Tuesday, September 10, 2019

JACK MA PENSIUN, Bagaimana Alibaba Selanjutnya?

jack ma

Ladangtekno
Siapa yang tidak kenal dengan Jack Ma, Pendiri Alibaba Group ini namanya memang sudah melanglang buana. Termasuk juga perjalanan hidupnya yang tidak mudah sampai bisa mendirikan salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Sejak Tahun lalu memang Jack Ma sudah menyiratkan keinginannya untuk mundur secara penuh dari perusahaan yang ia besarkan tersebut. Berita tahun lalu yang menyebutkan keinginan Jack Ma untuk mundur dari perusahaan dalam 12 (dua belas) bulan kedepan sepat mengejutkan dunia

Alibaba Group
Alibaba Group

Bahkan sampai menyebabkan terjadinya penurunan harga saham dari Alibaba sebsar 4% karena adanya berita tersebut.

Memang, selama 17 tahun sejak 1999 Jack Ma di Alibaba sudah seperti menjadi maskot dari perusahaan tersebut, karena ketika mendengar nama Alibaba pasti akan teringan dengan sosok Jack Ma

Namun, Tepat hari ini  10 September 2019 Jack Ma secara resmi mengundurkan diri dari perusahan secara penuh.

Banyak yang menganggap di usianya yang masih 55 tahun, Jack Ma dianggap terlalu mudah untuk mundur secara penuh dari perusahaan, sementara di sebagian besar perusahaan lain masih banyak pentolan perusahaan tersebut memimpin perusahaan hingan usia 80 (delapan puluh tahun)

Kepergian Jack MA dari Alibaba hari ini bertepatan dengan peringatan Usia Alibaba yang ke 20, menjadi tonggak bahwa Alibaba siap beralih ke generasi baru dimana Alibaba akan  dipimpin oleh generasi yang lebih muda yaitu Daniel Zhang Yong.

Daniel Zhang Yong
Daniel Zhang Yong

"Jack Ma memang sebenarnya sudah sering mengkomunikasikan kengingnannya mundur dari perusahaan sejak awal pendirian perusahaan kata" Duncan Clark (penulis buku : "The House That Jack Ma Built")

Duncan Clark
Duncan Clark

The House That Jack Ma Built
Buku The House That Jack Ma Built

Jack Ma merupakan satu dari sedikit pendiri perusahaan yang meninggalkan perusahaan lebih awal. Apalagi di China, banyak perusahaan yang memang berdiri diserahkan ke keluarga secara turun temurun.


Dalam kepemimpinan Jack Ma Alibaba telah bertransformasi menjadi sebuah perusahaan yang besar dan menjadi pemimpin e-commerce di China dan Asia dan bersaing dengan Amazon, E-bay dan lainnya.

Alibaba saat ini sudah memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 460 Milliar  dan menghasilan penjualan sebesar USD 30,8 Milliar dolar sehari di tahun lalu.

Alibaba juga mendapatkan predikat sebagai perusahaan yang paling bernilai yang berasal dari luar Amerika Serikat.

Alibaba saat ini tidak hanya bergerak di dibidang e-commerce saja melainkan sudah bergerak di banyak bidang, seperti layanan cloud dan mobile payment.

Awal tahun 2019, Alibaba mengeluarkan chip yang dikembangkan sendiri untuk mendukung mencapai Swasembada yang lebih besar di bdiang semikonduktor di China

Namun, Walaupun keluar secara penuh dari perusahaan, Jack Ma sudah masih menjadi dewan direksi Alibaba sampai pertemuan pemegang saham tahunan di tahun 2020

Selain itu Jack Ma juga menjadi mitra seumur hidup Alibaba dengan mendapatkan hak untuk mengusulkan calon mayoritas direktur di dewan perusahaan

Selain menghadapi persaingan yang berat karena adanya perang dagang antara AS dan China, Alibaba juga sedang menghadapi pesain local mereka yaitu JD.com dan Pinduoduo.

Alibaba juga berencana untuk menjual Saham mereka di bursa Saham Hongkong pada bulan oktober.

Walaupun Jack Ma sudah meninggalkan Alibaba, tidak dipungkiri Jack Ma akan masih memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perjalanan Alibaba kedepannya.

Memang sangat jarang perusahaan di China melakukan aksi untuk go public karena sebagian besar perusahaan lebih memilih menjadi perusahaan keluarga dengan mewariskan perusahaan mereka secara turun menurun.

Namun, dengan semakin banyaknya perusahaan teknologi modern yang berdiri di China, kemungkinan kedepan tradisi tersebut akan semakin berkurang.

Memang banyak perusahaan yang mengalami penurunan performa ketika pendirinya meninggalkan perusahaan. misalnya ketika Bill Gates menginggalkan Microsoft dan digantikan oleh Steve Ballmer dan Apple yang beralih di kepemimpinan Tim Cook

memang kedua contoh perusahaan tersebut masih bisa berdiri dan eksis, tetapi dapat dikatakan inovasi yang dilakukan perusahaan berjalan semakin lambat.

Tapi yang patut kita ketahui dan kita teladani adalah kerja keras yang dilakukan oleh pendiri-pendiri perusahaan, Terutama Jack Ma yang berasal dari keluarga yang kurang mampu dan saat ini bisa memiliki sebuah perusahaan yang bisa mendunia.

Sekian postingan dari saya kali ini semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan saya atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.


EmoticonEmoticon