PERAN SISTEM ANALIS - SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN - KENDALL & KENDALL | Ladangtekno

PERAN SISTEM ANALIS


Melanjutkan Postingan sebelumnya yang berjudul JENIS SISTEM - SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN - KENDALL & KENDALL | Ladangtekno


Kali ini saya akan kembali melanjutkan pembahasan mengenai buku yang sama.


Setelah sebelumnya saya membahas mengenai jenis sistem, sekarang saya akan membahas mengenai peran seorang sistem analis. 




PERAN SISTEM ANALIS 


Analis sistem dapat menilai bagaimana pengguna berinteraksi dengan fungsi teknologi untuk memeriksa penginputan dan pengolahan data dan keluaran informasi dengan maksud meningkatkan proses organisasi. 

 

Analis harus mampu bekerja dengan orang-orang dari semua kalangan dan bidang. Analis memainkan banyak peran, kadang-kadang menyeimbangkan beberapa pada saat yang sama. 

 

Tiga peran utama dari sistem analis adalah konsultan, ahli pendukung, dan agen perubahan.


a.    Sistem Analis sebagai Konsultan

Analis sistem sering bertindak sebagai konsultan sistem untuk manusia dan bisnis mereka dan, dengan demikian, dapat disewa secara khusus untuk menangani masalah-masalah sistem informasi dalam bisnis. 

 

Perekrutan tersebut dapat menjadi keuntungan karena konsultan luar dapat membawa dengan mereka perspektif yang segar yang orang lain dalam sebuah organisasi tidak memiliki. 

 

Ini juga berarti bahwa analis luar dirugikan karena orang luar tidak pernah dapat mengetahui budaya organisasi yang benar.



b.    Sistem Analis sebagai Pendukung Ahli

Peran lain yang yang dapat dilakukan seorang sistem analis adalah bahwa mendukung ahli dalam bisnis yang  secara teratur digunakan dalam beberapa kapasitas sistem. 

 

Sebagai ahli pendukung, Analis tidak mengelola proyek, Analis hanya melayani sebagai sumber pendukung bagi pelanggan. 

 

Seorang analis sistem bisa digunakan oleh organisasi manufaktur atau jasa, banyak dari kegiatan sehari-hari dapat dicakup oleh peran ini.



c.    Sistem Analis sebagai Agen Perubahan

Peran yang paling komprehensif dan bertanggung jawab bahwa sistem analis mengambil adalah sebagai bagian dari agen perubahan, baik internal maupun eksternal untuk bisnis. 

 

Sebagai seorang analis, Anda adalah agen perubahan setiap kali Anda melakukan salah satu kegiatan dalam siklus hidup pengembangan sistem dan yang hadir dan berinteraksi dengan pengguna dan bisnis untuk jangka panjang.

 

Agen perubahan dapat didefinisikan sebagai orang yang berfungsi sebagai katalis untuk perubahan, mengembangkan rencana untuk perubahan, dan bekerja dengan orang lain dalam memfasilitasi perubahan itu.



d.    Kualitas dari Sistem Analis

Analis adalah pemecah masalah yang menjadikan analisis suatu masalah sebagai tantangan dan menikmatinya dengan merancangkan solusi yang terbaik. 

 

Analisis sistem harus memahami kebutuhan manusia dalam berinteraksi dengan teknologi, sehingga seorang analis memahami kebutuhan pengguna dan programmer. 

 

Seorang analis harus dapat membangun hubungan dengan klien agar mempermudah proses pengerjaan. 

 

Analisis sistem adalah karir yang menuntut. tetapi, sebagai kompensasi anda anda akan menemukan hal-hal yang selalu berubah dan selalu menantang.


Ok, sekian untuk pembahasan materi "Peran Sistem Analis", untuk pembahasan lainnya mengenai buku ini bisa kalian lihat dilink dibawah ini


PEMBAHASAN BUKU SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN KENDAL & KENDAL


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan nantikan informasi dan tutorial lainnya dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon