Perbandingan Harga Google Drive vs One Drive vs Dropbox - Mana yang Termurah?

Perbandingan Harga Google Drive vs One Drive vs Dropbox - Mana yang Termurah?

 

Perbandingan Harga Google Drive vs Amazon S3 vs One Drive vs Dropbox, kali ini saya akan membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing cloud drive terkenal atau paling sering kita gunakan yaitu Google Drive, Amazon S3, One Drive, dan Dropbox


Mungkin sebagian besar dari kalian lebih populer dengan nama Google Drive ya, karen cloud drive ini memang yang paling sering dibahas dan digunakan. Berikutnya yang mungki cukup familiar untuk kalian adalah Dropbox dan One Drive yang mana memang sudah cukup banyak juga digunakan di Indonesia


Mungkin yang paling asing buat kalian adalah nama Amazon S3. Ya karena memang produk Amazon cukup jarang ada yang menggunakan di Indonesia untuk kebutuhan secara umum seperti Google Drvie misalnya.

 

Nama Amazon S3 mungkin tidak akan asing buat kalian yang sering menggunakan layanan cloud seperti AWS dan GCP.


Sesuai dengan judul postingan, kali ini Mintek akan membandingkan harga dari keempat layanan cloud drive diatas. sebenarnya selisih harga dari keempat porduk tersebut tidak terlalu jauh namun kalian tentu akan membutuhkan perbandingan untuk mendapatkan produk mana yang terbaik untuk kalian.


Baca Juga: Paket Tri Murah November 2021





Perbandingan Harga Google Drive vs Amazon S3 vs One Drive vs Dropbox


Berikut ini adalah perbandingan harga dari beberapa aplikasi cloud drive terkenal yang sudah sering kalian gunakan pastinya.

Paket Gratis Cloud Drive

Pertama yang mintek bandingkan adalah paket yang disediakan secara gratis oleh masing-masing penyedia jasa cloud drive. Berikut ini adalah perbandingan harganya. 

  Google Drive  One Drive Dropbox
Paket Gratis OneDrive Basic Dasar
kuota 15 GB 5 GB 2 GB
Harga Gratis Gratis Gratis
Fasilitas Penyimpanan 15 GB Penyimpanan 5GB Penyimpanan 2GB
    3 dokumen  eSignature per bulan

 

Paket yang pertama ini adalah paket yang biasa kalain dapatkan dengan mendaftar salah sati dari cloud drive yang ada, Terlihat dari perbandingan yang telah dilakukan yang paling banyak memberikan kapasitas untuk penyimpanan gratis adalah Google Drive dan yang paling sedikit adalah Dropbox.



Paket Dasar/Pemula Cloud Drive

Paket berikutnya adalah paket yang dengan harga paling murah yang disediakan cloud drive. paket ini bisa disebut paket dasar atau paket pemula. paket ini cocok untuk kalian yang sudah kelebihan penggunaan paket gratis namun tidak terlalu banyak menggunakan space. Berikut adalah paketnya.


Google Drive  One Drive Dropbox
Paket Paket Dasar OneDrive Standalone
Kuota  100 GB 100 GB
harga Rp. 26.900/bulan Rp. 28.999/bulan
Rp. 269.000/tahun

Fasilitas Penyimpanan 100 GB penyimpanan  100 GB
Akses ke pakar Google

Opsi menambahkan keluarga
Manfaat tambahan bagi anggota


Dropbox disini kosong karena paket yang disediakan tidak ada yang sesuai dengan yang lainnya. sepertinya dropbox langsung menyediakan paket menengah jadi saya hanya membandingkan harga One Drive dengan Google Drive. 

 

Dari data diatas dapat dilihat jika paket yang disediakan oleh Google Drive maupun One Drive memberikan kuota yang sama yaitu 100GB, yang membedakannya adalah di harga. Harga yang ditawarkan oleh Google Drive bisa lebih murah dibandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh One Drive.



Paket Standar/Menengah Cloud Drive

Paket selanjutnya yang dapat menjadi pilihan kalian adalah paket standar. paket ini memiliki harga menengah dan cocok untuk kalain yang mulai membutuhkan penyimpanan yang besar.


Google Drive  One Drive Dropbox
Paket Paket Standar Microsoft 365 Personal Plus
Kuota  200 GB 1 TB 2 TB
harga Rp. 43.000/bulan Rp. 95.999/bulan USD 9,99/bulan
Rp. 430.0000/tahun  Rp 959.999/tahun 
Fasilitas Penyimpanan 200 GB Penyimpanan 1 TB penyimpanan  2 TB
Akses ke pakar Google Skype 3 dokumen  eSignature per bulan
Opsi menambahkan keluarga Offici Outlook 365 Kirim hingga 2 GB per Transfer
Manfaat tambahan bagi anggota Office Word 365 Dukungan email prioritas

Office Excel 365

Office Power Point 365


Dari data diatas dapat  kita lihatdari segi kapasitas yang diperoleh, Google dirve memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan yang lainnya namun memiliki harga paling murah biandingkan dengan yang lainnya.


Sedangkan dari kapasitas Dropbox memberikan yang paling besar yaitu 2TB atau 2000 GB, namun dengan harga yang plaing mahal juga yaitu USD 9,99/bulan atau sekita 140 ribuan jadi harganya udah 3 kali lebih dibandingkan Google Drive yang paling murah dan lebih mahal setengah harga dari One Drive.

 

Dari Segi fasilitas yang diperoleh memang one drive menjadi yang paling ideal di paket ini. Karena dengan membeli paket One Drive Microsoft 365 Personal, Selain mendapatkan penyimpanan 1TB atau 1000 GB kalian juga mendapatkan akses langganan ke aplikasi office milik Micorsoft

 

Baca Juga: 500+ Backlink Gratis Dofollow



Paket Premium Cloud Drive

Paket terakhir yang mintek bandingkan adalah paket premium atau paket dengna fasilitas ter wah dari masing-masing penyedia jasa layanan Cloud Drive.

 

Dimana paket ini merupakan paket individu atau normal yang bisa dibeli oleh orang-orang. Berikut ini adalah komparasi dari paket premium ini.


Google Drive  One Drive Dropbox
Paket Paket Premium Microsoft 365 Family Family
Kuota  2 TB Total 6 TB (1000 GB /orang atau akun) 2TB
harga Rp. 135.000/bulan Rp. 129.999/bulan USD 16,99/bulan
Rp. 1.350.0000/tahun Rp. 1.299.999/tahun
Fasilitas Penyimpanan 2 TB Penyimpanan 6 TB (1 TB/orang/akun) Penyimpanan 2 TB
Akses ke pakar Google Skype Akses Hingga 6 Orang
Opsi menambahkan keluarga Offici Outlook 365 3 dokumen  eSignature per bulan
Manfaat tambahan bagi anggota Office Word 365 Kirim hingga 2 GB per Transfer

Office Excel 365 Dukungan email prioritas

Office Power Point 365

 

Paket ini tentunya merupakan paket yang tidak pernah menjadi pilihan yang salah karena paket ini merupakan topline dari masing-masing penyedia jasa Cloud Drive.


Dari segi kuota yang didapatkan di paket premium ini, One Drive memberikan jumlah yang paling besar yaitu 6TB atau 6000GB. Namun paket tersebut dibagi menjadi 6 orang yang artinya setiap orang akan mendapatkan 1 TB


Sedangkan di paket Google Drive dan Dropbox sama-sama memberikan kuota sebesar 2000GB atau 2TB. Bedanya user di Dropbox bisa berbagi hingga 6 orang akses keakun sedangkan Google Drive tidak disebutkan berapa jumlah sharing akun yang bisa dilakukan.


Dari sisi harga, yang paling murah adalah One Drive yaitu Rp 129.999/bulan atau Rp. 1.299.999/tahun. Disusul dengan Google Drive dengan harga Rp. 135.000/bulan atau Rp. 1.350.000/tahun, dan yang menduduki posisi paling mahal adalah Dropbox dengan harga USD 16.99/bulan atau sekitar Rp. 240.000/bulan. Tidak disebutkan apakah dropbox menawarkan harga tahunan atau tidak.


Kalau fasilitas yang diperoleh. tentunya One Drive memang menjadi yang paling unggul disini karena kita mendapatkan akses ke fitur office 365


Baca Juga: Berita Teknologi Terkini


Itulah pembahasan dari mintek mengenai Perbandingan Harga Google Drive vs One Drive vs Dropbox yang merupakan penyedia jasa cloud drive paling terkenal didunia.


Pilihan tentu kembali lagi kekalian karena kalian yang akan menggunakan Cloud Drive ini dan juga fasilitas yang diberikan tentunya berbeda-beda.


Jangan lupa kunjungi terus Ladangtekno. Dapatkan Informasi dan tutorial menarik mengenai dunia teknologi yang diupdate tiap hari.

komentar dengan bijak ya :)
please write comments wisely :)
EmoticonEmoticon