Saturday, July 20, 2019

7 ALASAN MENGAPA OS ANDROID LEBIH UNGGUL DARI IOS

7 ALASAN MENGAPA OS ANDROID LEBIH UNGGUL DARI IOS
logo android

7 ALASAN MENGAPA HARUS MEMILIH OS ANDROID DIBANDING IOS

Hai Sobat Ladangtekno

Siapa nih yang tidak tau dengan OS Android, OS yang saat ini menjadi OS Hp yang paling banyak digunakan di dunia ini mengalahkan pesaingnya juga cukup jauh, pesaing terdekatnya yaitu IOS memang hanya ekslusif digunakan oleh Apple sehingga OS tersebut tidak bisa digunakan oleh Vendor lain, nah berikut adalah alasan mengapa kita harus memilih OS Android dibanding dengan IOS.

JUMLAH PENGGUNA YANG BANYAK
Berdasarkan data yang diumumkan oleh Google per Mei 2019, Android sudah memilih pengguna aktif sebanyak 2.5 miliar yang artinya sekitart sepertiga penduduk dunia sudah menggunakan OS tersebut. Android sebagai OS Smartphone yang paling sukses saat ini menguasai pasar sebesar 75,37% dan pesainya iOS hanya menguasai pasar sebesar 22.4 persen. Di Indonesia sendiri Android menguasai sekitar 93.32 % pasar dan pesainya iOS hanya menguasai pasar sebesar 5.52% saja

BANYAK VENDOR YANG MENGGUNAKAN
OS Android dipasarkan dengan lisensi opensource yang artinya OS ini dapat digunakan oleh Vendor selain pemiliknya saat ini yaitu Google dengan harga yang sangat murah ataupun gratis sesuai dengan kebijakan Google, sehingga banyak vendor yang menggunakan OS ini yang membuat pilihan Hp dapat lebih banyak dan harganya pun akan menjadi lebih kompetitif. Vendor yang mengugnakan OS ini adalah Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, Nokia, Google dan masih banyak lagi vendor lainnya.

DAPAT DICOSTUM DENGAN MUDAH
Karena Android bersifat open source maka banyak orang baik perseorangan maupun organisasi melakukan costom atau yang di Indonesia dikenal dengan sebutan Oprek terhadap OS Android terutama ROMnya dengan tujuan misalnya untuk membuat tampilan menjadi lebih bagus atau menjadikan ROM lebih ringan dengan menghapus aplikasi bawaan tertentu, melakukan Root juga dimungkinkan untuk melakukan custom terhadap Aplikasi maupun ROM.

TERINTEGRASI DENGAN LAYANAN GOOGLE
Sebagai pemilik Google, Di sebagian besar Hp Android sudah langsung terinstall layanan Google seperti Playstore, Gmail. Google Docs, Youtube dan yang lainnya yang tentu akan memudahkan pengguna untuk kebutuhan dasar. Di beberapa negara seperti China memang beberapa layanan Google tidak dapat digunakan dan digantikan dengan layanan lokal yang serupa.

TERSEDIA LEBIH BANYAK APLIKASI
Pasar yang besar membuat developer akan sangat tertarik untuk menciptakan Aplikasi yang mendukung OS Android karena akan lebih menguntungkan. Berdasarkan data pada bulan maret saja terdapat 2.6 juta aplikasi di Playstore, selain itu Aplikasi yang terseida di Android juga sebagian besar merupakan aplikasi gratis sehingga pengguna tidak perlu membayar ketika akan mendownload aplikasi, walaupun memang ada aplikasi di Android yang berbayar tapi hampir dapat dipastikan akan ada aplikasi sejenis yang tersedia gratis.

UPDATE YANG LEBIH CEPAT
Dikarena Pasar yang besar dan banyak vendor yang menggunakan OS ini, maka report akan bug-bug yang ada dalam OS akan berlangsung lebih cepat. Saat inipun Android akan memasukan Seri Q yang pasti akan segera dirilis, setidaknya Google memberikan perilisan Android Generasi terbaru setiap tahunnya.

HARGA HP DAN AKSESORIS YANG LEBIH TERJANGKAU
Dikarenakan banyak vendor yang menciptakan HP dengan OS ini maka akan banyak pula persaingan yang terjadi, sehingga akan menguntungkan konsumen dengan tersedianya HP dengan kualitas baik dengan harga yang murah. berbeda dengan iOS yang tidak tersedia untuk umum sehingga Apple dapat memonopoli penggunaan OS tersebut. Aksesori dari produk dengan OS Android juga tersedia dengan harga yang lebih murah baik itu yang original maupaun buatan pihak ketiga.

Sekian postingan dari mimin kali semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang dari postingan mimin atau ada yang belum dimengerti, yuks komentar dibawah kita diskusikan sama sama. Jangan lupa terus kunjungi Ladangtekno dan dapatkan informasi menarik mengenai dunia teknologi.

Tags:
ladangtekno
android

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon