PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM

 

Hai sobat ladangtekno, kali ini kita akan membahas mengenai Pendekatan Pengembangan Sistem.




PENDEKATAN PENGEMBANGAN SISTEM


Terdapat beberapa pendekatan yang digunakan untuk mengembangkan suatu sistem, diantaranya adalah sebagai berikut.

 

Pendekatan Klasik vs Pendekatan Terstruktur

Pendekatan klasik disebut juga dengan pendekatan tradisional atau pendekatan konvensional adalah pendekatan didalam pengembangan sistem yang mengikuti tahapan-tahapan di system life cycle tanpa dibekali dengan alat-alat dan teknik-teknik yang memadai. 

 

Permasalahan-permasalahan yang dapat timbul di pendekatan klasik diantaranya sulitnya pengembangan dari perangkat lunak, mahalnya biaya perawatan atau pemeliharaan system, besarnya kemungkinan kesalahan pada system, kurang terjaminnya keberhasilan system serta terjadinya masalah dalam penerapan sistem.

 

Pendekatan terstruktur dilengkapi dengan alat-alat dan teknik-teknik yang dibutuhkan dalam pengembangan sistem, sehingga hasil akhir dari sistem yang dikembangkan akan didapatkan sistem yang strukturnya didefinisikan dengan baik dan jelas. 

 

Melalui pendekatan terstruktur permasalahan-permasalahan yang komplek di organisasi dapat dipecahkan dan hasil dari sistem akan mudah untuk dipelihara, fleksibel, lebih memuaskan pemakainya, mempunyai dokumentasi yang baik, tepat pada waktunya, sesuai dengan anggaran biaya pengembangannya, dapat meningkatkan produktivitas dan kualitasnya akan lebih baik (bebas kesalahan).



Pendekatan Sepotong Lawan Pendekatan Sistem

Pendekatan sepotong (piecemeal approach) merupakan pendekatan pengembangan sistem yang menekankan pada suatu kegiatan atau aplikasi tertentu saja. 

 

Pada pendekatan ini, kegiatan atau aplikasi yang dipilih, dikembangkan tanpa memperhatikan posisinya di sistem inlormasi atau tanpa mempcrhatikan sasaran keseluruhan dari organisasi.

 

Lain halnya dengan pendekatan sistem yang mcmperhatikan sistem informasi sebagai satu kesatuan terintegrasi untuk masing-masing kegiatan atau aplikasinya.



Pendekatan Bawah-Naik Lawan Pendekatan Atas-Turun

Pendekatan bawah-naik (bottom-up approach) dimulai dari level bawah organisasi, yaitu level operasional dimana transaksi dilakukan. 

 

Pendekatan ini dimulai dari perumusan kebutuhan-kebutuhan untuk menangani transaksi dan naik ke level atas dengan merumuskan kebutuhan informasi berdasarkan transaksi tersebut


Pendekatan atas-turun (top-down approach) sebaliknya dimulai dari level atas organisasi, yaitu level perencanaan strategi. 

 

Pendekatan ini dimulai dengan mendefinisikan sasaran dan kebijaksanaan organisasi.



Pendekatan Sistem-Meyeluruh Lawan Pendekatan Moduler

Pendekatan sistem-menyeluruh (total-system approach) merupakan pendekatan yang mcngembangkan sistem serentak secara menyeluruh. 

 

Pendekatan ini kurang mcngena untuk sistem uang komplck, karena akan menjadi sulit untuk dikembangkan
 

Pendekatan moduler (modular approach) berusaha memecah sistcm yang rumit menjadi beberapa bagian atau modul yang sederhana, sehingga sistem akan lebih mudah dipahami dan dikembangkan.



Pendekatan Lompatan-Jauh Lawan Pendekatan Berkembang

Pendekatan lompatan-jauh (great loop approach) menerapkan perubahan menyeluruh secara serentak menggunakan teknologi canggih. 

 

Perubahan ini banyak mengandung resiko, karena teknologi komputer begitu cepat berkembang dan untuk tahun-tahun mendatang sudah menjadi using.

 

Pendekatan berkembang (evolutionary approach) menerapkan teknologi canggih hanya untuk aplikasi-aplikasi yang memerlukan saja pada saat itu dan akan terus dikembangkan untuk periode-periode berikutnya mengikuti kebutuhannya sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.



Sekian pembahasan mengenai Pendekatan Pengembangan Sistem, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon