CARA MENGATASI ERROR SERVER (5xx) BLOGSPOT DI GOOGLE SEARCH CONSOLE

CARA MENGATASI ERROR SERVER (5xx) BLOGSPOT DI GOOGLE SEARCH CONSOLE



Tiada angin tiada hujan Mintek kembali mendapatkan pesan error dari Google Search Console. Eror tersebut memiliki kode Error server (5xx)

 

Seperti biasa Mintek membuka Google Search Console dan membuka error yang terjadi dan ternyata yang kena error itu adalah halaman search atau pencarian.


Mintek sedikit mulai bingung dengan apa yang terjadi. Mintek pun mencoba membuka halaman yang mengalami Error tersebut dan berhasil dibuka dengan baik tanpa ada masalah, Lalu apa yang terjadi?


Mintek coba untuk meminta indexing di Google Search Console pada halaman tersebut, munculah keterangan error lengkapnya seperti dibawah ini.

ERROR SERVER (5xx)
ERROR SERVER (5xx)

Karena mintek benar-benar tidak tahu mengenai Error ini maka mintek mencoba untuk mencari-cari cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalah ini dengan cara browsing dan bertanya di group


Forum Search Console

Berdasarkan beberapa thread yang sudah ada di forum search console error ini terjadi karena ada kesalahan pada server.


Mintek sendiri menggunakan server dari Blogger atau Blogspot, yang artinya Mintek tidak bisa mengakses server tersebut karena memang dikelola oleh Google secara langsung. Mintek sendiri hanya bisa menggunakan fitur CMS yang ada di Blogger saja.


Berdasarkan informasi di Forum Search Console juga Mintek mendapatkan informasi jika banyak yang mengalami permasalahan yang sama dengan yang Mintek alami dan permasalahan tersebut juga sudah di-report atau dilaporkan ke pihak Google.


Masalahnya, informasi di Forum tersebut adalah diskusi pada bulan 6 tahun lalu atau Juni-Juli 2021, sedangkan sekarang januari 2022 jadi Mintek belum bisa mengambil kesimpulan apakah karena permasalah ini terjadi karena isu yang sama atau tidak. 

 

Namun sepertinya isunya sama saja ya karena dari keterangan yang ada di Error Search Console sama sekali tidak ada yang berbeda dengan yang ada di forum


Jadi kalau memang benar ini Error terjadi karena Server Google maka kita sebagai blogger tidak perlu melakukan apapun karena sudah direport juga ke tim Googlenya dan tinggal menunggu perbaikan.



Browsing Webiste

Dari hasil saya melakukan browsing juga disebutkan masalah ini terjadi karena server tidak bisa menampilkan data yang direquest oleh client.


Seperti yang kita ketahui biasanya memang error 5xx adalah error yang terjadi karena kesalahan respon yang diberikan oleh server tidak sesuai dengan apa yang diminta client. Daftarnya seperti ini

  • 500 Internal Sever Error: Biasanya terjadi karena server sedang mengalami gangguan misalnya offline dan lainnya
  • 501 Not Implemented: Server tidak bisa menanggapi atau memenuhi permintaan
  • 502 Bad Gateway: Permasalahan karena terjadinya gangguan transfer data
  • 503 Service Unavaiable: Server dengan down, maintenance atau sedang mengalami gangguan lainnya
  • 504 Gateway Timeout: Server tidak memberikan respon sampai batas waktu limit request, biasanya terjadi karena server sedang penuh

 

Berdasarkan beberapa pernyataan yang saya peroleh dari hasil browsing maka saya menyimpulkan permasalahannya sama dengan yang didapatkan di forum yaitu masalah karena server dan karena saya menggunakan blogger maka hanya pihak Google yang bisa mengatasi permasalah ini


Kebanyakan dari pembahasan artikel juga diterbitkan pada rentang waktu bulan Juni-Juli 2021 jadi memang permasalahan ini mungkin terkait dengan permasalahan yang terjadi pada bulan yang sama.




CARA MENGATASI ERROR SERVER (5xx) BLOGSPOT DI GOOGLE SEARCH CONSOLE


Setelah saya browsing, saya tidak menemukan jawaban untuk menyelesaikan permasalahannya secara mandiri karena disarankan untuk menunggu perbaikan dilakukan oleh pihak Google.


Untuk melakukan validasi perbaikan sebaiknya kalian langsung saja minta validasnya lewat Google Search Console.


Kalau kalian belum tahu caranya bisa ikuti langkah berikut


Validasi Perbaikan Error di Google Search Console

  1. Silahakan masuk ke menu Cakupkan di Sidebar
  2. Pada bagian detail error silahkan piliah Error Server 5xx
  3. Akan muncul list halaman yang terkena Error Server 5xx, silahkan pilih dan klik lakukan validasi
  4. Akan ada pemberitahuan jika Validasi sedang diproses dan akan diberikan pemberitahuan ketika validasi sudah berhasil dilakukan


 

Udate

Validasi Berhasil Dilakukan

Validasi ERROR SERVER (5xx) Berhasil
Validasi ERROR SERVER (5xx) Berhasil

 

Validasi ERROR SERVER (5xx) Berhasil Dilakukan
Validasi ERROR SERVER (5xx) Berhasil



Saya telah berasil melakukan validasi tanpa ada merupakan apapun pada blog saya. Jadi memang benar permasalahan ini terjadi karena Google sedang melakukan update dan bukan permasalahan dari penggu.

 

Semoga kalian yang juga mengalami permasalahan yang sama bisa berhasil juga melakukan validasi ya.

 

 

Sekain pembahasan saya mengenai CARA MENGATASI ERROR SERVER (5xx) BLOGSPOT DI GOOGLE SEARCH CONSOLE semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian.

 

Jangan lupa klik tombol follow di blog Ladangtekno ya, Jangan lupa juga kunjungi akun sosial media ladangtekno lainnya di 

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon