Thursday, September 5, 2019

Review Provider 3 Indonesia


jaringan 3
Hai Sobat Ladangtekno
Tri Indonesia atau 3 Indonesia merupakan salah satu operator yang saat ini menyediakan jasa jaringan seluler dan internet yang ada di Indonesia. hari ini saya akan mereview provider ini di blog Ladangtekno. Saya menggunakan jaringan 3 ini sudah beberapa tahun belakangan dan bisa dikatakan cukup puas dengan pelayanan 3, nah bagi anda yang ingin menggunakan provider 3 silahkan simak beberapa hal berikut ini untuk lebih tepatnya, karena 3 memiliki jaringan yang terbatas di Indonesia. Pembahasan ini berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan jaringan 3

Kelebihan Provider 3
Paket Murah Kuota Berlimpah
Paket 3 dapat dikatakan yang termurah dari pesaing lainnya. Sobat bisa mendapatkan kuota yang berlimpah dari 3 dengan biaya yang terbilang cukup murah dibanding dengan provider lainnya. Selain itu ada juga yang namanya bonus bonstri yang dapat digunakan atau ditukar dengan kuota, artinya sobat bisa mendapatkan tambahan kuota gratis dari 3.

Kuota Jelas
Maksud dari kuota jelas ini adalah kuota tri tidak dibagi-bagi dengan syarat yang aneh-aneh, paling banter kuota tri dibagi berdasarkan jam dan jaringan saja, misalnya ketika membeli kuota seharga 50 ribu adan mendapatkan kuota 30GB nah kuota tersebut dibagi misalnya 10 GB untuk semua jaringan 10GB lagi untuk semua jaringan namun berlaku dari jam 12.00 - 09.00 dan 10GB lagi untuk jaringan Khusu 4G. ini tentu tidak akan membuat bingung pelanggan karena skema pembagian kuotanya terbilang sederhana. Berbeda dengan beberapa operator yang pernah saya gunakan membagi kuota dengan skema yang sangat susah untuk dipahami, misalnya ada kuota aplikasi, kuota berdasarkan jam, kuota khusus daerah, kuota khusus jaringan dan sebagainya, dimana ketika kita salah menggunakan kuota ini akan membuat kuota yang sebenarnya tidak ingin kita pakai menjadi terpakai.

Selain itu 3 juga tidak memberikan embel-embel unlimited pada penjualannya, walaupun tri memang punya paket unlimited yang masih menggunakan FUP tapi secara singkat dijelaskan. Sedangkan ada beberapa operator yang mengugnakan embel-embel unlimited tapi tidak menjelaskan secara jelas FUP di ringkasan pembelian jadi pengguna harus melihat syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Misalnya ada paket dari operator kuning yang menggunakan embel-embel unlimited full ternyata setelah digunakan masih dibatasi FUP selain itu ada juga paket yang unlimited tapi harus dibaca dengan seksama karena yang unlimited adalah akses ke beberapa produk tertentu saja.

Masa Aktif Panjang
Ini merupakan salah satu keunggulan dari tri yang sangat membantu, beberapa operator lainnya membatasi akumulasi masa aktif dari kartu mereka, namun tri dapat memiliki akumulasi kartu yang sampai bertahun-tahun, kartu saya saja sudah lebih dari 4 tahun masa aktifnya. Masa aktif yang panjang ini akan membantu sobat seandainya akan pergi ke luar negeri ataupun ke tempat yang tidak ada layanan jaringan 3 tetapi tidak ingin membuang kartu 3 ini sehingga sobat tidak perlu menitipkan kartu ke teman atau keluargan untuk mengisikan pulsa agar kartu masih tetap bisa aktif sehingga kartu masih bisa dipakai di kemudian hari jika ingin dipakai.

Anti Hilang Pulsa Karena Paket Habis
Jika sobat menggunakan kartu 3 dan menggunakan jaringan untuk layanan internet, silahakkan gunakan skema Always On maka setiap kuota sobat habis, sobat tidak akan kehilangan pulsa, Skema Always On tidak perlu diperpanjang terus menerus cukup sekali saja dan gunakan kartu serta isi pulsa seperti biasa makan Skema Paket Always On akan terus diperpanjang, hanya saja sobat tidak akan mendapatkan kuota gratis 50MB setiap bulannya.

Ini akan mengurangi ketakukan dimana di beberapa Provider lain pulsa akan langsung dikuras ketika sobat masih mengaktifkan paket saat kuota sobat sudah habis.

Kekurangan Provider 3
Jaringan Belum Luas
Ini adalah masalah yang sering saya temui jika pergi ke luar kota apalagi kota kecil karena jaringan 3 memiliki cakupan yang tidak terlalu luas untuk saat ini. sehingga di kota-kota kecil sebagian besar belum mendukung jaringan 3, sobat harus menggunakan provider lain untuk mengatasi permasalahan ini
Jaringan Kurang Stabil
Di tempat saya memang jaringan 3 masih kurang stabil di jam sibuk, terutama jaringan 4G karena mungkin di sekitar tempat saya tinggal banyak yang menggunakan provider 3 dan menggunakan jaringan default 4G, saran saya sobat bisa menurunkan jaringan 3 dari 4G ke 3G karengan jaringan 3G berdasarkan pengalaman saya lebih stabil dibandingkan jaringn 4G milik 3, selain itu sobat bisa mencoba cara yang ada di Internet untuk mengatur APN tri 4G.

Mengatuer APN biasanya akan mempengaruhi sedikit dari kecepatan akses jaringan dan kestabilan jaringan, namun jika beruntung akses tersebut bisa meningkat dengan sangat cepat sekali.


Jadi kesimpulan dari saya, apakah provider 3 layak untuk digunakan?, kalau menurut saya pribadi layak, karena dengan harga yang murah bisa mendapatkan kuota yang cukup dan dapat menghemat pengeluaran, namun ini tergantung lagi dengan daerah dan kebutuhan sobat masing-masing, karena akan percuma menggunakan provider 3 jika di daerah sobat tidak tersedia :V

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.


EmoticonEmoticon