APA ITU FUSION DRIVE??? KOMBINASI HDD DAN SSD MILIK APPLE

APA ITU FUSION DRIVE??? KOMBINASI HDD DAN SSD MILIK APPLE



HAI SOBAT LADANGTEKNO 
Apakah sobat sudah pernah mendengan media penyimpanan dengan nama Fusion Drive. Media penyimpanan ini dikembangkan oleh Apple yang merupakan Gabungan dari SSD dan HDD. Fusion Drive pertama hadir dengan mendukung penggunaan pada OS MAC Mountain Lion.

Fusion Drive akan memberikan akses yang lebih cepat seperti SSD dan ukuran ruang penyimpanan yang lebih besar seperti HDD. Tujuan dari Penciptaan Fusion Drive ini salah satunya adalah menekan harga karena pada waktu tersebut (2012) SSD masih memiliki Harga yang sangat mahal.

APA ITU FUSION DRIVE??? KOMBINASI HDD DAN SSD MILIK APPLE
speed fusion drive
Jika dibandingkan dengann HDD 1 TB dengan kecepatan 7200 RPM, Fusion Drive dapat melakukan penyimpanan data sebesar 4GB 3.5 kali lebih cepat dari HDD dan dapat melakukan booting 1,7 kali lebih cepat dari HDD, Namun kecepatannya masih kalah dibandingkan dengan SSD murni walaupun perbedaanya tidak terlalu jauh.

APA ITU FUSION DRIVE??? KOMBINASI HDD DAN SSD MILIK APPLE
speed fusion drive
Gambar diatas menunjukan rangkain yang digunakan dalam Fusion Drive, dimana terdapat dua memory yaitu flash dan piringan, flash ini merupakan bagian dari SDD sedangkan piringannya merupakan bagian dari HDD. Sistem Fungsi dari Fusion Drive ini adalah, ketika sebauh aplikasi/file jarang digunakan maka aplikasi/file tersebut akan disimpan ke dalam HDD sehingga tidak menghabiskan ruang yang ada di SSD, sedangkan file/aplikasi yang sering digunakan akan disimpan dalam SSD, sehingga ketika akan mengakses file tersebut, aksesnya akan menjadi semakin cepat karena tersimpan di SSD.

Saat ini (2019) penggunaan Fusion Drive oleh Apple memang sudah jarang dikarenakan harga SSD yang sudah semakin murah. Namun beberapa lini produk Apple seperti iMac masih menggunakan Fusion Drive Sebagai Media Penyimpanan.

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon