Monday, July 1, 2019

GENERASI PROCESSOR INTEL CORE

Intel Core
Intel Core

GENERASI PROCESSOR INTEL CORE

Ladangtekno,

Hai sobat ladangtekno, apa kabar kalian, kali ini mimin akan melanjutkan postingan mimin tempo hari yang berjudul PERKEMBANGAN PROCESSOR INTEL DARI DULU SAMPAI SAAT INI jika ingin mengetahui sejarah perkembangan processor intel, Beritanya bisa dibaca di link tersebut. nah sekarang kita akan membahas mengenai intel seri Core secara terpisah, ya dikarenakan seri ini memang yang masih digunakan hingga saat ini dan versi-versi terbarunya sedang berjalan tau masih dikeluarkan.

Seri Intel Core ini sudah masuk dalam beberapa generasi, berikut adalah perjalanan Incel Core dari pertama muncul sampai dengan saat ini.

nehalem
Nehalem

NEHALEM

NEHALEM merupakan generasi pertama dari Intel Core series. Processor ini menggunakan pabrikasi 45nm yang tentu jika digunakan saat postingan ini terbit sudah jauh sekali dari kenyamanan. Processor Intel ini mengalami Beberapa perkembangan dari versi sebelumnya. seri processor ini menggunakan RAM DDR3, sehingga dapat memberikan perubahan kecepatan pemrosesan yang signifikan dari seri sebelumnya. Intel Core Nehalem menggunakan socket LGA 1156 pada seri core i3 dan i5 sedangkan pada seri core i7nya menggunakan socket 1137.

Sandy Bridge
Sandy Bridge

SANDY BRIDGE

Processor ini merupakan generasi kedua dari kelaurga Intel Core. Processor ini diproduksi dengan menggunakan fabrikasi 32nm jadi sudah lebih kecil dari seri sebelumnya sehingga dapat menghemat daya, pada processor ini juga intel mulai menyematkan Dedicated VGA atau VGA bawaan oleh intel atau yang kita kenal dengan sebutan Intel HD Graphics.

Ivy Bridge
Ivy Bridge

IVY BRIDGE

IVY BRIDGE merupakan generasi ketiga dari seri Intel Core. Di processor ini diperkenalkan teknologi USB 3.0 dan PCI E 3.0. Processor ini menggunakan Fabrikasi 22nm, jadi lebih kecil dari seri sebelumnya dan tentu saja akan lebih hemat daya dalam pemakaian. Processor ini bisa digunakan di socket yang sama dengan processor seri Sandy Bridge namun beberapa fitur seperti USB 3.0 tidak akan berfungsi karena memang tidak didukung oleh motherboard processor seri Sandy Bridge

Hashwel
Hashwell

HASHWELL

Processor ini merupakan generasi keempat dari processor Intel Core Series. Processor ini diluncurkan pada tahun 2013. Processor ini dapat memiliki clock speed mencapai 3.4 GHz. Terdapat juga peningkatan pada Dedicated VGAyang ada di dalam processor ini. Socket yang digunakan dalam Processor ini adalah LGA 1150 dan LGA 2011-V3 sehingga tidak dapat digunakan pada moteher board seri sebelumnya yang masih menggunakan Socket seri LGA 1115. fabrikasi yang digunakan oleh processor seri ini adalah 22nm sama dengan seri Ivy Bridge

Broadwell
Broadwell

BROADWELL

processor ini merupakan generasi kelima dari seri Intel Core yang diluncurkan pada tahun 2014. perubahan palign signifikan dari processor ini adalah fabrikasi yang mengecil dari sebelumnya 22nm pada seri sebelumnya menjadi 14nm pada seri ini, sehingga dapat menghemat dalam konsumsi dayanya. processor ini juga masih menggunakan socket yang sama dengan seri Hashwell sehingga masih bisa menggunakan motherboard yang sama

Skylake
Skylake

SKYLAKE

Sky Lake merupakan processor Intel Core Generasi ke-6 yang diluncurkan pada tahun 2015. Processor ini diklaim dapat meningkatkan performa sebanyak 50%. Processor seri ini sudah mendukung RAM DDR4 2133MHz dan RAM DDR3 16000 MHz. fabrikasi yang digunakan masih salam dengan versi sebelumnya yaitu 14nm socket yang digunakan adalah LGA 1151, LGA 2066 dan LGA 3647. pada processor seri SKY LAKE ini juga diperkenalkan keluarga baru selain CORE I yang sebelumnya sudah dipakai sebagai nama Intel Core series. keluarga baru tersebut adalah Intel Core Seri M yaitu M3,.M4 dan M7 dan hadir pula seri Intel Core i9 pada seri Skylake series.

Kaby Lake
Kaby Lake

KABY LAKE

Processor generasi ke 7 dari Intel ini mendapatkan penyegaran dengan mengalami peningkatakan performa sebanyak 12% walaupun masih menggunakan fabrikasi 14nm. socket yang digunakan pada Intel Core seri ini adalah LGA 1151 dan LGA 2066.

coffe lake
coffe lake

COFFE LAKE

Processor ini merupakan seri ke delapan dari Intel Core, diluncurkan pada 2017, pada seri terjadi perubahan yaitu terdapatnya perbedaan antar seri yang digunakan untuk desktop dan notebook dimana untuk seri desktop masih menggunakan fabrikasi 14nm sedangkan untuk mobile sudah menggunakan fabrikasi 10nm. Intel core pada generasi ini juga memiliki penambah beberapa kode di penamamaanya untuk membedakan peruntukan processor tersebut, kodenya adalah sebaagai berikut
  • Terdapat Huruf U, untuk processor yang hemat daya
  • Terdapat Huruf G, untuk processor yang mendukung/menggunakan GPU AMD Radeon RX Vega
  • Terdapat Huruf H, untuk processor dengan performa tinggi jenis mobile
  • Terdapat Huruf M, untuk veriso mobile, dan hemat daya
  • Terdapat Huruf T, untuk versi Desktop dengan TDP 35 watt.

ice lake
ice lake

ICE LAKE

ICE LAKE merupakan processor intel generasi ke-9, yang mencakup seri core i3, i5,i7dan i9. spesifikasi processor paling tinggi dimiliki core i9-9000KF dengan 8 core dan 16 thread, dimana processor ini memiliki base clock 3,6 GHz dengan Booster menjadi 5GHz. Diurutan kedua terdapat core i709700k dengan 8 core dan 8 thread yang memiliki base clock 3.6 GHz dan booster hingga 4,9 Ghz

Selain itu ada tiga seri Core i5 yaitu i5-9600KF 6 core 6 thread dengan base clock 3.7 GHz dan booster 4.6 GHz. Core i5-9400 6core 6thread dengan bace clock 2.9 GHz dan booster 4.1 GHz dan Core i5-9400F 6core 6thread dengan base clock 2.9 GHz dan Booster 4.1 GHz.

yang terakhir terdapat seri core i3-9350KF dengan 4core dan 4thread base clock 4GHz dan booster hingga 4.6 GHZ dan Core i-8100F dengan 4core dan 4thread dengan base clock 3,6 GHz dan tidak bisa di booster.

kode K pada seri ke sembilang ini menandakan processor tersebut bisa dilakukan overclocking dan tanda F menandakan tidak adanya GPU bawaan didalam processor tersebut.

SUNY COVE

SUNY COVE merupakan processor Intel yang baru diperkenalkan di ajang Computex 2019 di Taiwan. Processor ini menggunakan fabrikasi 10nm. disebutkan salah satu peningkatan dalam processor ini adalah peningkatan performa hingga 30-40%.

Nah bagaimana menarik bukan perkembangan produk dari Intel Core yang begitu panjang, semoga informasi yang mimin bagikan ini berguna, sekian dulu postingan mimin kali ini semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

Terimakasih

Tags:
Ladangtekno
processorintel


EmoticonEmoticon