Wednesday, August 28, 2019

CPU Z, Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi PC ( Cara Install dan Penjelasan Fitur)

Hai Sobat Ladangtekno
CPU-Z merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk untuk mengetahui Spesifikasi Digital dari sebuah Komputer, dahulunya memang Aplikasi ini tersedia Hanya di Komputer, Namun sekarang Aplikasi ini juga tersedia untuk HP Adroid, Sekarang kita akan membahas mengenai CPU-Z yang digunakan di PC.

CARA INSTALL

Pertama kita akan membahas cara instalasi dari CPU-Z. Silahkan sobat download aplikasinya di halaman/website resminya atau bisa melalui link cpuid.com silahkan download sesuai dengan kebutuhan sobat, jika sudah silahkan buka file instalasinya dengan klik dua kali file yang sudah di download, atau bisa buka dengan menggunakan Aplikasi Archive untuk mengekstrak jika file yang sobat download dalam bentuk rar, zip dan lainnya.

Jika filenya sudah terbuka sobat akan ditampilkan licensi dari CPU-Z silahkan sobat bisa baca-baca jika ingin (sebagian orang tidak melakukan ini :v). Jika sudah yakin silahkan klik pada tombol I Accept the Aggrement dan klik next

pemberitahuan license CPU-Z
license CPU-Z

Tahap selanjutnya merupakan tempat untuk menentukan lokasi instalasi, jika ingin diubah silahkan, tapi saya akan membiarkannya secara default saja.

menentukan tempat instalasi CPU-Z
Folder instalasi CPU-Z

Kemudian sobat akan ditunjukan untuk menentukan nama folder untuk shortcut yang akan ada di start menu, silahkan sobat bisa biarkan saja secara default atau bawaan

shortcut menu CPU-Z
shortcut menu CPU-Z

Selanjutnya adalah membuat ikon untuk shortcut desktop, nah sobat silahkan bisa membuat shortcut jika ingin, namun jika sobat ingin menghilangkan shortcutnya sobat bisa menghilangkan centang yang ada pada bagian ini.

shortcut desktop CPU-Z
shortcut desktop CPU-Z

Tahap ini sobat akan ditunjukan apa saja yang sudah sobat setting dalam proses instalasi, jika sobat sudah yakin silahkan bisa lanjut ke proses instalasinya dengan mengklik tombol install dan tunggu sampai prosesnya selesai. namun jika masih ragu bisa klik back untuk memperbaiki

Konfirmasi Setting CPU-Z
Konfirmasi Setting CPU-Z

Tampilan terakhir adalah informasi jika instalasi sudah selesai dilakukan, sobat bisa membaca readme dari aplikasi jika ingin mengetahui informasi mengenai aplikasi CPU-Z seperti versi, fitur baru dan lainnya.

Instalasi Selesai
Instalasi Selesai


Membuka dan Fitur dari CPU-Z

Tadi kita sudah mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan instalasi dari CPU-Z, nah sekarang kita akan mengkases CPU-Z, untuk mengakses CPU-Z silahkan saja sobat bisa langsung buka dari start menu lalu ketika CPU-Z atau sobat juga bisa mengkasesnya melalui shortcut desktop jika sobat membuatnya pada proses instalasi tadi.
Nah kemudian jika sudah melakukan instalasi CPU-Z lalu untuk apa aplikasi ini???, seperti yang sudah dijelaskan diatas aplikasi ini akan dapat digunakan untuk mengetahui informasi dari PC yang sobat gunakan secara digital, misalnya untuk mengetahui jenis RAM yang digunakan, ini akan memudahkan sobat seandainya ingin membeli RAM baru atau melakukan upgrade tidak perlu membongkar PC sobat hanya untuk mengetahui RAM yang digunakan oleh PC sobat.

Ada banyak hal lain yang dapat di cek di aplikasi ini. Misalnya Spesifikasi Processor yang digunakan, Spesifikasi dari Kartu grafis dan yang lainnya. Tampailan dari Aplikasi CPU-Z seperti gambar dibawah ini.

tampilan CPU-Z
tampilan CPU-Z

Nah sobat bisa lihat tampilannya, sederhana memang dan tentu akan memudahkan ketika ingin menggunakan aplikasi ini. Nah jika masih bingung dengan tutorial atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan sobat bisa komen di bawah postingan ini.

Sekian postingan dari mimin kali mengenai CPU Z, Aplikasi Untuk Cek Spesifikasi PC ( Cara Install dan Penjelasan Fitur) semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

tags:
CPU Z
CPU Z portable
CPU Z android
CPU z apk
Cek Spesifikasi PC


EmoticonEmoticon