Thursday, November 5, 2020

14 MySQL - Nested Query , Group by, Order by dan Alias.

logo mysql

Query Nested, Group by, Order by dan Alias merupakan pengelompokan data berdasarkan keadaan tertentu dalam MySQL . Misalnya Order By, query ini akan menampilkan data yang diurutkan berdasarkan keadaan yang ditentukan oleh Order By 

 

1)    Nested Query

Nested query atau query bersarang merupakan adalah query yang memiliki query lain didalamnya, misalnya sebuah kaluse from yang biasanya diikuti oleh nama tabel bisa saja diikuti oleh query lain.


SELECT nama_pelanggan FROM pelanggan 
WHERE alamat_pelanggan =
(SELECT alamat_pelanggan 
FROM pelanggan WHERE nama_pelanggan='asep');

 

Kode Program Nested Query merupakan sintak yang digunakan untuk menampilkan nama_pelanggan yang memiliki alamat_pelanggan yang sama sengan pelanggan yang namanya asep.

Nested Query
Nested Query

Gambar Nested Query merupakan tampilan Kode Program Nested Query yang telah dieksekusi. Gambar tersebut memeperlihatkan ada empat nama_pelanggan termasuk asep yang memiliki alamat_pelanggan yang sama

 

Baca Juga: Query Aggregation

 

2)    Group By

Group by merupakan perintah untuk agregasi data berdasarkan group atau pengelompokan dari satu atau lebih kolom.

SELECT COUNT(alamat_pelanggan), jenis_kelamin FROM pelanggan 
GROUP BY jenis_kelamin;

 

Kode Program Group By merupakan kode program yang digunakan untuk menampilkan jumlah nama_pelanggan yang memiliki jenis_kelamin yang sama.

 

Group By
Group By
 

Gambar Group By merupakan tampilan Kode Program Group By yang sudah diesksekusi. Gambar tersebut memperlihatkan ada lima pelanggan yang memiliki jenis_kelamin laki_laki dan empat orang pelanggan yang memiliki jensi_kelamin perempuan.


 

3)    Order By

Order by merupakan perintah dalam MySQL yang digunakan untuk melakukan pengelompokan data secara ascending dalam default-nya. Data yang sama akan dikelompokan secara terurut dalam kolom tabel.

 

SELECT id_pelanggan, alamat_pelanggan, jenis_kelamin 
FROM pelanggan 
ORDER BY jenis_kelamin DESC;

 

Kode Program Order By merupakan sintak yang digunakan untuk mengelompokan data alamat_pelanggan dan id_pelanggan berdasarkan jenis_kelamin.

 

Order By
Order By
 

Gambar Order By merupakan Kode Program Order By yang sudah dijalankan. Gambar tersebut menampilkan pengelompokan data berdasarkan jenis_kelamin, yaitu terdapat empat pelanggan dengan jenis_kelamin perempuan dan lima pelanggan dengan jenis_kelaim laki-laki.


Baca Juga: Tabel yang Ada di MySQL


4)    Alias

Alias atau as merupakan perintah MySQL yang dapat digunakan untuk melakukan pengandaian terhadap nama tabel atau kolom dalam sebuah database. Alias bertujuan agar query dapat lebih mudah dibaca misalnya penulisan kolom dengan nama nama_mahasiswa bisa ditampilkan dengan nama mahasiswa saja.


SELECT id_pelanggan AS nomor, 
nama_pelanggan AS pelanggan, 
jenis_kelamin AS JK FROM pelanggan 
ORDER BY jenis_kelamin;

 

Kode Program Alias merupaka kode program yang digunakan untuk menampilkan kolom id_pelanggan, nama_pelanggan, dan jenis_kelamin. Kolom-kolom tersebut dalam penampilannya akan diubah namanya yaitu kolom id_pelanggan menjadi nomor, nama_pelanggan menjadi pelanggan, dan jenis_kelamin menjadi JK.

 

Alias
Alias

Gambar Alias merupakan Kode Program Alias yang telah dijalankan. Gambar tersebut menampilkan nama_pelanggan, id_pelaggan, dan Jenis_kelamin sebagain nomor, pelanggan, dan JK.

  


komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon