Saturday, October 10, 2015

TAHUKAH ANDA CYBER SPACE

cyber space





CYBERSPACE, adalah media elektronik dalama jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal baliksecara online. Dunia maya ini merupakan intergrasi dari berbagai peralatan teknologi komunikasi dan jaringan komputer yang dapat menghubungkan peralatan komunikasi yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif. 

kata syberspace pertama kali dikenalkan oleh oleh penulis novel William Gibson dalam buku "Burning Chrome" 1982 dan menjadi populer pada novel berikutnya yaitu Neuromancer 1984 yang menyebukan "Cyberspace A Consensual Hallucination Experienced Daily By Billions Of Legitimate Operators, In Every Nation, By Childern Being taught Mathematical Concepts A Graphics Representation Of Data Abstracted From The Banks Of Every Computer In The Human System. Unthinkable Complexity. Lines Of The Light Ranged In The Nonspace of the mind. clusters and Constellations Of Data. Menurut Agus Raharjo cyber space ini sesungguhanya merupakan sebuah dunia komunikasi berbasis baru dalam kehidupan manusia yang disebut realitas virtual(maya). 

Perkembangan dunia maya saat ini telah mempengaruhi kehidupan sosial pada masyarakat, keberadaan dunia maya tidak saja telah menciptakan perubahan sosial yang mendasar tapi sudah merubah bagaimana cara seorang individu dalam bermasyarakat. pada tingkat individu dunia maya menciptakan perubahan mendasar tentang pemahaman induvidu tersebut tentang diri dan identitas, dunia maya memberikan ruang yang lebar bagi setiap orang untuk secara artifisial menciptakan konsep tentang diri dan identitasnya masing- masing, dengan adanya hal ini makan akan dapat mempengaruhi presepsi, pikiran, personalitas, dan gaya hidup setiap orang, karena bila setiap orang bisa menjadi siapapun maka bisa diartikan seseorang bisa menjadi bebrapa orang yang berbeda pada saat yang sama sehingga diibaratkan seseorang sedang memaki topeng secara bersamaan.

Dalam ruang lingkup tingkat interaksi antar individu, hakikat dunia maya yang terbentuk oleh jaringan dan hubungan bukan oleh materi, kesalingterhubungan dan kesalingbergantungan melainkan secara virtual meripakan ciri dari dunia maya, karena hubungan dan interaksi sosial  di dalama dunia maya di dalam dunia maya bukanlah interaksi secara fisik yang berada dalam suatu wilayah yang nyata, mealinkan interaksi tersebut ternyadi di suatu dunia virtual yang tidak bisa lihat secara fisik. karena dunia maya ini bukanlah teritorial yang konkret maka persoalan didalamnya yang dapat timbula adalah persoalan normatif, pengaturan, dan kontrol, karena dunia maya ini tidak istilahnya bebas tidak ada yang mengawasi, seakan - akan seorang yang melakukan kegiatan di dunia maya ini dalah sebagai penguasa dunia tersebut. 

Pada tingkat komunitas dunia maya menciptakan suatu model komunitas yang demokratis dan terbuka. karena komunitas virtual bukanlah komunitas seperti yang ada di dunia nyata ini diamana jika kita ingin bertemeu maka kita akan berkumpul di suatu tempat dan bertatap muka langsung, namu di komunitas dunia maya ini kita bahkan bisa tidak tau seperti apa dan bagaimana orang yang kita ajak bicara tersebut. Dalam komunitas dunia maya ini pemimpin, aturan, kontrol sosial tidak dalam bentuk lembaga sehinga keberadaanya sangat lemah, shingga seperti mengisyaratkan di dalam komunitas tersebut apapun boleh dilakukan.

Dunia maya memang memberikan kita kebebasa untuk mendapatkan informasi dan bahkan dunia maya bisa menyeselaikan masalah yang kita hadapi dengan lebih mudah, namun seperti yang kita ketahui dunia maya bukanlah dunia yang benar- benar nyata sehingga tidak ada kontrol di dalamnya, Kita sebaiknya bisa dengan bijak memanfaatkan dunia maya tersebut agar kita bisa terhindar dari yang namanya kejahatan dunia maya (cybercrime). sekian dulu yang artikel untuk kali ini semoga dapa menambah ilmu dan wawasan kita, ingatlah jangan biarkan teknologi untuk mengontrol kita, salam ladang tekno

.
Reff:
  • id.wikipedia.org
 Tags:
ladangtekno



EmoticonEmoticon