Thursday, July 4, 2019

SEJARAH AMD DAN JENIS-JENIS PROCESSOR AMD PERUSAHAAN PESAING INTEL

AMD
AMD

SEJARAH AMD PERUSAHAAN PESAING INTEL

Hai sobat ladangtekno

Pada kesempatan kali ini mimin ingin membagikan sejarah dari sebuah perusahaan AMD yang merupakah pesaing berat perusahaan semikonduktor lain saat ini yaitu INTEL, walaupun jarak penguasaan pasar antara dua merk ini sangat jauh sekita 25 AMD berbanding 75 INTEL, nah belakangan ini nama AMD semakin mencuat dengan munculnya seri Ryzen yang merupakan ancaman kuat bagi processor Intel seri core, dengan harga yang terbilang lebih murah dari processor Intel dan harga yang memadai processor AMD cukup menjadi pertimbangan dalam memilih processor, apalagi AMD yang dulu dikenal dengan panasnya sekarang sudah tidak begitu lagi, jadi sekarang panas yang ada di processor AMD sudah terbilang normal dan tidak berlebihan, lalu bagaimana perjalanna AMD sampai bisa melahirkan processor dengan performa yang baik dengan harga terjangkau, mari simak dibawah ini.

Advanced Micro Devices atau yang disingkat AMD merupakan sebuah perusahaan yan bergerak di biang semikonduktor yang memiliki markas pusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Produk-Produk yang dihasilkan AMD termasuk GPU (Graphics Processing Unit), Processor PC, Processor Server, Workstasion, Chipset Motherboard dan Mikroprocessor. 

AMD didirikan pada tahun 1969 dengan mengugnakan modal USD 100.000. dengan modal yang sedemikian banyak AMD berhasil mendirikan pabrik di Sunnyvale, California. dalam rentang waktu satu tahun setelah AMD didirikan AMD berhasil membuat produk pertama mereka dengan nama logic counter Am2501 dan melalui produk ini AMD menjadi perusahaan siap go public/terbuka pada tahun 1972. dan memulai debutnya di dunia saham pada tahun 1972. 

AMD berikutnya berhasil bekerja sama dengn IBM sebagai sumber sekunder untuk memproduksi Mikroprocessor PC INTEL untuk IBM. 

Tahun 1985 Intel menjalin kerjasama dengan ATI dan merancang Kontroller Grafis berserta produk Graphic Board Pertama kali di dunia. 

Tahun 1986 ATI membuat kontrak dengan Commodore Business Machine untuk memberikan pasokan chip sebanyak 7000 setiap minggunya. Tahun 1986 ATI mengeluarkan produk EGA Wonder dan VGA Wonder, Pada tahun yang sama AMD mengakuisisi Monolithic Memories yang artinya AMD masuk ek dalam bisnis logic board yang dapat diprogram.

Tahun 1991 AMD dan ATI menciptakan produk Mikro Am386 dan chip Mach8 yang merupakan sebuah penemuan dari dunia kartu grafis CPU. 

Tahun 1992 AMD merilis Mach32 dan pada tahun yang sama juga terjadi pendirian ATI GMBH di Jerman. 

Tahun 1993 AMD mengeluarkan prduk Am486, pada tahun yang sama AMD bekerjasama dengan Fujitsu dan menciptakan produk flash memory masih dipakai hingga saat ini. 

Tahunn 1994 Mach 64 hadir dan menggantikan Mach8 yang membuat AMD menjadi pemasok processor untuk perushaaan Compac. 

Tahun 1995 AMD mengeluarkan AMD-K5  yang kompatibeln dengan socket x86(32bit) yang dikembangkan oleh Intel. AMD saat itiu memiliki teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan processor buatan Intel yang merupakan pesaingnya yaitu Intel Pentium, dengan menawarkan clock speed hingga 100Mhz. pada tahun yang sama ADM mengeuasai NextGen dan ATI membangun cara perusahaan di Irlandia dan Berhasil merilis kartu grafis 3D pertama di dunia.

Tahun 1997 AMD mengeluakran AMD-K6 yang membuat harga produk komputer menjadi diwbah USD 1000, AMD-K6 menjadi pesaing dari Produk Intel Pentium II. ATI menjadi perusahaan pertama yang memproduksi hardware yang dapat mendukung teknologi DVD. 

Tahun 1998 AMD berhasil menjual Chip AGP sebanyak 10 juta ke  pasaran. Pada tahun 1999 AMD Athlon menjadi perusahaan yang menyuplai Processor Komputasi untuk Microsoft Windows.

Tahun 2000 AMD mengeluarkan produk seri Athlon yang menjadi produk pertama yang dapat memiliki clockspeed sampai dengan 1 GHz. Pada tahun yang sama AMD juga mengeluarkan AMD-K6 II yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya. dengan dukungan fitur 3Dnow!, kemudia juga dirilis AMD K6 III Sharptooth yang memiliki tiga jenis cache yaitu 64KB L1, 256KB L2 dan versi custom dan mendukung cahe hinnga MB L3.

Tahun 2001 AMD merilis Athlon MP yang merupakan processor multi-process pertama yang dimiliki AMD. Teknologi HyperTransport yang ada didalamnya juga digunakan oleh beberapa perusahaan Seperti APPLE, CISCO dan NVDIA.Tahun 2002 ATI RADEON mengeluarkan produk Radeon seri 9700 Pro yang mendukung  Direct X9.

Tahun 2003 sampai dengan tahun 2011 AMD mengeluarkan banyak produk diantaranya. AMD K7 Sempron yang merupakan pesaing Intel Celeron untuk komputer dengan harga renda,, seri K7 ini memiliki komputasi dan cache yang lebih rendah dibanding dengan seri pesaingnya Intel Celeron. Di tahun 2003 AMD memperkenalkan K8 Athlon 64 yang merupakan K7 yang dimodifikasi dengan menggunakan fabrikasi 64bit. processor ini dapat mendukung memory hingga 1 Terabyte. AMD kemudian melakukan pembaharuan dengan mengeluarkankan AMD K8 sempron. AMD kemudian memperkenalkan K8 Athlon 64 X2 yang merupakan versi dual core dengan arsitektur K8, walaupun sudah dual core,  processor tersebut tidak bisa bekerja pada thread yang bersamaan dalam menangani tugas yang sama, akan tetapi ini akan berguna ketika melakukan multitasking. 

Tahun 2005 AMD meirlis K8 Turion dan Turion X2 yang ditunjukan untuk penggunaan mobile, Processor ini menggunkan Arsitektur yang sama dengan K8 desktop tapi dengan konfigruasi penggunaan daya yang lebih rendah.

Tahun 2007 AMD mengeluarkan K10 Quad Core Phenom. seri ini emrupakan seri processor kelas atas dari AMD dengan menggunakan teknologi Quad Core, Processor ini juga menjadi penggai seri Athlon sebelumnye

Tahun 2009 AMD mengeluarkan Phenom 2 dengan fabrikasi 45 nm dengan konsumsi daya yang rendah.  hal ini membuat processor seri ini menjadi memiliki panas yang berlebihan dan banyak orang yang menganggap bahwa processor AMD itu panas.selanjutnya muncul seri Phenom II X2 dan X3. kemudian AMD merilis AMD K10 Athlon II dan Sempron untuk seri low-end. Hadir pula processor seri Phenom II K6 yang memperkenalkan teknologi Turbo Core yang memungkinkan Processor bisa mengingkatkan clock speed hingga 3.7 GHz. AMD K10 Fusion/Liano menghadirkan APU dengan tujuan menghadirkan kinerja CPU dan grafis yang bik.

Tahun 2011 AMD mengeluarkan Bulldozer Zambezi yang merupakan penerus arsitektur K10 yang ditunjukan untuk menyaingi Intel Seri Sandy Bridge. Namun processor ini banyak mendapatkan kritik karena menggunkan daya yang banyak dan dapat menghasilkan panas yang berlebihan. Untuk memperbaiki seri Bulldozer AMD mengeluarkan Piledriver: Trinity, RIchlad dan Vishera.

Tahun 2013 Teknolgi AMD banyak digunakan dalam pembuatan konsol game seperti PS4 dan Xbox 1. Tahun 2014 AMD mengeluarkan Streamroller GCN (Graphics Core Next) APU dengan fabrikasi 28 nm.

Tahun 2017 AMD mengeluarkan sebuah produk yang mengejutkan dunia, yaitu seri Ryzen yang dianggap sebagi tonggak lahirnya kembali AMD. AMD pada tahap Awal merilis seri Ryzen 7 tipe 1800x, 1700x da 1700. pembahasan mengenai processor seri Ryzen akan dibahasa dalam postingan terpisah, jika postingan tersebut sudah selesali bisa di akses melalui link dibah ini:

JENIS-JENIS PROCESSOR AMD RYZEN

AMD VS INTEL, MANA YANG LEBIH BAIK???

nah sekian dulu postingan mimin kali ini semoga bermanfaat, jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi

Terimakasih,

tags:
ladangtekno
amd


EmoticonEmoticon