CARA MERESET TEMPLATE BLOG MENGGUNAKAN BLANK FORMAT

logo blogger
logo blogger

 

CARA MERESET TEMPLATE BLOG

DENGAN BLANK FORMAT

 
Hai sobat ladangtekno.
 
Kali ini mimin akan membagikan tutorial cara mereset template blog sobat yang ada di blogger. 
 
Pasti dong teman-teman pernah ngalamin ya hal yang sama kayak gini, yaitu ketika akan mengganti template blog, hasil uploadannya amburadul atau tidak sesuai dengan template yang dimiliki. 
 
Nah salah satu cara untuk memperbaiki hal ini adalah dengan melakukan reset terhadap template yang kalian miliki dengan menggunakan kode atau tema yang disebut dengan Blank Format



Tujuan Reset Template dengan Blank Format

Diatas sudah sedikit disebutkan. Jika secara langsung mengupload tema baru ke tema lama yang telah digunakan kemungkinan setting di tema lama akan ikut terbawa ke tema baru.

Apa yang akan terjadi?

Tema yang baru akan menjadi amburadul karena settingannya bisa bentrokan dengan tema yang baru. Misalnya ada postingan yang tidak mau muncul, settingan yang tidak bisa diterapkan atau tidak mau muncul. Widget yang error dan banyak masalah lainnya yang dapat kalian temukan jika tidak menggunakan blank format ini.
 
Blank format ini gunanya bukan hanya saat kita ingin mengganti tema kita ke tema yang baru. namun bisa juga ketika ingin mengembalika backup yang telah dilakuknan.
 
Misalnya, ketika melakukan penambahan kode ke tema dan ternyata temanya jadi berantakan, kemudian kita tidak tahu bagaimana cara memperbaikinya. Nah dengan menggunakan blank format ini kita bisa mengembalikan tema ke backupan terakhir tanpa khawatir settingan tema yang berantakan tadi ikut terbawa ke tema backupan.

Jadi sebaiknya gunakan blank format ini ketika kalian ingin mereset atau mengganti tema blog kalian
 
 
 

Cara Mereset Template Blog Dengan Blank Format


Nah  saya sebelumnya sudah pernah berhasil menggunakan cara ini dan berhasil diterapkan untuk mengurangi resiko setting yang terbawa
 
Sekarang saya akan membagikan bagaimana tutorialnya untuk menggunakan blank format ini termasuk juga dengan kodenya.

  • Pertama silahkan login ke dashboard blogger lalu pilih menu tema/theme,
  • untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, silahkan backup dulu tema sobat, caranya silahkan klik tanda arah bawah disamping tombol sesuaikan kemudian pilih  backup/cadangkan, Kemudian klik download. Silahkan simpan tema tersebut seandainya nanti terjadi keadaan yang tidak diinginkan.
  • Jika file tema sudah di backup sekarang kita akan mengganti temanya dengan blank format. Di menu Tema, klik tanda arah disamping tulisan sesuaikan kemudian pilih Edit Html,
  • Akan muncul kode html dari tema kalian. Silahkan hapus kode tersebut dan ganti dengan kode dibawah ini
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog Anda</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='blogsaya'/>
</body>
</html>
  • Jika sudah silahkan klik simpan,
  • Sekarang kita akan mengupload tema yang baru. Masih di menu Tema, klik tanda arah bawah disamping tombol sesuaikan, kemudian pilih pulihkan. Silahkan upload tema kalian yang baru dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Silahkan cek tema kalian pastinya akan berjalan dengan normal

Nah semoga berhasil ya, sekian postingan mimin kali ini mengenai bagaimana cara mereset template blog dengan menggunakan blank format.
 
Semoga tutorialnya bermanfaat ya, jangan lupa terus kunjungi ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

tags:
ladangtekno
resettemablog

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon