komentar

terimakasih bang, semoga kontennya dapat membantu.

siap meluncur


EmoticonEmoticon