Monday, July 1, 2019

FUCHSIA OS: OPERATING SYSTEM (OS) BARU DARI GOOGLE

GOOGLE FUCHSIA
GOOGLE FUCHSIA

GOOGLE FUCHSIA: OPERATING SYSTEM (OS) DARI GOOGLE

Ladangtekno,

Hai sobat ladangtekno, siapa yang tidak tahu dengan salah satu raksasa teknlogi di dunia ini, yap Google. merupakah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia saat ini. Google juga merupakan salah satu pengembang sistem operasi mobile paling laris di dunia, baik dari perangkat mobile kalangan bawah (low end) sampai dengan kalangan atas (high end).Sekarang ini Google sedang melakukan pengembangan sebuah OS baru yang diberi nama dengan fuchsia. Sobat bisa mendapatkan informasi mengenai OS Fuchsia di halaman resminya langsung dengan mengakses link berikut fuchsia.dev.

Kabar mengenai OS Fuchsia ini pertamakali berhembus ketika proyek ini muncul  di repositori Github pada agustus 2016. Fuchsia tidak seperti OS besutan Google lainnya (Chrome OS dan Android) yang menggunakan basis kernel linuk namun menggunakan microkernel terbaru yang disebut dengan istilah (Zircon).Dari konferensi resmi yang dilakukan Google di Google I/O pada bulan mei lalu, Google mengungkapkan jika Fuchsia OS ini merupakan sebuah eksperimen yang tidak mungkin nantinya akan diterapkan di produk-produk tertentu. Brdasarkan repository yang terdapat di Github, OS Google ini kemungkinan akan dapat berjalan pada perangkat Universal seperti Smartphone, Tablet, dan Desktop.

Bulan mei 2017 Fuchsia mendapatkan pembaharuan antarmuka, salah satu dari pengembang fuchsia dalam blognya menuliskan jika proyek tersebut bukan untuk menggantikan produk yang sudah ada (mungkin salah satunya Android). November 2017 Google menambahkan dukungan awal untuk bahasa pemrograman swift di OS Fuchsia. Januari 2018 Google memberikan panduan bagaimana user dapat menjalankan OS Fuchsia di perangkat Pixelbook.

Sangat menarik untuk dinanti bagaimana nantinya pengembangan OS ini, dan tentunya yang dinanti bagaimana OS ini bisa mendukung optimalisasi sumberdaya perangkat keras dan tidak mungkin juga nanti akan ada OS opensource yang seperti IOS milik Apple.

sekian postingan mimin kali ini semoga bermanfaat. jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi

Terimakasih


EmoticonEmoticon