Analisis Sistem dan Pemrograman - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

Analisis Sistem dan Pemrograman - ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO | LADANGTEKNO

 

Ladangtekno,- Setelah sebelumnya kita membahas mengenai Alat dan Teknik Pengembangan Sistem dari Buku Jogiyanto

 

Sekarang kita akan membahas mengenai Analisis Sistem dan Pemrograman yang tentunya masih mereferensi materi dari buku Analisis dan Desain Sistem Informasi karya Jogiyanto.



Analisis Sistem dan Pemrograman


Analisis sistem (systems analyst) adalah orang yang menganalisis sistem (mempelajari masalah – masalah yang timbul dan menentukan kebutuhan pemakai sistem) untuk mengidentifikasi pemecahan yang beralasan. 

 

Sebutan lain untuk analisis sistem adalah analisis informasi, analisis bisnis, perancang sistem, konsultan sistem dan ahli teknik sistem. 

 

Pemrogram (programmer) adalah orang yang menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancang bangun yang telah dibuat oleh analisis sistem.


Pada aplikasi tertentu, misalnya aplikasi bisnis, komputer merupakan alat bantu yang cukup dapat diandalkan. 

 

Untuk mengandalkan kemampuan komputer ini, maka perlu dibuat suatu sistem, yaitu sistem informasi. 

 

Seorang analisis sistem harus memahami betul kedua pengetahuan yang berbeda tersebut, yaitu pengetahuan tentang teknologi komputernya untuk dapat berkomunikasi dengan pemrogram dan pengetahuan tentang aplikasi yang akan dikembangkan supaya dapat berkomunikasi dengan pemakai sistem. 

 

Karena sistem analisis bekerja dengan pemrogram komputer, walaupun tidak terlibat langsung dengan pembuatan (penulisan) kode – kode programnya, tetapi analisis sistem perlu mempunyai pengetahuan tentang teknik – teknik pemrogram supaya dapat berkomunikasi secara efektif dengan pemrogram.


 Analisis sistem berbeda dengan pemrogram, akan tetapi ada juga analisis sistem yang melakukan tugas-tugas seperti pemrogram dan sebaliknya ada juga pemrogram yang melakukan tugas – tugas yang dilakukan oleh analisis sistem. 

 

Orang yang melakukan tugas baik sebagai analisis sistem maupun pemrogram disebut sebagai analisis/pemrogram (analyst/programmer). 

 

Tugas dan tanggung jawab analisis sistem dan pemrogram sebenarnya adalah berbeda dan perbedaan ini dilihat pada tabel 1. 

 

Tabel 1. Tugas dan tanggung jawab pemrogram dibandingkan dengan analisis sistem.

Pemrogram Analisis sistem
1. Tanggung jawab pemrogram terbatas pada pembuatan program komputer.

2. Pengetahuan pemrogram cukup terbatan pada teknologi komputer, sistem komputer, ultilities dan bahasa program yang diperlukan.

3. Pekerjaan pemrogram sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program.

4. Pekerjaan pemrogram tidak menyangkut hubungan dengan banyak orang, terbatas pada sesama pemrogram dan analisis sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) programnya.
1. Tanggung jawab analisis sistem tidak hanya pada pembuatan program komputer saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.

2. Pengetahuan analisis sistem harus luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang ditanganinya.

3. Pekerjaan analisis sistem dalam pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.

4. Pekerjaan analisis sistem melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesame analisis sistem, pemrogram, tetapi juga pemakai sistem dan manajer.

 

 

Sekian pembahasan mengenai Analisis Sistem dan Pemrograman, semoga materinya dapat berguna. Untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


MATERI ANALISIS DAN DESAIN SISTEM INFORMASI JOGIYANTO


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan dapatkan informasi serta tutorial mengenai dunia teknologi dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon