Apa itu Text Editor dan Contohnya

text editor


Apa itu Text Editor dan Contohnya


Hai Sobat Ladangtekno
Developer atau Programmer pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Text Editor. Text Editor merupakan sebuah program perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat, mengubah maupaun mengedit sebuah file yang mendukung ekstensi plain text. Text editor dapat juga digunakan untuk melakukan pengeditan kode program dan pembuatan kode Program, tapi dengan adanya IDE yang mempermudah untuk mengembangkan perngkat lunak, maka sebagian orang lebih memilih IDE untuk mengembangkan program yang akan dibuat.

Text Editor memiliki fitur yang bisa dikatakan simple atau bisa dikatakan text editor ini merupakan word processor sederhana. Beberapa text editor sudah dilengkapi dengan fitur tamabahan untuk pemudahan dalam proses pengembangan sebuah program, seperti dukungan plugin, tema dan sebagainya.

Text editor juga baik digunakan ketika sobat ingin mengirim sebuah simple note kepada seseorang namun dalam sebuah file, karena program yang ringan makan tidak akan menyulitkan dan memakan waktu lama untuk membuka program ini.

Ada banyak text editor yang sudah tersedia baik secara gratis maupun memiliki lesensi berbayar. Apa sajakah text editor tersebut?, berikut adalah beberapa text editor yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang dan mungkin tidak asing lagi di telinga sobat.


TEXT EDITOR

Notepad

Siapa yang tidak kenal dengan text editor yang satu ini, text editor ini merupakan text editor bawaan dari Microsoft Windows yang pastinya text editor ini digunakan oleh sobat yang menggunakan sistem operasi Windows. Text editor ini memiliki tampilan dan fungsi yang memang sederhana, dan kegunaan sebagai basic text editor juga sudah terpenuhi.

Notepad ++

Text editor ini merupakan text editor yang dapat di download secara gratis. jika sobat ingin mendownloadnya bisa melalui link notepad-plus-plus.org. Notepad ini memiliki fitur yang lebih lengkap dari Notepad bawaan windows, walaupun tampilannya masih sederhana seperti Notepad bawaan Windows. Sobat sudah bisa menggunakan plugin pada Notepad ini yang nantinya akan membantu sobat dalam melakukan aktivitas programming, ada juga fitur lainnya yang dapat mendukung untuk penggunaan programming seperti auto complete, text coloring dan lain sebagainya.

Sublime Text

Sublime text juga merupakan salah satu editor yang ringan namun memiliki fitur yang mumpuni. Sublime text menyediakan beberapa tema yang dapat digunakan oleh pengguna. plugin, text coloring, auto complete dan berbagai fitur lainnya pasti sudah tersedia di sini.  

Sublime text dapat di download melalui link sublimetext.com namun tidak semua fitur disediakan secara gratis. sobat harus melakukan langganan untuk mendapatkan lisensi yang nantinya akan dapat digunakan untuk mendapatkan fitur yang ada di Sublime text secara penuh.

Visual Studio Code

Menurut saya ini adalah text editor yang paling paling powerfull yang tersedia saat ini, apalagi text editor ini disediakan secara gratis oleh microsoft. ada banyak sekali fitur yang dapat sobat gunakan di VS Code ini seperti integrasi dengan git, debuging, auto complet, install plugin dan masih banyak lagi fitur lainnya.


Jika sobat ingin mendownload VS Code, bisa melalui halaman resmi dari VS Code atau melalui link code.visualstudio.com/Download

Atom

Atom merupakan text editor yang memiliki fitur yang lengkap sama seperi VS Code, namun sayangnya menurut saya Atom ini berat untuk dijalankan di laptop dengan spesifikasi yang kurang, karena pernah saya coba dan terasa lag (belum tau di laptop lainnya)

Jika sobat ingin mendownload Atom bisa klik link atom.io


Mungkin hanya itu text editor yang pernah saya coba, mungkin sobat bisa menambahkannya di komentar jika ingin hehe.

Nah, sekian postingan dari mimin kali yang berjudul Apa itu Text Editor dan Contohnya, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.


Tags:
text editor
text editor online
notepad online
atom text editor
sublime text editor
text editor free
text editor html
css text editor
text editor download
download notepad
download notepad ++

2 komentar:

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon