PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN SISTEM ANALIS - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO

PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN YANG DIBUTUHKAN SISTEM ANALIS

 

 

Setelah membahas mengenai Analisis Sistem dan Pemrograman. Sekarang kita akan membahas mengenai Pengetahuan dan Keahlian yang Dibutuhkan Sistem Analis.



Pengetahuan dan Keahlian yang Dibutuhkan Sistem Analis

 

Analisis sistem harus mempunyai pengetahuan yang luas dan keahlian yang khusus. 

 

Beberapa analisis sistem setuju bahwa pengetahuan dan keahlian berikut ini sangat diperlukan bagi seorang analisis sitem yang baik.


1.    Pengetahuan dan keahlian tentang teknik pengolahan data, tekonologi komputer dan pemrograman komputer:

  • Keahlian teknik yang harus dimiliki adalah termasuk keahlian dalam penggunaan alat dan teknik untuk pengembangan perangkat lunak aplikasi serta keahlian dalam menggunakan komputer.
  • Pengetahun teknik yang harus dimiliki meliputi pengetahuan tentang perangkat keras komputer, teknologi komunikasi data, bahasa-bahasa komputer, sistem operasi, utilites dan paket-paket perangkat lunak lainnya.

 

2.    Pengetahun tentang bisnis secara umum

Aplikasi bisnis merupakan aplikasi yang sekarang paling banyak diterapkan, maka analis sistem harus mempunyai pengetahuan tentang ini. 

 

Pengetahuan ini dibutuhkan supaya analis sistem dapat berkomunikasi dengan pemakai sistem. 

 

Pengetahun tentang bisnis ini meliputi akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, sistem pengendalian manajemen, pemasaran, produksi, manajemen personalia, keuangan, tingkah laku organisasi, kebijakan perusahaan dan aspek-aspek bisnis lainnya.


3.    Pengetahun tentang metode kuantitatif

Dalam membangun model-model aplikasi, analis sistem banyak menggunakan metode-metode kuantitatif, seperti misalnya pemrograman linier (linier programming), pemrograman dinamik (dynamic programming), regresi (regression), network, pohon keputusan (decision tree), trend, simulasi dan lain sebagainya.


4.    Keahlian pemecahan masalah

Analis sistem harus mempunyai kemampuan untuk meletakkan permasalahan-permasalahan komplek yang dihadapi oleh bisnis, memecah-mecah masalah tersebut ke dalam bagian-bagiannya, menganalisisnya dan kemudian harus dapat merangkainya kembali menjadi suatu sistem yang dapat mengatasi permasalahan-permsalahan tersebut.



5.    Keahlian komunikasi antar personil

Analis sistem harus mempunyai kemampuan untuk mengadakan komunikasi baik secara tertulis.

 

Keahlian ini diperlukan di dalam wawacara, presentasi, rapat dan pembuatan lapoaran-laporan.



6.    Keahlian membina hubungan antar personil

Manusia merupakan faktor yang kritis didalam sistem dan watak manusia satu dengan yang lainnya berbeda. 

 

Analis sistem yang kaku dalam membina hubungan kerja dengan personil-personil lainnya yang terlibat, akan membuat pekerjaannya menjadi tidak efektif. 

 

Apalagi bila analis sistem tidak dapat membina hubungan yang baik dengan pemakai sistem, maka akan tidak mendapat dukungan dari pemakai sistem atau manajemen dan kecenderungan pemakai sistem akan mempersulitnya.



Sekian pembahasan mengenai Pengetahuan dan Keahlian yang Dibutuhkan Sistem Analis, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon