Monday, August 24, 2020

Sejarah Perkembangan Blog, Bloger Wajib Tahu Tentang Ini

sejarah blogger
 

Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993.

 

Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer. Pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. 


Istilah blog dipopulerkan oleh Peter Merholtz tahun 1998. Pendiri Open Diary yang merupakan diary online para penulis di seluruh dunia yang kemudian juga memiliki layanan blog. 

 

Open Diary juga memberikan kontribusi besar dalam sejarah blog dan blogging. pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada hanyalah sedikit. 

 

Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, Sistem Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu itu bisa menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.


Pada Agustus 1999 Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. 


Walaupun pada Juli 1999 layanan membuat Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan membuat Blogger bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak hingga Blogger.com muncul di dunia blog. 


Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri. Blogger akhirnya diakuisisi oleh Google akhir tahun 2002. 


Setelah kemunculan Blogger, penyedia blog gratis lainnya bermunculan hingga saat ini, termasuk Wordpress.


Ladangtekno 

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon