Friday, July 19, 2019

KARAKTERISTIK PERUSAHAAN B2B


PERUSAHAAN B2B
 PERUSAHAAN B2B

KARAKTERISTIK PERUSAHAAN B2B


Hai Sobat Ladangtekno

Menurut Laudon dan Laudon (2008:63), e-commerce berdasarkan sifat transaksinya dapat digolong menjadi lima yaitu Businress to Consumer (B2C), Business to Business (B2B), Consumer to Consumer (C2C), Peer-to-peer (P2P) dan Mobile Commerce (M-commerce) [2]. Salah satu jenis bisnis yang kami bahas adalah mengenai bisnis B2B.

B2B merupakan jenis bisnis dimana perdagangan dilakukan dengan menggunakan jaringan internet antar pelaku bisnis, yaitu pembeli yang melakukan transaksi dengan penjual bukan merupakan konsumen akhir atau end-user namun pabrikasi atau usaha perorangan yang dimana pembeli akan melakukan penjualan kembali terhadap produk tersebut (Rayport dan Bernard JJ, 2001:4). Karakteristik dari B2B berdasarkan pada bentuk websitenya menurut Christina (2011) yaitu:
Private Store on Seller’s Site (One Seller, Many Buyer)
Marketplace yang penjual barangnya hanya satu dan terdapat banyak pembeli. Produk yang dijual tidak terlalu banyak dan harga dan ditawarkan biasanya tetap.

Customer Portal (Few Seller, Many Buyer)
Marketplace dimana terdapat sedikit atau beberapa pembeli dan banyak penjual. Produk ditawarkan melalui katalog dengan harga yang sudah ditentukan.

Independent Industry Marketplaces (Many Seller, Many Buyer)
Marketplace yang terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli. Jenis B2B ini biasanya menawarkan auctions dan harga yang dinamis.

Consortia-sponsored Marketplaces (Few Buyer, Many Seller)

Marketplace yang memiliki sedikit atau beberapa pembeli dan banyak penjual. Pembeli memiliki kendali dalam mengontrol transaksi serta harga yang ditawarkan dalam marketplace ini sudah tetap

Private Company Marketplaces (One Buyer, Many buyer)
Merketplace yang terdiri dari satu pembeli dan banyak penjual. Penjual dapat memberikan penawaran ke pembeli tertentu

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi. silahkan comement dibawah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Link Terkait
Tags:
ladangtekno
b2b
e-commerce


EmoticonEmoticon