Mengetahui atau Cek Jumlah Penggunaan Data Internet di Windows 10

data usage

 

 

Windows 10 merupakan sistem operasi yang memiliki segudang fitur. Banyak sekali fitur  yang bisa digunakan untuk memudah aktivitas kita, saking banyaknya kadang kita tidak menggunakan sebagian besar dari fitur yang disediakan oleh Windows 10.


Salah satu fiturnya adalah data usage. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengetahui jumlah data yang digunakan dalam berinternet dalam 30 hari terakhir.


Trus apasih gunanya mengetahui data usage/penggunaan data ini?


Mungkin banyak orang tidak memikirkan kegunaannya, toh juga udah lewat, namun bagi beberapa orang data ini penting untuk mengatur aktivitas bulanan. di Data usage ini kita juga bisa melihat data penggunaan aplikasi, jadi akan sangat membantu untuk memberikan informasi apakah kita sudah menggunakan data untuk kegiatan produktif atau tidak.


Nah, sekarang kita akan langsung menuju cara untuk memeriksa penggunaan data di Windows 10


Mengecek Jumlah Penggunaan Data di Windows 10


Silahkan buka start dan masuk ke setting

 

Masuk Setting
Masuk Setting


Pilih Network and Internet atau Jaringan dan Internet


Network and Internet
Network and Internet


Dibagian status akan terlihat jumlah penggunaan data dalam 30 hari terakhir

 

status
status


Kalian bisa mengklik data usage atau penggunaan data untuk mengetahui penggunaan data dari setiap aplikasi yang kalian gunakan. Satu lagi, penggunaan data yang muncul itu adalah dari jaringan yang sedang kalian koneksikan jadi bukan dari seluruh penggunaan jaringan ya

 

Penggunaan data aplikasi
Penggunaan data aplikasi


Kembali lagi ke menu usage, kalian bisa mengklik properties untuk mendapatkan pengaturan yang lebih lanjut mengenai jaringan kalian. Kalian bisa menyetting profile dari jaringan yang kalian gunakan, kalian juga bisa mensetting metered connection, yaitu membatasi jumlah data yang dipakai dan bisa mengatur IP juga.

 

properties
properties


Selesai.


Sekarang kalian sudah bisa memeriksa berapa jumlah penggunaan kuota di Windows 10

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon