Sunday, October 4, 2015

APA ITU 4G "LTE"

4G LTE





4G LTE. 4G adalah singkatan dari bahasa inggris yaitu fourth -generation technology istilah ini umumnya mengacu pada kepada standar generari keempat dari teknologi mobile. sedangkan LTE adalah singkatan dari 3GPP Long Term Evolution yang menurut wikipedia berarti subah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA. Sebenarnya ada dua standar 4G yang dikomersialisasikan yaitu standar WIMAX (Korea selatan sejak tahun 2006) dan LTE (swedia sejak tahun 2009), tapi kali ini saya akan membahas tentang 4G LTE saja. Di Indonesia Layanan 4G LTE pertama kali dikenalkan oleh PT. Internux dengan nama Bolt Super 4G LTE yang diperkenalkan sejak tahun 2013. 


4G LTE




Sisitem 4G mampu menyediakan IP yang cukup besar sehingga data, suara, dan arus multimedia bisa sampai ke pengguna dengan waktu yang cukup singkat dan tidak terpengaruh terhadap tempat, oleh karena itu pengguna akan mendapatkan kecepatan yang cukup tinggi untuk mengirim data. 

TEKNOLOGI LTE

  • secara teoritis teknologi LTE menawarkan kecepatan dowload sebesar 300 Mbps dan kecepatan upload sebesar 75 Mbps. 


4GLTE
  • LTE menggunaka Orthogonal frequency Division Mutiplexing (OFDM) yang mentransmisikan data melalui banyak operator spektrum radio yang sebesar 180KHz. OFDM melakuakn transmisi dengan cara membagi aliran data menjadi banyak aliran- aliran yang lebih lambat yang kemudianditransmisikan secra serentak. Dengan menggunakan OFDM memperkecil kemungkinan terjadinya efek multi path ( sinyal memiliki lebih dari satu jalur dari transmiter ke receiver)

  • LTE mengadosi pendekaptan all-IP. menggunakan arsitektur jaringan all-IP  ini dapat menyederhanakan rancangan dan implementasi dari antar muka LTE. jaringan radio dan jaringan inti, hingga memungkinkan industri wireless untuk beriperasi layaknya fixed-line network

  • Perangkat mobile yang berbasis LTE harus mampu menyokong jaringan setingkat GSM, GPRS, EDGE dan UMTS. Jika dilihat dari sisi jaringan, antar muka dan protocol di tempatkan di tempat yang memungkinkan terjadinya perpindahan data selancar mungkin jika pengguna berpindah tempat ke daerah yang memiliki teknologi antar muka yang berbeda.
Itulah sekilas tentang teknologi layanan data mobile yang terbaru saat ini, di Indonesia sendiri jaringan ini mungkin belum dapat menjangkau sekuruh wilayah, semoga saja kualitas internet di indonesi kedepannya dapat semakin meningkat, dan lebih baik. Semoga artikel yang kali ini saya posting dapat bermanfaat, terimakasih telah berkunjung dan tunggu postingan saya yang lainnya di LADANGTEKNO

sumber:
  1. www.atsi.or.id
  2. www.anugrahpratama.com
  3. id.wikipedia.org
  4. www.teknokita.com
Tags:
ladangtekno

4 comments:

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon