MAKALAH HAM DAN NEGARA HUKUM


negara hukum dan ham
negara hukum dan ham



Hai, selaamt pagi sahabat blog… bagaimana kabarmu di pagi yang cerah ini. Semoga sehat – sehat saja ya . Kali ini saya akan membagika postingan mengenai HAM dan Negara hukum. Nah  untuk mempersingkat waktu bisa langsung saja, mongo dibaca  hihi…

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            LATAR BELAKANG
Hak asasi manusia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa sejak seseorang dilahirkan. Hak asasi manusia ini sudah seharusnya dihormati, dijunjung tinggi oleh sesamanya maupun oleh Negara, hukum, dan pemerintah demi kehormatan serta perlingdungan harkat dan martabat setiap manusia.
Indonesia sebagai Negara hukum memang sudah seharusnya mengatur tentang peraturan yang berkaitan dengan ham, ini tidak heran karena para pendiri negeri ini sudah merasakan bagaimana penderitaan karena hak asasinya dinjak-injak sebelum dapat meraih kemerdekaan. Peraturan mengenai hak asasi manusi di Indonesia sudah terdapat dalam UUD 1945 yang mencantumkan prinsip- prinsip hak asasi manusia sebagai pedoman dan cita-cita yang harus dilaksanakan dan dicapai.
Kasus pelanggaran hak asasi manusia sampai saat ini memang masih banyak di Indonesia. Banyak dari kasus hak asasi manusia tersebut tidak terselesaikan dengan tuntas dan dibengkalaikan sehingga berlarut – larut, dikarenakan hal tersebut perlunya pemahaman dari masyarakat mengenai apa sebenarnya hak asasi manusia itu, dan juga pemerintah sudah seharusnya semakin tegas menangani hak asasi manusia, walapun sekarang sudah ada lembaga khusus yang menangani hak asasi manusia yaitu Komnas HAM, namun masih masih banyak ditemua kasus pelanggaran hak asasi manusia.

1.2.            RUMUSAN MASALAH
1.                  Apakah Itu Negara Hukum?
2.                  Apakah Itu Hak Asasi Manusia?
3.                  Bagaimana kaitan  Hukum di Indonesia dengan HAM
4.                  Contoh Permasalah Hak Asasi Manusia di Indonesia?


1.3.            TUJUAN
1.                  Mengetahui Apa itu Negara Hukum.
2.                  Mengetahui Apa itu Hak Asasi Manusia.
3.                  Mengetahui Bagaimana Kaitan di Indonesia dengan HAM
4.                  Membahas Permasalahan Hak Asasi Manusia di Indonesia.
1.4.            BATASAN MASALAH
Paper ini hanya mebatasi permasalahan mengenai negarah Hukum dan HAM namun tidak akan dilakukan pembahasan yang terlalu mendalam melainkan hanya dalam permukaan, serta membahasa mengenai contoh permasalahan HAM yang ada di Indonesia.  


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.            LANDASAN TEORI
Sebagai Negara hukum pemerintahan di Indonesia sudah seharusnya menegakan hukum itu sendiri, tidak terkecuali dalam penegakan HAM. Hukum di Indonesia sudah dengan jelas memaparkan mengenai HAM diantaranya yang terdapat pada UUD 1945 yaitu pasal
1.                  Pasal 27 ayat 1 dan 2
2.                  Pasal 28 A sampai J

untuk lebih jelasnya bisa langsung di dunlut dibawah ini....

Link sedang dalam perbaikan

negara hukum dan ham


tags:
ladangtekno

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon