Coworking Space - Pengertian, Manfaat, Fasilitas, Kelebihan

Coworking Space - Pengertian, Manfaat, Fasilitas, Kelebihan


Coworking Space Adalah dimana orang-orang dari berbagai perusahaan bisa saling berbagi tempat untuk bekerja, tempat ini bisa digunakan untuk bekerjasama dengan tim maupun orang lain namun tidak berada dalam sebuah perusahaan. Gedung atau tempat coworking biasanya dimiliki pihak ketiga dan disewakan kepada para pekerja yang biasanya kebanyakan bekerja secara remote atau jarak jauh.


Bekerja secara remote sebenarnya sudah dari dilakukan oleh orang-orang terutama yang bekerja dibidang kreativ dan teknologi.


Semenjak pandemi muncul istilah WFH atau work from home yang sebenarnya tidak berbeda dengan istilah remote.


Karena adanya WFH membuat kegiatan bekerja secara remote menjadi semakin populer dan banyak perusahaan bahkan setelah pandemi mulai menurun kasusnya mulai mematenkan sistem bekerja secara remote.


Tentu hal seperti ini bisa menghemat pengeluarkan perusahaan juga karena perusahaan bisa memangkas biaya operasional perusahaan misalnya listrik dan gedung. Dari sisi karyawan juga bekerja remote bisa memberikan banyak kelebihan misalnya bisa bekerja dari kampung atau rumah dan tidak capek di perjalanan.


Bekerja dari rumah walaupun menyenangkan kadang lama-lama bisa bikin stress atau bikin bosan karena tempat yang itu-itu saja.


Selain itu tentunya kita juga butuh suasana kerja baru dan mengobrol dengan orang-orang karena ketika dirumah tentunya paling ketemu keluarga atau didepan laptop saja




Coworking Space

Pengertian, Manfaat, Fasilitas, Kelebihan

 

 

Coworking space bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan penak kalian ketika bekerja dan mencari suasana baru


Pengertian Co-working Space

Coworking space adalah tempat diaman orang-orang yang berasal dari berbagai bidang dan perusahaan bisa menyewa fasilitas untuk bekerja. Fasilitas tersebut bisa meja, ruangan, bahkan sampai penginapan jika kalian tidak ingin jauh-jauh datang ke coworking space.


Makanya selain sebagai tempat untuk bekerja coworking space juga bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk membangun relasi dan menambah hubungan karena kita bisa bertemu dengan orang-orang yang bekerja diberbagai latar belakang.

 

Menurut co-founder dari Gapura Office Frangky Lee, coworking space muncul sebagai alternatif dari mahalannya ruangan perkantoran dan operasionalnya. Selain itu coworking space juga muncul karena banyaknya berkembang bisnis start-up dan pekerjaan freelance

 

Dukitip dari theguardian.com Corbett yang merupakan co-founder Pace Ventures juga memberikan pendapat yang sama bahwa co-working space muncul sebagai alternatif dari harga ruang di gedung perkantoran yang begitu mahal dan juga karena pertumbuhan dari bisnis dengan konsep startup dan freelance


Maka dari itu banyak sekali yang menjadikan coworking space sebagai alternatif membuat perkantoran yang lebih murah dibandingkan menyewa gedung secara penuh.

 

Apalagi trend start-up yang sekarang jauh lebih felksibel dibandingkan dengan perusahaan konvensional yang pergerakannya masih tergolong lebih statis. Coworking space dapat menjadi pilihan yang sangat baik sebagai tempat untuk dapat saling berdiskusi dengan anggota tim maupun bertemu dengan rekan bisnis.

 

Coworking space juga tidak jarang mengadakan seminar atau workshop. Jadi kalian bisa menggunakan kesempatan ini untuk menambah ilmu. 

 

Jika kalian menjadi member sebuah coworking space, kalian juga bisa mendapatkan tambahan keuntungan seperti acara makan malam maupaun pesta lainnya.


Coworking space ini biasanya bukan hanya kantor saja. Jadi didalamnya biasanya ada restaurant juga atau mini cafe, lainnya kalian juga bisa menemukan beberapa coworking space juga menyediakan penginapan seperti yang sudah disebutkan diatas.



Manfaat Coworking Space

Manfaat yang paling dirasakan ketika menyewa sebuah coworking space tentunya adalah biaya yang lebih murah dan mudahnya melakukan relasi dan kolaborasi dengan orang yang sama-sama menyewa coworking space.


Dengan adanya banyak relasi tentunya ini bisa membuat bisnis kalian semakin berkembang. Misalnya bisa menemukan proyek dari relasi yang ada disana atau bahkan kalian bisa sampsi mendapatkan investor saat bekerja dari coworking space


Sewa yang lebih murah dari penyewaan di gedung perkantoran juga memberikan keutungan bagi perusahaan apalagi perusahaan yang sendang merintis karena uang yang tadinya dialokasikan untuk penyewaan kantor sekarang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis inti dari perusahaan.



Fasilitas Coworking Space

Coworking space secara umum biasanya menyediakan tempat untuk bekerja baik itu berupa meeting room, ruang kerja tertutup maupaun terbuka, koneksi internet, dan mini bar atau coffe shop yang menjual cemilan sampai makanan berat untuk menghilangkan rasa lapar kalian.


Selain menyediakan fasilitas yang sudah disebutkan diatas. beberapa coworking space juga menyediakan penginapan.


Jadi bagi kalian ingin tidak jauh-jauh mencari tempat tinggal dari coworking space. kalian bisa mencoba pilihan beberapa coworking space yang memiliki penginapan. Di Bali misalnya ada Dojo Bali dan Outpost


Jadi, coworking space sekarang tidak hanya menyediakan ruang untuk bekerja saja. Namun juga ada tempat yang disediakan untuk tempat tinggal sehingga kalian tidak perlu tinggal jauh dari coworking space.

 

 

Konsep Coworking Space

Konsep coworking space biasanya tempat kerja dengan ruangan terbuka dimana pekerja dapat dengan leluasa memilih lokasi mereka ingin bekerja kecuali tempat yang memang sudah dipesan.

 

Dengan sharing tempat seperti ini pekerja akan dapat lebih mudah berinteraksi dengan tim dan dapat saling berbagi informasi mengenai pekerjaan ataupaun jika dengan orang lain kalian bisa saling berbagi informasi mengenai dunia yang saling ditekuni.

 

Jika kalian tidak suka dengan situasi kerja yang ramai, dibeberapa coworking space juga ada yang memiliki ruangan privat. Maka dari itu coworking space menjadi pilihan yang fleksibel untuk bekerja.



Kelebihan Coworking Space

Beberapa kelebihan dari coworking space bisa menjadi pertimbangan kalian sebelum memilih coworking space menjadi tempat untuk bekerja. Berikut adalah beberapa kelebihan dari coworking space

Fleksibilitas

Coworking space menyediakan fleksibilitas yang sangat tinggi dalam bekerja. Di ruangan yang disediakan publik, kalian bisa memilih tempat duduk yang kalian inginkan.

Fleksibilitas Coworking Space

Karena bekerja di coworking space maka kalian akan bekerja secara bersama dengan orang dari berbagai latar belakang dan perusahaan. Jika kalian merasa kurang suka dengan situasi seperti ini kalian bisa menyewa ruang private yang disediakan coworking space.

 

Semangat Kerja Meningkat

Berdasarkan artikel dari Harvard Business Review, orang yang bekerja di coworking space merasakan jika pekerjaan yang mereka kerjakan lebih berarti. Ini disebabkan karena kita bekerja dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang membuat suasana menjadi berubah-ubah


Kadang memang suasana yang monoton membuat kita menjadi bosan dalam bekerja dan ingin mendapatkan suasana baru.


Apalagi kita bisa mendapatkan ilmu tambahan ketika bisa sharing dengan orang-orang yang berada di coworking space


Tempat Menambah Ilmu dan Networking

Banyak coworking space biasanya mengadakan event seperti seminar dan workshop. Kalian bisa mengikut event-event ini untuk menambah pengetahuan kalian baik itu tentang pengetahuan yang sesuai dengan bidang kalian maupun pengetahuan yang tidak sesuai dengan pengetahuan yang ada dibidang kalian.

Diskusi di Coworking Space

Selain itu kalian tidak jarang pasti akan mengobrol dengan orang-orang yang juga ada di Coworking space saat waktu senggang. Tidak jarang dengan hal ini kalian akan mendapatkan networking atau sekedar sharing mengenai bidang kalian.

 

bahkan bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan saran dari orang-orang yang ada disana.



Kekurangan Coworking Space

Buat kalain yang ingin bekerja dari coworking space, kalian bisa mempertimbangkan beberapa hal yang bisa menjadi kekurangan dari coworking space.

Privasi Kurang

Walaupun beberapa coworking space menyediakan tempat tertutup untuk bekerja. Namun ada coworking space yang tidak ada tempat tertutupnya. Nah kalian harus pikirkan dulu apakah kalian perlu bekerja ditempat tertutup atau tidak.

Privasi Kurang


Misalnya kalian harus membuka data penting, maka kalian akan memerlukan ruangan yang tertutup karena kalau diruangan terbuka takutnya akan dilihat orang banyak orang dan bisa jadi data kalian dibaca oleh orang lain.


Sulit Konsentrasi

Bagi kalian yang tidak bisa bekerja ditempat ramai. Coba pertimbangkan juga ketika ingin bekerja di coworking space karena dibeberapa coworking space kalau ramai bisa cukup padat dan bisa mengganggu konsentrasi jika kalian tidak betah bekerja ditempat ramai.

Sulit Konsentrasi

Kalau memang tetap ingin bekerja dari coworking space, pastikan mencari tempat yang ada ruangan khusus yang bisa disewa sehingga kalian bisa bekerja diruangan tertutup.



Nah itulah pembahasan mengenai Coworking Space - Pengertian, Manfaat, Fasilitas, Kelebihan coworking space, beberapa hal diatas mungkin bisa menjadi hal yang dapat kalian pertimbangkan ketika bekerja di coworking space maupun memilih coworking space yang baik.


Jangan lupa klik tombol follow di blog Ladangtekno ya, Jangan lupa juga kunjungi akun sosial media ladangtekno lainnya di

Instagram: ladangtekno

Youtube: ladangtekno

Facebook: blogladangtekno

Twitter: ladangteknocom 

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon