JENIS SISTEM - SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN - KENDALL & KENDALL | Ladangtekno

Jenis dan Peran Sistem



SISTEM

 

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah buku yang sudah terkenal mengenai analisis sebuah sistm. 

 

Buku ini berjudul SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN yang ditulis oleh KENDALL & KENDALL.


Pada postingan kali ini secara khusus yang dihabas dari buku ini adalah bagian sistem. Jadi secara khusus hanya akan membicarakan part atau bagian tersebut dari buku.


Langsung aja tanpa ragu lagi kita mulai pembahasannya.


 

1.    Jenis Sistem Informasi

Sistem informasi dikembangkan untuk tujuan yang berbeda, tergantung pada kebutuhan pengguna manusia dan bisnis. Berikut ini merupakan jenis-jenis sistem yang digunakan.

a.    Sistem Pemrosesan Transaksi

Sistem pemrosesan transaksi (Transaction Processing Systems) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.


Sistem pemrosesan transaksi adalah sistem yang memungkinkan organisasi untuk berinteraksi dengan lingkungan eksternal. Karena manajer dapat mengetahui secara langsung apa saja yang terjadi dalam perusahaannya.



b.    Sistem Otomasi Kantor dan Pengetahuan Sistem Kerja

Sistem Otomatisasi Kantor (Office Automation Systems) pendukung data pekerja, yang biasanya tidak menciptakan pengetahuan baru melainkan menganalisis informasi yang mengubah data atau memanipulasinya dalam beberapa cara sebelum berbagi dengan, atau secara resmi menyebar ke seluruh organisasi. 

 

Aspek Office Automation Systems mencakup pengolah kata, spreadsheet, desktop publishing, penjadwalan elektronik, dan komunikasi melalui voice mail, email (surat elektronik), dan telekonferensi.


Pengetahuan Sistem Kerja (Knowledge Work Systems) mendukung para pekerja profesional seperti ilmuwan, insinyur, dan dokter dengan membantu mereka dalam upaya mereka untuk menciptakan pengetahuan baru dan mengijinkan mereka untuk berkontribusi kepada organisasi mereka atau untuk masyarakat luas.



c.    Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen (Management Information Systems) merupakan termasuk proses transaksi. 

 

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang bekerja karena tujuan interaksi antara manusia dan komputer. 


Untuk mengakses informasi, pengguna sistem informasi manajemen berbagi basis data umum. 

 

Basis data menyimpan data dan model yang membantu pengguna berinteraksi dengan, menginterpretasikan, dan memasukkan data. 

 

Sistem informasi manajemen informasi output yang digunakan dalam pengambilan keputusan. Sebuah sistem informasi manajemen juga dapat membantu mengintegrasikan beberapa komputerisasi fungsi informasi dari bisnis.


 

d.    Sistem Pendukung Keputusan

Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) adalah sama dengan sistem informasi manajemen tradisional karena mereka berdua tergantung pada basis data sebagai sumber data. 


 

e.    Kecerdasan Buatan dan Sistem Pakar

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) bisa dianggap bidang menyeluruh untuk sistem pakar.

 

Dorongan umum dari Kecerdasan Buatan telah mengembangkan mesin yang berperilaku cerdas. 

 

Sistem pakar menggunakan pendekatan Kecerdasan Buatan penalaran untuk memecahkan masalah yang diajukan kepada mereka oleh pengguna bisnis (dan lainnya).


Sistem pakar (juga disebut sistem berbasis pengetahuan) secara efektif menangkap dan menggunakan pengetahuan dari pakar manusia atau ahli untuk memecahkan masalah tertentu berpengalaman dalam sebuah organisasi. 


Komponen dasar dari sistem pakar adalah basis pengetahuan, menghubungkan inferensi pengguna dengan sistem dengan query processing melalui bahasa seperti query terstruktur Language (SQL), dan user interface. 

 

Orang yang disebut pengetahuan insinyur menangkap keahlian ahli, membangun sistem komputer yang mencakup pengetahuan ahli ini, dan kemudian menerapkannya.


 

f.    Sistem Pendukung Keputusan Kelompok dan Sistem Komputer-Pendukung Kolaboratif Kerja 

 
Ketika kelompok membuat keputusan semi terstruktur atau tidak terstruktur, sistem pendukung keputusan kelompok dapat memberi solusi dengan menggunakan kuisioner, polling, atau perangkat lunak lainnya. 

 

Sistem Pendukung Keputusan Kelompok dan Sistem Komputer-Pendukung Kolaboratif Kerja dapat digunakan dalam pengaturan virtual.



g.    Sistem Pendukung Eksekutif

Sistem Pendukung Eksekutif membantu para eksekutif dalam pembuatan keputusan pada tingkat strategis. 

 

Sistem pendukung eksekutif (Executive Support Systems) membantu para eksekutif mengatur interaksi mereka dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik dan teknologi komunikasi di tempat-tempat akses seperti ruang rapat atau kantor perusahaan pribadi.


 

 

 2.    Integrasi Teknologi untuk Sistem

Sebagai pengguna yang mengadopsi teknologi baru, beberapa pekerjaan analis sistem akan dikhususkan untuk mengintegrasi sistem tradisional dengan yang baru untuk memastikan konteks yang berguna, seperti yang ditunjukkan pada 

Gambar 1.2 sistem aplikasi


Gambar 1.2. Pada bagian tersebut menjelaskan beberapa informasi teknologi system analis baru akan menggabungkan e commerse pengguna dengan bisnis tradisional.

a.    Aplikasi e-commerce dan Sistem Web

Banyak sistem yang dibahas di sini dapat dijiwai dengan fungsionalitas yang lebih besar jika mereka bermigrasi ke World Wide Web atau jika mereka awalnya dipahami dan diimplementasikan sebagai teknologi berbasis Web.

 

 

b.    Sistem Enterprise

Banyak organisasi membayangkan potensi manfaat dari integrasi banyak sistem informasi yang ada pada tingkat manajemen yang berbeda dan dalam fungsi yang berbeda. 

 

Sistem perusahaan, juga disebut perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sistem-sistem, yang dirancang untuk melakukan integrasi. 

 

Seringkali sistem analis berfungsi sebagai konsultan ERP usaha yang menggunakan perangkat lunak proprietary. 

 

Biasanya, analis serta beberapa pengguna memerlukan pelatihan penjual, dukungan, dan pemeliharaan untuk dapat benar desain, kios in, mempertahankan, memperbarui, dan menggunakan paket ERP tertentu.
 

 

c.    Sistem untuk Wireless dan Mobile Devices

Analis diminta untuk merancang sejumlah sistem baru dan aplikasi untuk pengguna petualang, termasuk banyak untuk perangkat nirkabel dan mobile seperti Apple iPhone, iPod, atau BlackBerry. 

 

Selain itu, analis mungkin menemukan diri mereka merancang standar atau nirkabel jaringan komunikasi untuk pengguna yang mengintegrasikan suara, video, pesan teks, dan email ke intranet organisasi atau extranet industri. 


E-commerce nirkabel disebut sebagai mCommerce (mobile perdagangan).
 

 

d.    Open Source Software

Pengembangan OSS juga telah ditandai sebagai filsafat bukan hanya sebagai proses menciptakan software baru. 

 

Seringkali mereka yang terlibat dalam komunitas OSS melihatnya sebagai cara untuk membantu masyarakat berubah. 

 

Dikenal luas proyek open source termasuk Apache untuk mengembangkan server Web, browser yang disebut Mozilla Firefox, dan Linux, yang merupakan Unix-seperti sistem operasi open source.




3.   Pentingnya Sistem Analisis Dan Desain

Sistem analisis dan desain sama seperti yang dilakukan oleh seorang sistem analis, berusaha untuk memahami apa yang manusia perlu, menganalisis input data atau aliran data secara sistematis, proses atau transformasi data, menyimpan data, dan informasi keluaran dalam konteks organisasi atau perusahaan tertentu. 

 

Dengan melakukan Analisis menyeluruh, analis berusaha untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang tepat. 

 

Selanjutnya, analisis sistem dan desain yang digunakan untuk menganalisis, merancang, dan mengimplementasikan perbaikan dalam dukungan pengguna dan fungsi bisnis yang dapat dicapai melalui penggunaan sistem informasi terkomputerisasi.


Sekian postingan kali ini semoga bisa membantu, materi lainnya mengenai pembahasan buku Kendal & Kendal yang berjudul SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN bisa kalian dilink dibawah ini


PEMBAHASAN BUKU SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN KENDAL & KENDAL


Jangan lupa kunjungi terus ladangtekno dan nantikan informasi dan tutorial lainnya dari ladangtekno.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon