Monday, September 12, 2016

Makalah Interaktif TV


interaktif TV
ITV



Selamat pagi pencinta bloger sekalian, nah kali ini saya akan membagikan mengenai apa itu ITV, mungkin masih pada bngung ya??? Hayo… hahaha..
           
Nah bagi yang masih pada bingung apa itu ITV, masi simak pemjenlasan singkat berikut ini

Televisi Interaktif mampu memberikan layanan kepada penonton untuk melakukan recordpause dan rewind acara yang sedang berlangsung, melakukan akses terhadap internet dan peristiwa secara real-time. Komputer multimedia dalam Televisi Interaktif berfungsi sebagai perangkat untuk memproduksi, memainkan dan memasarkan Televisi Interaktif.
            jadi televise interaktif itu merupakan perkembangan dari tv konvensional yang sudah sering kita gunakan, sehingga dapat digunakan oleh user dengan menggunakan kontrol mereka sendiri.

Nah untuk makalahnya bisa dilihat dibawah ini, namun jika kurang jelas bisa di unduh di tulisan download di ahkir artikel ini.




DAFTAR ISI

Kata Pengantar.......................................................................................................... i
Daftar Isi.................................................................................................................... ii
Bab I: Pendahuluan
1.1.            Latar Belakang…………………………………………………………        1
1.2.            Rumusan Masalah……………………………………………………..         1
1.3.            Tujuan………………………………………………………………....         2
Bab II: Pembahasan
2.1.            Interaktif  TV…………………………………………………………..        3
2.2.            Arsitektur Interaktif TV…………………………………………….....         3
2.3.            Kelebihan Interaktif TV…………………………………………….....         5
2.4.            Kekurangan Interaktif TV……………………………………………..        5
2.5.            Video on Demand………………………………………………………       5
Bab III: Kesimpulan
3.1.            Kesimpulan…………………………………………………………….        7
3.2.            Saran…………………………………………………………………...        7
Daftar Pustaka………………………………………………………………….       8


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.            LATAR BELAKANG
Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia. Tanpa adanya teknologi informasi, manusia akan kesulitan untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi.Kini teknologi informasi berkembang begitu cepat seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Teknologi informasi dan komunikasi ini memiliki banyak sekali peranan dan dampaknya dalam berbagai bidang.
Salah satu dampak perkembangan teknologi informasi adalah perkembangan media massa. Misalnya televisi yang awalnya hanya bisa menonton siaran tanpa bisa melakukan komunikasi dua arah dan sekarang sudah bisa melakukan komunikasi dua arah yang disebut dengan Interaktif Television(ITV), dimana  dalam ITV ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol jalannya siaran, seperti menyimpan siaran yang diinginkan pengguna ketika pengguna sedang sibuk.
Masih banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa itu ITV, maka dari itu paper ini dibuat bertujuan untuk memberikan pemaparan mengenai apa itu ITV, arsitekturnya, kelemahan dan kelebihan serta hubungan ITV dengan Video on Demand.

1.2.            RUMUSAN MASALAH
1.                  Apa itu Interaktif  Television?
2.                  Bagiamana arsitektur Interaktif Television?
3.                  Apakah kekurangan Interaktif Television?
4.                  Apakah kelebihan Interaktif Television?
5.                  Bagaiman hubungan Interaktif Television dengan Video on Demand?


1.3.            TUJUAN
1.                  Mengetahui apa itu Interaktif  Television.
2.                  Mengetahui mengetahui bagiamana arsitektur Interaktif Television.
3.                  Mengetahui apakah kekurangan Interaktif Television.
4.                  Mengetahui apakah kelebihan Interaktif Television.
5.                  Mengetahui bagaiman hubungan Interaktif Television dengan Video on Demand.


BAB II
PEMBAHASAN


2.6.            INTERAKTIF TV
Televisi Interaktif mampu memberikan layanan kepada penonton untuk melakukan recordpause dan rewind acara yang sedang berlangsung, melakukan akses terhadap internet dan peristiwa secara real-time. Komputer multimedia dalam Televisi Interaktif berfungsi sebagai perangkat untuk memproduksi, memainkan dan memasarkan Televisi Interaktif.
            Pengembangan Televisi interaktif serupa dengan pengembangan situs web multimedia, pengembang merancang sebuah platform khusus dengan menggunakan sebuat protokol yang di-set sebelumnya. Pengembang Web protokol terdiri dari HTML, JavaScript, ASP, PHP, SQL Server dan sebagainya. Untuk pengembangan web protokol ini merupakan batang tubuh dari protokol yang diterbitkan oleh Konsorsium World Wide Web dan memungkinkan Anda untuk membuat akses situs Web multimedia yang dapat diakses oleh sebagian bear sistem komputer multimedia.

2.7.            ARSITEKTUR INTERAKTIF TV


arstitektur ITV
arsitektur ITV


1.                  
Content Operation Function SetArsitektur ITV memiliki lima Komponen yaitu System Management and Security Function Set, Service Operation and Management Function Set, Media Distribution and Delivery Function Set, Customer Function Set.
Kumpulan fungsi operasi konten (Content Operation Function Set) menyediakan program-program TV dan konten multimedia lainnya.

2.                  System Management and Security Function Set
Kumpulan fungsi manajemen jaringan (Network Management Function Set) bertanggungjawab untuk pengawasan dan perlindungan sistem, menyediakan pengawasan kualitas layanan, pemeriksaan kegagalan, dan perlindungan layanan.

3.                  Service Operation and Management Function Set
Kumpulan fungsi manajemen dan operasi layanan (Service Operation & Management Function Set) bertugas dalam pengendalian dan pengaturan khusus layanan IPTV.

4.                  Media Distribution and Delivery Function Set 
Stream konten layanan IPTV dikirim ke subscriber disertai dengan fungsi-fungsi pengendalian, distribusi, penyimpanan dan Streaming. Sistem pengiriman dan distribusi media seharusnya diterapkan berdasarkan pada topologi yang handal untuk mengimbangi permintaan efisiensi dan ketersediaan yang tinggi dengan harga yang tetap rendah.

5.                  Customer Function Set
Kumpulan fungsi pelanggan (Customer Function Set) adalah sekumpulan fungsi eksekusi layanan sistem IPTV pada sisi pelanggan.



2.8.            KELEBIHAN INTERAKTIF TV
Kelebihan yang dapat diperoleh ketika menggunakan Televisi Interaktif adalah sebagai berikut.
1.                  Dapat melakukan record, pause dan rewind terhadap  acara yang sedang berlangsung, sehingga akan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengontrol tayang yang ingin disaksikan.
2.                  Adanya Falitas record membuat pengguna ITV dapat menyimpan tayangan yang ingin di tonton tetapi tidak memiliki waktu menonton saat acara tersebut berlangsung.

2.9.            KEKURANGAN INTERAKTIF TV
Kekurangan yang didapatkan ketika menggunakan Televisi Interaktif adalah sebagai berikut.
1.                  Tentu dengan kelebihan akses pribadi yang didapat memerlukan biaya tambahan untuk mendapatkan akses penuh terhadap ITV ini, akses ini untuk waktu sekarang memerlukan biaya yang cukup mahal.
2.                  Interaktif TV biasanya memerlukan akses internet, nah ketika akses internet lambat maka kenyaman akan terganggu, misalnya akses yang tidak lancer ketika menggunakan ITV.

2.10.        VIDEO ON DEMAND
Video on demand (VOD) adalah sistem televise interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klipyang ingin ditontion. Sejrah VOD komersil pertama kali muncul di Hong Kong pada tahun 1990, tetapi karena saat itu harga VCD jauh lebih murah membuat perkembangan VOD menjadi tersendak. Hingga akhirnya di United Kingdom munculah perusahaan VOD pertama didunia yang bernama Kingston yaitu pada tahun 1998. Selanjutnya, VOD terus berkembang pesat di daerah Eropa. Hingga tahun 2006, berdasarkan European Audiovisual Observatory, tercatat ada 142 VOD berbayar yang beroperasi di Eropa. Di Amerika sendiri, VOD berawal dari Hawaii oleh Oceanic Cable pada Januari 2000. VOD saat ini sudah sangat berkembang. Berbagai perusahaan dari seluruh penjuru dunia sudah menawarkan fasilitas ini. Konsep dari semua perusahaan ini hampir sama yaitu menawarkan video untuk di-unduh. Bisa berupa rent ataupun purchase.
Fungsi dari VOD ini layaknya video rental diaman pelanggan dapat memilih tayangan yang ingin ditonton. Tidak hanya menonton, pengguna juga bisa menyimpan dan mengunduh tayangan yang mereka sukai. Untuk menonton video hasil unduhandengan set-top box dari video yang sudah diunduh,
Melalui konsep VOD ini pengguna dapat  memiliki kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka lihat. Semuanya berjalan interaktif serta menggunakan perintah yang sederhana. Berbeda dengan televisi yang sudah kita kenal selama ini yang tayangannya diatur oleh pemilik chanel, sehingga terkekang atau tidak leluasa untuk mengatur tayangan jadi intinya pengguna diatur oleh jadwal yang dibuat oleh stasiun televise bersangkutan. Jadi VOD merupakan salah satu dari konsep ITV.


BAB III
PENUTUP

3.1.            KESIMPULAN
Televisi Interaktif mampu memberikan layanan kepada penonton untuk melakukan recordpause dan rewind acara yang sedang berlangsung,  Pengembangan Televisi interaktif serupa dengan pengembangan situs web multimedia. ITV memilikia beberapa kelebihan diantaranya ITV dapat melakukan recordpause dan rewind, sehingga membuat pengguna dapat leluasa mengatur tayangan yang ingin ditonton, selain kelebihan tentu ITV tersebut juga memiliki kekurangan yaitu biaya yang terlalu mahal dan juga dipengaruhi oleh koneksi internetVOD merupakan salah satu dari konsep ITV. VOD komersil pertama kali muncul di Hong Kong pada tahun 1990, tetapi karena saat itu harga VCD jauh lebih murah membuat perkembangan VOD menjadi tersendak.

3.2.            SARAN
Kedepannya pengembangan ITV ini diharapkan menjadi lebih baik dan dengan harga yang lebih terjangkau karena dengan adanya ITV akan membuat pengguna lebih merasa mempunyai privasi dan kontrol terhadap tayangan yang ditonton.


Tags:
Ladangtekno


EmoticonEmoticon