5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik

5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik


Code Editor dan Compiler Online digunakan untuk membuat dan menjalankan codingan dapat dijalankan tanpa perlu menginstall IDE di perangkat kalian.

 

Perkembangan bahasa pemrograman yang semakin banyak membuat programmer harus mempelajari bahasa pemrograman.


Secara algoritma memang bahasa pemrograman memiliki dasar yang sama namun ketika ingin berpindah dari satu bahasa pemrograman ke bahasa pemrograman yang lain tentunya programmer perlu melakukan latihan atau belajar terlebih dahulu untuk mengetahui seluk-beluk lebih dalam dari bahasa pemrograman.


Kalau kita ingin belajar bahasa pemrograman lain tentunya ada komponen yang harus diinstal di komputer yang mana ini akan memakan ruang. 

 

Nah untuk menanggunalangi masalah ini kalian bisa menggunakan Code Editor dan Compiler online


Dengan menggunakan Code Editor dan Compiler Online kalian tidak perlu lagi menginstall komponen yang dibutuhkan untuk mempelajari bahasa pemrograman. cukup dengan membuka web dari aplikasi tersebut kalian sudah bisa mulai untuk belajar bahasa pemrograman.


Beberapa Code Editor dan Compiler Online juga memungkinkan kalian untuk menyimpan apa yang sudah dikerjakan sebelumnya. Jadi sebenarnya compiler online ini sudah cocok juga digunakan untuk bekerja dalam keadaan darurat.

 

Misalnya kalian mendapatkan tugas program dadakan ketika kalian berada diluar ruangan dan tidak sedang membawa laptop.

 

Nah kalian harus meminjam laptop milik teman kalian sedangkan laptop teman kalian belum terinstall aplikasi yang kalian butuhkan. Daripada menginstall aplikasi lebih baik kalian menggunakan kompiler online untuk membuat kode yang kalian butuhkan dan kemudian dikirim bukan?.

 

Nah itulah salah satu kegunaan aplikasi Code Editor dan Compiler Online. Saat ini Code Editor dan Compiler Online memang sudah jauh berkembang dibandingkan dulu. karena dulu Code Editor dan Compiler Online hanya dapat digunakan untuk melakukan tugas sederhana saja namun sekarang sudah bisa digunakan untuk pekerjaan yang lebih banyak.

 

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Code Editor dan Compiler Online


Kelebihan Code Editor dan Compiler Online 

  • Tidak perlu melakukan instalasi di perangkat, jadi tidak akan mempengaruhi perangkat yang anda gunakan
  • Bisa dengan mudah untuk berkolaborasi dan sharing dengan teman anda karena semua sistemnya dilakukan secara online
  • Tidak perlu khawatir dengan spek laptop, karena dilakukan secara online jadi compile akan ditangani oleh server dan tidak perlu khawatir jika spek laptop anda dibawah spesifikasi compiler

 

Kekurangan Code Editor dan Compiler Online 

  • Butuh Koneksi Internet Stabil, Karena compile dilakukan online maka setiap menyimpan ataupun melkaukan compile kalian harus menggunakan sambungan internet, artinya kalian akan membutuhkan koneksi internet yang stabil
  • Walaupun saat ini sudah jauh berkembang, code editor dan compiler online belum bisa menyaingi IDE yang diinstall langsung pada komputer. masih banyak yang perlu dikembangkan sehingga kedepannya dapat menjadi lebih lengkap lagi
  • masih sedikit yang bisa terkoneksi dengan Git

 

 

Sekarang kembali lagi ke topik utama yaitu 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik. Berikut ini adalah 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik yang dapat kalian gunakan untuk belajar bahasa pemrograman ataupun untuk mengerjakan pekerjaan kalian.




5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik


1. Glot.io

Glot.io - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Glot.io

Glot.io merupakan code editor dan compiler online yang dapat digunakan secara gratis. glot,io memiliki tampilan yang sederhana sehingga sangat mudah untuk digunakan.


Glot.io menyediakan banyak sekali bahasa pemrograman, mulai dair yang terkenal seperti javascript, python, java, kotlin sampai dengan bahasa-bahasa lainnya yang mungkin bisa menjadi sedikit awan di telinga kalian


Karena glot.io merupakan editor online jadi tidak memerlukan instalasi diperangkat kalian. tinggal masuk ke websitenya yang pilih bahasa pemrograman yang kalian inginkan.


Kalian juga bisa membuat akun untuk mendapatkan fitur-fitur tambahan dari glot.io tapi kalian masih bisa menggunakannya tanpa harus membuat akun.


Fitur yang disediakan oleh glot.io juga terbilang lengkap walaupaun pasti tidak akan selengkap IDE yang diinstall langsung diperangkat kalian, tapi ini sudah sangat cukup untuk belajar bahasa pemrograman atau melakukan tugas-tugas ringan.



2. Replit.com

Replit - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Replit


Replit.com merupakan code editor dan compiler online berikutnya yang bisa menjadi peilihan kalian. Code editor dan kompiler ini tidak jauh berbeda dengan glot.io karena juga memiliki banyak sekali pilihan bahasa pemrograman mulai dari yang terkenal sampai yang mungkin belum pernah kalian dengan sebelumnya.


Ohw iya, kalau kalian mengakses langsung dari halaman replit.com kalian pasti akan kesusahan untuk mencari caranya mulai melakukan coding tanpa melakukan login. karena jika kalian klik start coding makan akan diarah untuk login.


Namun sebenarnya kalian bisa menggunakan replit.com tanpa login yaitu dengan langsung mengakses halaman replit.com/languages dan kalian bisa langsung memilih bahasa pemrograman yang ingin kalian pelajari.


Jika kalian ingin mendapatkan fitur tambahan dari replit.com kalian bisa membuat akun di replit.com, namun jika kalian ingin hanya mempelajari bahasa pemrograman saja silahkan akses melalui halaman yang sudah saya berikan.


Memang akses dari halaman homenya saya rasa harus login dahulu.



3. Codesandbox

Codesandbox - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Codesandbox

Code editor dan compiler online berikutnya adalah Codesandbox. code editor dan compiler ini bisa digunakan secara gratis.


Kalian tidak perlu membuat akun untuk menggunakan kode editor ini, namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap dari Codesandbox kalian bisa membuat akun. selain itu juga bisa digunakan untuk menyimpan pekerjaan atau latihan kalian.


Codesandbox menyediakan bahasa pemrograman yang cukup banyak jadi cukup banyak jadi bisa digunakan sesuai dengan bahasa yang kalian inginkan.


Codesandbox ini lebih ke latihan untuk belajar menggunakan framework karena yang disediakan itu adalah framework seperti vue, vanilla, node dan react.


Codesandbox bisa diintegrasikan dengan Git dan selain itu Codesandbox juga memungkinakan kalian untuk mendeploy proyek ke Netfly atau Zeit



4. Playcode

Playcode - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Playcode

Code editor dan compiler online berikutnya adalah Playcode. Playcode ini mirib dengan Codensandbox, jadi Playcode menyedia template-template atau framework yang bisa kalian gunakan untuk membuat proyek atau belajar menggunakan framework


Cara menggunakannya juga sederhana dan mudah jadi kalian tidak akan bingung menggunkanannya. Kalian juga bisa membuat akaun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap dari playcode



5. Codepen

Codepen - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Codepen

Mungkin kode editor ini adalah salah satu yang paling sering digunakan apalagi yang sering menggunakan javascript, css dan html.


Codepen ini mendukung penggunaan beberapa framework seperti React, Vue dan Tailwind. Tampilan Codepen ini juga sederhana sehingga mudah untuk digunakan. 


kalian bisa belajar atau membuat kode dengan menggunakan codepen. Codepen memang mengunggulkan dalam penggunaan HTML, Js dan CSS.


Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap kalian bisa membuat akun dan berlangganan



6. Stackblitz

Stackblitz - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Stackblitz


Stackblitz mirib dengan code editor dan compiler online nomor 2-4 diatas, yaitu Stackblitz juga menggunakan framework dalam lembar kerja mereka. namun kalian juga bisa memulai dari awal atau dasar.


Stackblitz berfokus memang pada pengembangan Javascript, maka dari itu pengembangan code yang disediakan lebih ke javascript. Jika kalian ingin belajar atau mengembangkan javascript maka kalian Stackblitz bsia menjadi pilihan yang bijak.


Stackblitz juga dapat dihubungkan ke Github. Stackblitz juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk melakukan pengeditan secara onffile namun saya rasa belum begitu baik namun sudah bisa digunakan ketika sedang tidak ada koneksi internet.



7. Codeanywhere

Codeanywhere - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Codeanywhere

Selanjutnya adalah Codeanywhere. Code editor dan compiler online memiliki puluhan bahasa yang dapat menjadi peilihan kalian.


Untuk menggunakan Codeanywhere, kalian harus membuat akun terlebih dahulu, jadi silahkan buat akun untuk mulai menggunakan code editor dan compiler ini.


Bahasa pemrograman yang disediakan seperti Js, Python, Java, Kotlin dan masih banyak banyak lagi bahasa lainnya yang bisa kalian gunakan disini.



8. JsFiddle

Jsfiddle - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Jsfiddle

Sesuai dengan namanya editor online ini bisa digunakan untuk mempelajari dan mengembangkan Javascript.


Tampilan dari JsFiddle ini sangat sederhana dan bisa langsung digunakan tanpa harus membuat akun terlebih dahulu.



9. HTML Code Editor

HTML Code Editor - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
HTML Code Editor


Berikutnya adalah HTML Code Editor. Code editor ini merupakan editor yang bisa digunakan untuk mengedit tag-tag html sesuai dengan namanya.


langsung saja kunjungi halaman websitenya dan kalian dapat langsung menggunakan code editor ini secara gratis tanpa harus membayar biaya apapun. Selain itu kalian juga tidak perlu membuat akun untuk menggunakan fasilitas yang ada di code editor ini jadi sepenuhnya gratis.



10. JSON Editor Online

JSON Editor Online - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
JSON Editor Online

Selanjutnya adalah JSON Editor Online. Code editor ini bisa digunakan untuk mempelajari dan mengedit file JSON.


Code editor ini dapat digunakan langsung tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu dan tentunya code editor ini bisa digunakan secara gratis.



11. Codeply

CodeplyJSON Editor Online - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Codeply

Codeply saat ini sudah mencapai versi dua yang dirilis pada tauhn 2019 (versi pertama dirilis pada 2014).


Terlihat dari bahasa dan framework yang disediakan memang Codeply ini fokusnya untuk belajar atau mengembangkan aplikasi dalam bentuk website atau Js.


Ada beberapa framework yang disediakan dalam code editor dan compiler online ini yaitu Vue, React, Angular dan lainnya.


Kalian bisa menggunakan Codeply secara gratis, namun jika ingin menggunakan fitur tambahan kalian bisa melakukan pendaftaran akun.



12. Gitpod

Gitpod - 5+ Code Editor dan Compiler Online Terbaik
Gitpod

Gitpod memiliki tampilan yang mirib dengan VSCode jadi kalian yang sudah sering menggunakan VSCode mungkin tidak akan asing lagi dengan layoutnya.


Gitpod dapat kalian gunakan untuk mengembangkan aplikasi atau mempelajari bahasa Back-end maupun front-end.


Beberapa bahasa yang didukung antara yaitu Python, Golang, Rust, Typescript, dan bahasa lainnya. Untuk menggunakan Code Editor dan Compiler online ini kalian harus membuat akun terlebih dahulu.

 

 

 

Nah itulah Code Editor dan Compiler Online Terbaik menurut mintek. Kalian bisa menggunakan Code Editor dan Compiler Online ini untuk mengenal bahasa pemrograman baru ataupun ketika baru mempelajari bahasa pemrograman namun tidak memiliki perangkat yang memadai kalian bisa belajar menggunakan Code Editor dan Compiler Online.


Dari beberapa Code Editor dan Compiler Online diatas juga sudah ada yang bisa digunakan untuk mengembangkan proyek bersama tim.


Sampai disini postingan mintek kali ini, semoga postingan ini bisa membantu kalian dan jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

4 komentar:

  1. wah kebetulan saya kuliah jurusan it, bisa nih jadi referensi compiler coding project saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget gan, jadi misalnya ketika ingin menggunakan bahasa baru atau mencoba bahasa baru gak perlu repot buat install IDEnya

      Hapus
  2. Parah. Baca ini otak saya gak nyampe. Kelamaan gak nyentuh bhs program. Harus belajar lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat, kedepan soalnya bahasa pemrograman bisa menjadi salah satu bahasa umum

      Hapus

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon