Friday, July 19, 2019

PENGERTIAN E-COMMERCE

pengertian e-commerce
e-commerce

PENGERTIAN E-COMMERCE


Hai Sobat Ladangtekno

E-commerce adalah sebuah konsep baru dimana konsep ini dapat digambarkan sebagai sebuah proses jual beli barang atau jasa di World Wide Web (WWW) (shim et al.:2000 dalam Suyanto:003), sedangkan menurut turban dkk (2008) e-commerce merupakan jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet.

Ahli lain yang juga memberikan pendapat mengenai pengertian e-commerce adalah McLeod, Menurut McLeod (2008:59) pedagang elektronik atau yang juga disebut dengan e-commerce adalah penggunaan jaringan untuk melaksanakan proses bisnnis. Dapat diartikan e-commerce adalah sebuah sebuah pasar dimana pasar tersebut tidak seperti pasar tradisional yang memiliki tempat fisik untuk melakukan transaksi jual beli. Transaksi jual beli disini terjadi tidak secara langsung mempertemukan pembeli dan penjual tapi melalui sebuah jaringan informasi atau website yang berisikan list barang yang dijual oleh e-commerce dan barang yang dibeli oleh pelanggan tidak dapat langsung diperoleh.

Menurut Laudon dan Laudon (2008:63), e-commerce berdasarkan sifat transaksinya dapat digolong menjadi lima yaitu Businress to Consumer (B2C), Business to Business (B2B), Consumer to Consumer (C2C), Peer-to-peer (P2P) dan Mobile Commerce (M-commerce). Salah satu jenis bisnis yang kami bahas adalah mengenai bisnis B2B.

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi

tags:
ladangtekno
pengertian e-commerce


EmoticonEmoticon