METODELOGI PENGEMBANGAN SISTEM - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

METODELOGI PENGEMBANGAN SISTEM
 

 

Sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pendekatan Pengembangan Sistem.

 

Nah, kali ini masih dengan materi yang sama dari buku Analisis dan Desain Sistem Informasi dari Jogiyanto. Materi kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai Metodelogi Pengembangan Sistem




METODELOGI PENGEMBANGAN SISTEM


Metodologi adalah kesatuan metode-metode, prosedur-prosedur, konsep-konsep pekerjaan, aturan-aturan dan postulat-postulat yang digunakan oleh suatu ilmu pengetahuan, seni atau disiplin yang lainnya. 

 

Sedangkan metode adalah suatu cara, teknik yang sistematik untuk mengerjakan sesuatu. 

 

Metodologi pengembangan sistem berarti adalah metode-metode, prosedur-prosedur, konsep-konsep pekerjaan, aturan-aturan dan postulat-postulat yang akan digunakan untuk mengembangkan suatu sistem informasi.

 

Lebih lanjut klasifikasi dari metodologi yang ada dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok, yaitu metodologi pemecahan fungsional (functional decomposition methodologies), metodologi orientasi-data (data-oriented methodologies) dan prescriptive methodologies. 

 

Ketiga kelompok metodologi ini akan diuraikan lebih lanjut sebagai berikut ini.

1)    Functional Decomposition Methodologies.

Metodologi ini menekankan pada pemecahan dari sistem ke dalam subsistem-subsistem yang lebih kecil, sehingga akan lebih mudah untuk dipahami, dirancang dan diterapkan.


2)    Data-oriented Methodologies

Metodologi ini menekankan pada karakteristik dari data yang akan diproses.


3)    Prescriptive Methodologies

Yang termasuk dalam metodologi ini adalah:

  • ISDOS (Information System Design and Optimization Systern): ISDOS merupakan perangkat lunak yang dikembangkan di University of Michigan. Kegunaan dari ISDOS adalah mengotomatisasi proses pengembangan sistem informasi.
  • PLEXSYS: Kegunaan dari PLEXSYS adalah untuk melakukan transformasi suatu statemen bahasa komputer tingkat tinggi ke suatu executable code untuk suatu konfigurasi perangkat keras yang diinginkan.
  • PRIDE: PRIDE merupakan suatu perangkat lunak terpadu yang baik untuk analisis/disain sistem terstruktur, manajemen data, manajemen proyek dan pendokumentasia.
  • SPECTRUM:SDM/70 merupakan suatu perangkat lunak berisi dengan kumpulan metode, estimasi, dokumentasi dan petunjuk administrasi guna membantu pemakai untuk mcngcmbangkan dan merawat sistcm yang efektif.
  • SRES dan SREM


 

 

Sekian pembahasan mengenai Metodelogi Pengembangan Sistem, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon