Friday, July 19, 2019

MENGENAL RARALI.COM E-COMMERCE LOKAL INDONESIA

Ralali
Ralali

MENGENAL RARALI.COM E-COMMERCE LOKAL INDONESIA

Hai Sobat Ladangtekno 

Dikutip dari laman web Ralali yaitu ralali.com disebutkan bahwa Ralali adalah sebuah e-commerce yang berbentuk Marketplace dengan menggunakan konsep bisnis B2B. Rarali sebagai marketplace merupakan tempat untuk menghubungkan pembeli, baik itu korporat maupun individu. Pembeli akan mendapatkan ribuan produk untuk kebutuhan bisnis mereka dan perusahaan dari supplier ternama dan terpecaya
BISNIS PROSES
Ralali merupakan sebuah marketplace B2B, tetapi di Rarali juga memungkinan untuk end-user melakukan pembelian barang. Bisnis proses yang dilakukan oleh rarali adalah sebagai berikut:
  • Supplier membuat sebuah toko virtual di Rarali untuk menawarkan produk yang mereka miliki. Data yang ditampilkan adalah deskripsi dan spesifikasi dari produk dan stok. Produk fisik masih dipegang oleh pihak supplier. Ralali dalam rantai SCM disini diibaratkan bertindak sebagai pemotong rantai pasokan di tingkat distributor dari produk supplier.
  • Pelanggan melakukan pembelian barang, Pelanggan memilih produk dari toko yag diingin kan.

proses pembelian barang di ralali
proses pembelian barang di ralali

  • Untuk melakukan proses berikutnya pelanggan harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di Ralali.
  • Selanjutnya pelanggan melakukan checkout yaitu, pemilihan alamat pengiriman, pemilihan jasa pengiriman, dan pemilihan metode pembayaran yang diinginkan. 
  • Setelah melakukan chekcout, pelanggan akan diminta untuk mwlakukan konfirmasi pembayaran dengan mengirimkan data pembayaran berupa Bank, Nama pengirim, Total Pembayaran dan Refenrence ID setelah melakukan konfirmasi pelanggan harus segera melakukan pembayaran dan akan di korfimasi dalam waktu 1x24 jama

pembayaran akan dikonfirmasi dalam 1 x 24 Jam
pembayaran akan dikonfirmasi dalam 1 x 24 Jam

  • Jika konfirmasi pembayaran dilakukan maka Ralali akan memberitahukan ke supplier. supplier dapat melakukan pengiriman barang melalui jasa pengiriman yang sudah biasa digunakan supplier dan menggunakan jasa pengir.iman yang berkerjasama dengan Ralali
  • Pembeli dapat mengetahui status barang mereka melalui nomor resi yang diberikan oleh Ralali. Pembeli di Ralali dapat bertindak sebagai end-user dan retailer sehingga barang dari jasa pengiriman bisa langsung mengarah ke pengguna atau ke retailer untuk dijual kembali.
  • Ketika pembeli melakukan konfirmasi jika telah mendapatkan barang yang mereka beli maka uang hasil transaksi dari pelanggan akan ditransfer ke supplier.
  • Pengembalian barang yang telah diterima tidak diatur oleh pihak Ralali. Sehingga pengembalian barang disesuaikan dengan ketentuan pembelian produk yang diatur oleh masing-masing penjual, jadi penjual sudah menguraikan ketentuan pengembalian produk cacat atau rusak disetiap toko mereka.
  • Pengembalian dana pembeli akan dikembalikan oleh Ralali paling lambat dalam tujuh hari setelah, penjulan menolak pesanan karena tidak ada stok, penjual tidak memberikan tanggapan dari notifikasi yang diberikan Ralali apakah mereka menerima atau tidak pesanan tersebut dan pembeli membatalkan pesanan melalui customer service, e-mail korespodensi info@ralali.com atau nomor +6221 30052777 karena penundaan pengiriman atau karena alasan lainnya.

PAYMENT GATEWAY
Payment Gateway yang digunakan oleh Ralali dapat dilakukan melalui pihak ketiga yang bekerja sama dengan Ralali. Pembayaran di Ralali bisa dilakukan melalui bank transfer yang dapat melalui transfer secara langsung, melalui virtual account, kartu kredit, dan instant payment.
payment gateway ralali
payment gateway ralali


Pembayaran di Ralali hanya diperbolehkan menggukan Payment Gateway yang telah disebutkan diatas.Uang yang telah dibayarkan oleh pembeli tidak akan langsung dikirmkan ke pihak penjual, namun masih berada di pihak Ralali. Pengiriman dana pembayaran dari transaksi dilakukan oleh pihak Ralali ke supplier secara periodik, yaitu pada hari senin setiap minggunya, jika hari senin tersbut bukan merupkan hari kerja maka pengiriman akan dilakukan pada hari atau tanggal setelahnya yang merupakan hari kerja. Pengirman dana tersebut akan ditunjukan langsung ke penjual.

Setiap transaksi yang dilakukan oleh Ralali harus menggunakan mata uang dalam bentuk Rupiah. Pengembalian dana pembeli akan dikembalikan oleh Ralali paling lambat dalam tujuh hari setelah, penjulan menolak pesanan karena tidak ada stok, penjual tidak memberikan tanggapan dari notifikasi yang diberikan Ralali apakah mereka menerima atau tidak pesanan tersebut dan pembeli membatalkan pesanan melalui customer service, e-mail korespodensi info@ralali.com atau nomor +6221 30052777 karena penundaan pengiriman atau karena alasan lainnya.

PENGIRIMAN BARANG
Pengiriman barang di Ralali ke pelanggan dapat menggunakan dua pilihan yaitu:
  • Pengiriman barang bisa dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman yang memang sudah menjadi langganan dari supplier bersangkutan dengan ketentuan ongkir tidak melebihi dengan yang dibayar customer saat transaksi. Pengiriman biaya ongkir akan dilakukan bersamaan dengan pengiriman harga barang jika biaya ongkir dibawa 10 ribu namin jika biaya ongkir melebibih 10 ribu maka diperlukan bukti foto resi pengiriman dan dikirim ke email logistic.team@ralali.com dan pembayaran akan dilakukan pada hari senin, rabu dan jumat pada setiap minggunya. Barang tersebut akan dikirim ke gudang jasa pengiriman yang bekerjasama dengan Ralali.
  • Pengirman yang dilakukan dengan menggunakan jasa pengiriman yang bekerja sama dengan pihak Ralali yaitu Sap Express Regular dan Fisrt Logistic Regular dan akan bekerja sama dengan jasa pengiriman IJX Indah Jaya Express. Proses pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman Ralali ini adalah saat pembelian sudah disetujui maka supplier bisa melakuakan permintaan pengambilan barang ke tempat pembeli melalui e-mail logistic.team@ralali.com.
Barang yang sudah dikirim ke gudang selanjutnya akan dikirim menggunakan jasa pengiriman yang berkerja sama dengan Ralali untuk langsung dikirim ke pelanggan.

MENDAPATKAN KEUNTUNGAN
Ralali mendapatkan keuntungan dari komisi yang diperoleh dalam setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Berikut ini adalah tabel komisi yang diperoleh oleh ralali dari setiap transaksi


Kategori
Komisi
Automotive & Transportation
1%
Beauty, Sport & Textile
4%
Building Material
0.5%
Computer & Communication
0.5%
Electronic
0.5%
Food & Beverage
1%
Health & Medical
5%
Horeca
1%
Office & Store Supplies
1%
Services
2%
Machinery & Industrial Parts
5%
Furniture and Decoration
4%
Toys & Hobby
4%

Tabel diatas menunjukan presentase dari pembagian hasil dalam setiap penjulan yang dilakukan oleh pedagang


Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

tags:
ladangtekno
e-commerce
ralali.com
ralali


EmoticonEmoticon